Inilah Alasan Kenapa HP China Harganya Murah

Gadget 2

Alasan HP China murahChina kini telah betransformasi menjadi negara yang banyak menghasilkan produk elektronik yang penjualannya cukup laris di dunia. Salah satunya di sektor smartphone, anda bisa lihat sendiri begitu banyak peminat dari produk smartphone buatan China, misalnya Xiaomi, Lenovo, OnePlus, dan masih banyak lagi. Salah satu keunggulan dari HP buatan China ialah terletak pada harganya yang sangat terjangkau apabila dibandingkan dengan ponsel buatan negara lainnya, misalnya Samsung yang merupakan produk asli Korea. Nah, bagi anda yang penasaran, kali ini TeknologiRAF akan mengulas tentang kenapa ponsel China harganya murah.

Inilah Alasan Kenapa HP China Murah

Inilah Alasan Kenapa HP China Murah

Kenapa HP China Murah?

  1. Tenaga kerja yang murah

    Sebagai salah satu negara terpadat di dunia, China memiliki sumber tenaga kerja yang sangat melimpah, banyak sekali penduduk China yang menjadi tenaga kerja di negara lain. Oleh sebab itulah, tidak mengherankan jika banyak sekali vendor ponsel yang membangun pabrik produksi di negara ini. Selain itu, upah tenaga kerja di Tiongkok juga cukup rendah, bahkan tercatat sebagai yang terendah di dunia. Jadi modal yang diperlukan oleh pemilik produk untuk membayar tenaga kerja bisa lebih ditekan dan menyebabkan harga jual ponsel menjadi murah.

  2. Bahan baku yang melimpah

    Jelas saja, saat ini China menjadi negara utama pembuat smartphone di dunia. Tidak hanya karena tenaga kerjanya yang murah, tetapi juga karena ketersediaan bahan baku yang melimpah di negara ini. China merupakan negara penghasil 95 persen bahan bumi langka yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan smartphone. Angka ini tentu sangat jauh jika dibandingkan dengan negara penghasil smartphone lainnya. Misalnya Amerika Serikat yang hanya menghasilkan 13 persen atau India yang hanya mampu menghasilkan 2,5 persen dari bahan langka untuk membuat smartphone.

  3. Terfokus pada penjualan online

    Vendor ternama seperti Apple dan Samsung biasanya menghabiskan banyak uang untuk membangun ekosistem bisnis mereka, seperti membuat toko penjualan ataupun service center demi meningkatkan pelayanan terhadap customer. Sedangkan vendor asal China kebanyakan hanya melakukan pemasaran lewat penjualan online, terutama jika vendor-vendor baru yang ingin bersaing di pasar Indonesia. Oleh sebab itulah, kenapa harga smartphone China bisa murah dibandingkan dengan smartphone buatan vendor ternama seperti Samsung, meskipun jika ditelisik spesifikasi yang dimilikinya sama persis.

  4. Pemasaran murah

    Pemasaran yang dilakukan oleh vendor ponsel asal China kebanyakan menggunakan cara-cara yang sederhana akan tetapi sangat efektif dalam mendongkrak jumlah penjualan. Hal ini tentu berbeda dengan vendor ternama seperti Samsung yang mengeluarkan banyak dana saat launching Galaxy S6, atau mungkin anda pernah mendengar Snoy Xperia Z5 yang ingin merilis produk terbarunya tersebut dalam film “James Bond” terbaru.

    Baca juga: 3 Smartphone Canggih Dengan Harga Termurah 2016

  5. Penelitian dan pengembangan produk

    Vendor raksasa seperti Apple, Samsung, ataupun Microsoft sudah biasa menggelontorkan banyak sekali uang untuk melakukan penelitian dan pengembangan guna mendapatkan inovasi terbaru untuk produk yang mereka ciptakan. Sedangkan vendor asal China, sedikit sekali yang mau mengeluarkan uang untuk melakukan penelitian dan pengembangan. Kebanyakan ponsel China hanya meniru atau mengadopsi spesifikasi yang telah dimiliki oleh vendor-vendor terkemuka di dunia. Nah, itulah sebabnya kenapa ponsel buatan China harganya bisa sangat murah.

  6. Menggunakan Teknologi Lama

    Terkadang demi mendapatkan spesifikasi yang tinggi, HP buatan China menggunakan komponen hardware dari generasi lama. Misalnya ketika smartphone lain telah menggunakan RAM generasi DDR 4, maka mereka menggunakan RAM DDR 3 atau bahkan di bawahnya lagi. Hal ini dilakukan demi mendapatkan spesifikasi RAM tinggi namun dengan harga yang semurah-murahnya.

  7. Produksi dalam jumlah terbatas

    Selain melakukan pemasaran secara online, vendor smartphone asal China kebanyakan memproduksi smartphone buatannya dalam jumlah yang terbatas. Hal ini dilakukan untuk membuat pola pikir masyarakat menjadi terburu-buru dalam melakukan pembelian karena takut kehabisan. Salah satu produk yang cukup sukses dalam menerapkan metode ini ialah Xiaomi Mi 4 yang ludes terjual hanya dalam hitungan 37 detik saja.

Demikianlah itulah beberapa faktor yang menyebabkan harga jual ponsel China sangat murah, mudah-mudahan informasi kali ini bermanfaat untuk anda semua.

Sekarang anda sudah tahu kan apa alasan HP China murah? Nah, anda juga harus mengetahui tips membeli HP China juga, karena banyak juga hal hal yang harus anda pertimbangkan.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

2 Responses

  1. author

    Anggi6 November, 2017 at 21:38Reply

    HP Xiaomi China bukan si? Yang bikin heran HP murah tapi spesifikasinya malah lebih tinggi.

  2. author Author

    Yoppi Sandi11 November, 2017 at 09:37Reply

    Xiaomi produk China. Nah, udah dibahas tuh alasan kenapa produk ini harganya bisa murah padahal spesifikasinya tinggi

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.