Review Realme Smart TV: Smart TV Android Kaya Fitur

Masa pandemi kini mengubah gaya hidup masyarakat dengan adaptasi kebiasaan baru yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Sehingga smart TV menjadi kebutuhan konsumen karena menawarkan hiburan yang lebih kaya. Seperti yang ditawarkan pada realme Smart TV mengundang perhatian yang mana akan kita bahas Review Realme Smart TV: Android TV Terjangkau Kaya Fitur.

Realme yang awalnya lebih banyak mengembangkan smartphone, namun sekarang memperluas cakupan yakni memperkuat segmen AIOT (Artificial Intelligence of Things) dengan merilis realme smart tv.

realme Smart TV merupakan tahap baru dari strategi AIoT realme 1+4+N sebagai bagian dari 4 sub-kategori (Smart TV, Smart Earphone, Smart Watch and Smart Speaker). TV pintar ini adalah bagian dari kategori Home yang dirancang untuk memberikan pengalaman di rumah menjadi lebih menyenangkan dengan fitur-fitur unggulan yang diberikan.

realme pertama kali memperkenalkan produk smart TV di India pada Mei yang lalu. Sekarang, produk tersebut sudah tersedia di Tanah Air. realme Smart TV cocok menjadi pilihan terutama bagi yang pertama kalinya ingin memiliki Smart TV. Apa saja yang ditawarkan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Review Realme Smart TV

FITUR 

Setiap ada produk baru, yang paling menarik perhatian pertama kali tentu saja adalah fitur. Apa saja fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Pembeda utama TV konvensional dengan Smart TV adalah pada fitur yang lebih kaya. Apa lagi jika itu adalah Android TV yang membuat integrasi dengan smartphone Android pun menjadi lebih mudah.

realme Smart TV menjalankan Android TV (Android 9.0). Android TV merupakan sebuah paket hiburan yang praktis, bermanfaat dan lengkap. Memudahkan pencarian dan memberikan rekomendasi tontonan yang sesuai kesukaan pemirsa.

Salah satu fitur utama Android TV adanya Google Assistant yang bisa menjadi pendamping terbaik di ruang tamu. Kita dapat menggunakan Google Assistant untuk mengendalikan Android TV menggunakan suara, menyesuaikan pengalaman sesuai selera dan mengakses berbagai konten Google Play Store & YouTube. Google Assitant bisa diakses melalui remote control yang telah disediakan.

realme Smart TV dapat memutar konten dari platform streaming populer seperti Yootube, Netflix dan Amazon Prime. Selain itu, video, musik film dan program dari platform pihak ketiga lainnya dapat diunduh di Play Store.

realme Smart TV sudah terintegrasi dengan Chromecast, sehingga dapat menyinkronkan video, film dan acara TV dan konten lainnya di smartphone untuk kemudian menonton di realme Smart TV. Pada saat yang sama, Anda juga dapat memproyeksikan foto dan video yang diambil menggunakan smartphone ke realme Smart TV.

Dalam hal konektivitas nirkabel, realme Smart TV mendukung seperti 2.4GHz WiFi dan infrared, Bluetooth 5.0 multiple koneksi nirkabel. Sebagai contoh, kita dapat menghubungkan keyboard Bluetooth agar mengetik lebih cepat, Bluetooth speaker untuk mendengar lagu, konsol Bluetooth untuk bermain game dan mikrofon Bluetooth untuk bernyanyi.

Sedangkan untuk konektivitas melalui kabel, realme Smart TV hadir dengan 3 lubang HDMI, 2 lubang USB, SPDIF (poros tembaga serat optik, antarmuka transmisi audio) dan DVB-T2 (Digital TV interface), Ethernet (network port).

DESAIN BEZEL-LESS  

Sebagai produk perdana, realme Smart TV ini pun ingin memberikan impresi agar memikat konsumen. Perangkat ini tampil dengan desain premium bezel-less setipis 8,7mm. Lapisan panel dari ujung ke ujung, memiliki bezel super tipis membuat tampilan lebih mewah.

Sangat keren ketika dipajang di ruang tamu karena akan memberi kesan lebih mewah dibandingkan tv dengan bezel tebal yang terlihat kuno. Desain dengan bezel tipis juga bisa menghadirkan pengalaman imersif saat menonton TV.

realme Smart TV mempunyai dua ukuran yang sesuai dengan pilihan layar, yakni 32” (80cm) dan 43 inci (108cm). Untuk ruangan besar, tentu lebih nyaman memiliki ukuran 43” apalagi buat menonton ramai-ramai. Sedangkan jika ukuran ruangan kecil, termasuk seperti di kamas kos, maka pilihan paling realistis adalah 32”. Tapi tentu ini kembali ke selera masing-masing pengguna.

Terlepas dari desain bezel-less yang premium, realme Smart TV juga memperhatikan perihal kualitas dan reliabilitas. Dari informasi yang kami terima, perangkat ini telah melewati tes kualitas yang ketat, termasuk tes di temperatur rendah -20 ℃, tes jatuh dari ketinggian 760mm, tes tekan tombol sebanyak 5000 kali, tes nyala-mati sebanyak 5500 kali dan lainnya.

realme Smart TV juga lolos standar test internasional ISTA. PCB di realme Smart TV mengintegrasikan modul daya, Bluetooth, Wi-Fi, prosesor dan komponen lainnya. Desain yang terintegrasi dan mungil membuat penyusunan kabel lebih sederhana dan mengurangi biaya perawatan dan meningkatkan keandalan.

LAYAR

Sebagaimana telah kami singgung di atas, realme Smart TV hadir dengan 2 ukuran yang populer, yaitu 32 inci (80cm) dan 43 inci (108cm). Ukuran layar ini juga mempengaruhi besaran resolusi yakni 1366768 (HD) untuk ukuran 32 inci dan 19201080 (Full HD) untuk ukuran 43 inci.

Jika sudah familiar dengan smartphone realme, tentu akan tahu salah satu fitur andalan di kamera adalah Chroma Boost. Fitur ini membantu pengguna memotret gambar yang baik hanya dengan satu klik. Chroma Boost telah digunakan oleh lebih dari 20 juta pengguna realme smartphone.

Nah, teknologi Chroma Boost Picture Engine tersebut kini diterapkan pula di realme Smart TV. Tentu bukan di kamera karena televisi tidak punya kamera, melainkan untuk meningkatkan kualitas gambar secara keseluruhan. Chroma Boost meningkatkan kecerahan, warna kontras serta kejelasan untuk menghasilkan visual yang menakjubkan.

Secara teknis, Chroma Boost mempunyai 400+ nits kecerahan ultra tinggi yang membuat layar TV terlihat jelas dan warna juga nampak lebih cerah berkat dukungan 16,7 juta warna. Dengan sudut visual hingga 178°, bahkan jika Anda menyipitkan mata konten masih dapat terlihat jelas. gambar akan tetap terlihat jelas meski kondisi ruangan terang, atau ada sinar matahari yang masuk dari jendela. Sudut pandangnya juga luas, 178 derajat. Menonton dari posisi yang agak ke samping (bukan tepat di tengah) tidak akan terasa ada penurunan kualitas gambar. Sehingga cocok ketika banyak orang menonton TV bersama dalam satu keluarga.

Asyiknya, di realme Smart TV ini kita bisa memilih mode berbeda ketika menonton konten multimedia untuk menikmati pengalaman menonton terbaik. Ada 7 mode tampilan yang bisa dipilih yaitu Standard, Vivid, Sport, Movie, Game, Energy Saving, User.

AUDIO

Selain visual, hal terpenting dari perangkat TV adalah audio. Untuk memaksimalkan kualitas audio, realme Smart TV punya 4W Quad Stereo Speakers. Dua pasang speaker dipasang di bawah realme Smart TV. Setiap pasangnya terdiri dari satu speaker full-range dan satu tweeter.

Ukuran tiap pasang speaker mencapai 183.346.845.2mm untuk TV 43” (108cm) dan 1204742.5mm untuk 32” (80cm). Total daya dari ke-empat speakers mencapai 24W, jelas lebih bertenaga dibandingkan dengan kompetitornya.

Tepi Full-range speaker-nya menggunakan karet dan kertas komposit bentuk kerucut, desain struktur speaker yang digerakkan cincin dinamis dapat sepenuhnya memperluas frekuensi bass, menonjolkan suara secara alami.

Tweeter-nya menggunakan lapisan sutera dan struktur desain piezoelectric drive yang bisa sepenuhnya memperluas dari frekuensi tinggi. Penggunaan desain dua kotak suara dua-nada untuk meningkatkan potensi frekuensi-rendah. Kedua set ini diletakkan secara simetris guna membawa suara dari speaker kiri dan kanan lebih seimbang namun tetap natural.

Berkat tweeter dan speaker full-range canggih, realme Smart TV dapatmenghasilkan suara dari 148Hz hingga 20,000 Hz dengan presisi, hampir mencakup semua frekuensi yang dapat didengar manusia.

Selain itu, realme Smart TV menggunakan solusi Dolby Audio MS12B untuk menghasilkan suara yang lebih menarik dan hidup. Dengan dukungan Dolby Audio, realme Smart TV dapat memisahkan dan memainkan suara di kanal rahasia dari berbagai sisi (depan, samping dan belakang) untuk menciptakan efek suara surround dan meningkatkan pengalaman audio lebih imersif.

Bahkan, algoritma Dolby Audio secara efektif mengendalikan tingkat kebisingan dan menghilangkan lonjakan suara yang tiba-tiba. Dolby Audio mengidentifikasi perangkat dan kemampuan audio, guna menyesuaikan dynamic range sehingga dapat memberikan keluaran suara yang jelas dan bebas distorsi. Ini artinya kita dapat mendengar setiap detil dalam suara baik di frekuensi rendah maupun tinggi.

REMOTE CONTROL

Remote control dari realme Smart TV mengadopsi desain ergonomis, melalui pengukuran yang presisi dan pegangannya didesain khusus untuk lekukan telapak tangan. Secara keseluruhan remote control realme Smart TV menggunakan bahan polimer komposit untuk mengurangi berat dan menghaluskan permukaan sehingga sentuhan tetap natural dan nyata.

Bagi yang pertama kali mempunyai Smart TV, mungkin akan bingung karena desain remote control yang berbeda dengan TV konvensional. Remote control di realme Smart TV tidak menyertakan tombol angka yang biasanya dipakai untuk memilih channel TV. Lebih banyak memberi pilihan streaming video, meski tetap bisa menonton TV biasa.

Sebagai gantinya, terdapat tombol navigasi berbentuk lingkaran dengan aksen kuning khas realme yang bisa untuk berpindah antar menu dengan nyaman. Kami lebih menyukai desain remote control seperti ini karna simpel, pengoperasian pun lebih mudah.

Remote control ini juga dibekali dengan tiga tombol YouTube, Netflix, Prime Video sehingga dapat langsung mengaksesnya dengan mudah. Kita juga dapat mengaktifkan Google Assistant dengan hot key. Selain hot key, untuk memanggil Google Assistant kita juga dapat menekan tombol cepat (quick button) karena remote control ini sudah dilengkapi dengan mikrofon.

KINERJA

realme Smart TV dilengkapi dengan prosesor kuat dari MediaTek dengan arsitektur 4-inti 64-bit dari MediaTek, ARM Cortex A53 1.1GHz CPU, dan Mali-470 MP3 GPU baru. Dari pengamatan kami, masih jarang Android TV di Indonesia yang memakai chipset MediaTek. Kebanyakan memakai chipset dari produsen yang kami sendiri masih kurang familiar, sehingga ini juga bisa menjadi kelebihan tersendiri dari realme Smart TV.

Bukan itu saja, realme Smart TV memiliki 1GB RAM dengan clock speed sebesar 2133MHz, lebih cepat dari normal yaitu 1600MHz RAM yang digunakan oleh TV lain. Sementara media penyimpanan sebesar 4GB. Selain itu, TV ini juga mendukung HDR10 video decoding, yang jarang ditemukan di kisaran harganya. Serta sudah mendukung HLG format lain untuk kualitas gambar berkualitas tinggi.

Dengan dukungan performa luar biasa dari prosesor dan RAM, realme Smart TV dapat menjalankan program acara keseharian dengan stabil, mulus dan cepat, serta menghadirkan jaminan kualitas gambar yang sangat baik. Dari beberapa hari pengujian, kami cukup puas dengan kinerjanya.

HARGA REALME SMART TV

Bagi Anda yang tertarik untuk membelinya, realme Smart TV bisa dibilang merupakan paket yang lengkap. Didukung dengan prosesor MediaTek 64-bit, Chroma Boost Picture Engine, Dolby Audio bersertifikasi 24W quad stereo speaker dan layanan streaming populer seperti YouTube, Netflix dan Amazon Prime.

realme Smart TV dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp 2.499.000 untuk ukuran 32 inci. Sedangkan untuk varian 43 Inci dibanderol dengan harga Rp 3.799.000.  Bukan itu saja, terdapat tambahan gratis 1 bulan berlangganan Vidio Premier Platinum hingga Desember 2020 setiap pembelian realme Smart TV seharga Rp 2 jutaan untuk 32 inci dan Rp 3 jutaan untuk 43 inci.

KESIMPULAN

Sebagai pemain baru di industri televisi, realme bisa dibilang cukup serius dalam menyiapkan produk barunya ini. realme Smart TV tampil dengan desain bezel-less yang premium, memberikan kesan mewah ketika dipajang di rumah.

Meski masih belum ada pilihan 4K, kualitas grafisnya memberikan tampilan visual yang tajam dan cerah berkat Chroma Boost dan HDR10 video decoding. Sektor audio juga dimaksimalkan dengan 4W Quad Stereo Speakers dan Dolby Audio.

realme juga menyediakan garansi selama satu tahun ditambah dengan satu tahun untuk garansi layar realme Smart TV. Sehingga tidak perlu khawatir jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Dengan banderol harga mulai Rp2 jutaan, realme Smart TV bisa menjadi pilihan menarik terutama bagi yang ingin upgrade dari TV biasa ke Smart TV berbasis Android.

Sumber: Review Realme Smart TV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *