Cara Membersihkan Monitor Laptop Yang Benar

Ketika ingin membuka laptop untuk kerja atau kerjakan tugas-tugas, sering laptop yang akan kita pakai cukup kotor dan biasanya berdebu. Buat beberapa orang, hal itu membuat tidak nyaman. Maka Anda butuh membersihkannya, intinya sisi monitor laptop.

Mouse, keyboard, serta internal computer condong dirawat dengan relatif teratur. Tapi monitor laptop seringkali dibiarkan sampai debu menumpuk, bahkan melekat beberapa kotoran yang lain. Meskipun tidak mengakibatkan kerusakan periode panjang, tetapi kotoran atau debu pada monitor laptop dapat benar-benar mengganggu waktu Anda mengerjakan sesuatu.

Bagaimana Cara Membersihkan Layar Laptop?

Sebenarnya membersihkan monitor laptop tidak susah. Tapi bila tidak dikerjakan secara benar, karena itu bisa mempunyai potensi mengakibatkan kerusakan kapasitasnya. Maka penting untuk tahu cara pembersihan apapun yang diperlukan untuk monitor laptop Anda, selain itu Anda perlu tahu alat apa yang bisa dipakai untuk membersihkannya. Berikut cara-cara bersihkan monitor laptop, antara lain:

Buat persiapan Alat dan Bahan

Sebelum Anda memulai bersihkan monitor atau layar laptop, pastikan dulu telah beli alat serta bahan yang diperlukan. Sebab untuk betul-betul membuat monitor laptop Anda bersih, Anda memerlukan alat dan juga bahan spesial. Sebetulnya Anda tak perlu beli banyak barang, Anda cuma perlu semprotan pembersih laptop serta kain microfiber.

Bila Anda kesusahan cari ke-2 barang itu, jangan cemas sebab Anda dapat bersihkan monitor laptop dengan produk yang berada di rumah. Awalilah membuat pembersih sendiri dengan memakai cuka putih, alkohol, serta air. Dalam hal ini jangan pernah memakai tisu apa saja. Jadi alternatifnya, pilih kaos katun atau saputangan. Diluar itu pilihan yang aman yang lain ialah handuk kecil.

Matikan Laptop

Hal penting yang perlu Anda lihat sebelum mengoles laptop ialah mematikannya. Pastikan Anda telah mematikannya, cabut adaptor daya serta baterainya. Sebab bila Anda membersihkannya sambil dipakai, hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan permanen. Jadi agar aman, matikan laptop Anda serta jangan cuma diarahkan ke model Sleep.

Diluar itu, bila monitor laptop Anda dibersihkan dalam kondisi hidup, peluang berlangsungnya permasalahan pada pixel dapat berlangsung. Oleh karenanya, matikan laptop supaya tugasmu jadi lebih gampang.

Pakai Kain Microfiber untuk Debu yang Mudah

Tipe kain yang seringkali dipakai untuk bersihkan lensa kacamata serta camera ini adalah kain yang benar-benar lembut serta tidak menggores monitor laptop Anda. Meskipun bahan kain yang lain bisa juga di gunakan, tapi serat mikro ialah pilihan paling baik untuk monitor laptop.

Karena kain microfiber memang dibuat untuk membersihkan debu serta serpihan tanpa ada hal yang mengakibatkan kerusakan permukaan. Langkah memakainya benar-benar gampang, yakni gosokkan serta tekan monitor secara halus, membersihkan dalam satu arah saja.

Saran kami jangan menggosok atau mengusapnya dengan melingkar sebab bisa mengakibatkan kerusakan pada monitor laptop. Diluar itu, jangan mendesak begitu keras sebab bisa mengakibatkan kerusakan monitor. Selanjutnya teruskan dengan mengusap monitor sampai bebas debu.

Pakai Spons untuk Debu yang Berat

Kemungkinan Anda punya laptop yang jarang-jarang digunakan dan dalam waktu tertentu mendadak ingat untuk membersihkannya. Tentu saja laptop yang didiamkan dalam tempo lama akan banya terdapat debu.

Bersihkan monitor laptop dengan debu yang berat memerlukan suatu hal yang sedikit lebih ampuh dibanding microfiber yang tipis. Untuk masalah semacam ini, seharusnya Anda pakai spons yang masih baru, bersih, serta basah. Pakai air mengalir lalu peras spons supaya lembab.

Setelah itu usap monitor secara halus serta biarkanlah jadi kering sebelum dipakai. Pakai microfiber untuk mengelap tersisa nodanya. Sebelum memakainya, nantikan monitor sampai betul-betul kering.

Pakai Penyemprot untuk Minyak dan Benda yang Lengket

Bila Anda menemukan noda minyak serta sidik jari, hal itu bisa jadi cukup susah untuk di hilangkan. Bila memakai kain microfiber serta spons basah tidak dapat bersihkan noda itu, karena itu Anda dapat memakai larutan pembersih botolan atau membuat sendiri.

Anda dapat beli semprotan pembersih monitor di toko. Tetapi, bila akan membuat sendiri, Anda membutuhkan kombinasi air dan cuka putih. Sebagai cara lainnya, Anda bisa pakai air yang sama serta alkohol dengan prosentase yang cukup. Beberapa produk ini bisa dipakai untuk bersihkan monitor laptop tanpa ada merusaknya.

Pakai Langkah yang Tidak sama untuk Laptop Touchscreen

Bila Anda punya laptop dengan monitor touchscreen, Anda membutuhkan langkah pembersihan yang lebih karena tidak sama dari laptop biasa. Sebab perangkat seperti ini biasanya akan menarik makin banyak minyak serta debu dibanding monitor laptop biasa.

Sesudah laptop dimatikan, Anda dapat membersihkannya memakai kain microfiber. Usap monitor secara halus dengan horizontal atau vertikal pada sebuah arah dengan berulang-ulang. Contohnya, dari mulai bagian kiri monitor serta usap lurus ke bagian kanan monitor. Setelah itu, gerakkan kain sedikit lebih rendah serta ulangilah proses ini untuk bersihkan semua monitor.

Bila perlu, pakai sedikit air tanpa ada sabun untuk bikin pojok kain cukup lembab. Pakai sisi kain yang lembab untuk bersihkan monitor secara sama. Lalu membersihkan monitor dengan sisi kain mikrofiber yang kering dari untuk mengeringkannya. Lalu biarlah tersisa air di monitor jadi kering sendiri. Jangan begitu keras waktu mengeringkannya dengan kain.

Gunakan Udara Terkompresi

Bila monitor laptop Anda cuma terserang debu yang mudah, pikirkan untuk membersihkannya memakai produk udara terkompresi. Ini ialah udara yang disimpan dibawah tekanan yang pada umumnya lebih besar dari atmosfer.

Produk ini umumnya dipakai untuk beberapa alat listrik, seperti palu udara, bor, kunci cocok serta yang lain. Jadi, dibanding Anda ribet memakai larutan pembersih, spons, serta kain, Anda dapat memakai benda ini. Tetapi ingat, jangan tempelkan nozzle ke segel atau ruang pemisah, sebab tekanannya bisa membahayakan.

Pakai Penghisap Debu Portable

Anda dapat juga memakai penghisap debu portable untuk mengisap kotoran, debu, atau rambut di seputar monitor laptop Anda. Tetapi, jangan pakai penghisap debu yang dicolokkan langsung ke sumber daya sebab bisa membuat banyak listrik statis yang bisa mengakibatkan kerusakan laptop Anda. Maka, pakai penghisap debu portable agar aman.

Triknya juga hampir serupa dengan beberapa cara yang di jelaskan di atas. Matikan laptop Anda terlebih dulu, lalu langsung dekatkan penghisap debu portable ke monitor laptop serta membersihkan sampai debu betul-betul lenyap.

Pakai Kain Katun Penyeka

Anda dapat juga memakai kain katun penyeka yang telah dibasahi dengan alkohol atau air. Benda ini ialah alat yang benar-benar bagus untuk mengusap debu di monitor laptop Anda. Triknya basahi sedikit kain katun penyeka dengan alkohol serta gosokkan dengan perlahan-lahan ke monitor laptop.

Selanjutnya usap berkali-kali sampai debunya betul-betul hilang. Dalam hal ini Anda perlu memastikan kain katun penyeka yang Anda pakai itu dalam kondisi lembab serta tidak basah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *