Apa Itu Bitcoin? Dan Bagaimana Cara Mendapatkanya

Gadget 0

Mungkin Anda sudah sering mendengar kata “bitcoin”, namun apakah Anda sudah mengetahui apa itu bitcoin sebenarnya? Sebelum mengenal bitcoin lebih lanjut, marilah mengenalnya secara umum dahulu. Bitcoin adalah satu jenis mata uang digital yang bisa digunakan untuk jual beli di sistem blockchain, sebuah sistem yang terdesentralisasi.

Sekarang ini bitcoin digunakan seperti komoditas, namun di beberapa negara seperti Argentina bitcoin mulai digunakan sebagai alat tukar untuk jual beli sehari-hari. Mungkin saja sekarang penggunaan mata uang digital masih terasa asing di Indonesia karena uang non-tunai baru sebatas kartu, namun bukan tidak mungkin hal ini akan berkembang di kemudian hari.

Awal Perkembangan Bitcoin

Jika Anda belum pernah mendengar nama Satoshi Nakamoto, kemungkinan besar Anda adalah orang baru dalam dunia blockchain dan cryptocurrency. Namun bagi yang sudah lama berada di dunia bitcoin, nama Satoshi akrab dengan berbagai legenda dan folklor. Pria, atau wanita, atau sekelompok orang yang menggunakan alias ini dikenal sebagai pencipta bitcoin, dan keberadaan mereka sepenuhnya tidak diketahui.

Sampai hari ini, masih banyak yang mencoba mencari keberadaan pencipta bitcoin ini,dan muncul banyak spekulasi tentang identitas orang ini.

Meskipun bitcoin menjadi yang paling populer di antara semua cryptocurrency karena merupakan yang pertama, mata uang crypto lainnya sebenarnya sudah ada sebelum bitcoin, misalnya bitgold buatan Nick Sbazo, dan B-money ciptaan Wei Dai.

Bitcoin Berkembang Melalui DarkNet

Bitcoin pada awalnya dibuat sebagai cara bertransaksi dan mengirimkan uang secara anonim antara dua pihak atau lebih. Meskipun kita bisa menebakbahwa fungsi awal Bitcoin adalah untuk mendemokratisasi perdagangan dan membuat transaksi global mungkin terjadi tanpa harus melalui perantara, Bitcoin tetap mendapatkan beberapa reputasi buruk seperti dalam kasus Silk Road.

Silk Road, juga dikenal dengan nama “Dark Net”, adalah tempat di mana pengguna bisa membeli apa pun secara ilegal di internet, menggunakan mata uang bitcoin. Silk Road sudahditutup pada bulan Oktober 2013, dan meskipun masih banyak aktivitas jualbeli ilegal menggunakan bitcoin, bisa dipastikan bahwa mayoritas pengguna bitcoin saat ini tidak demikian.

Semua industri akan mengalami suatu saat di mana produk digunakan untuk hal yang tidak semestinya, tak terkecuali bitcoin. Namun jangan khawatir, karena banyak sekali keuntungan menggunakan bitcoin yang bisa Anda dapatkan.

Masalah Apa yang Bisa Dipecahkan oleh Bitcoin?

Saat ini, bitcoin terutama digunakan untuk transfer uang, mengatasi risiko fluktuasi nilai tukar, menghindari inflasi, serta sebagai bentuk mata uang baru.

1. Mengirimkan uang

Saat ini banyak keluarga, kerabat, dan teman yang tinggal tersebar di seluruh dunia, dan mengirim uang ke negara lain bisa menjadi sangat mahal. Tanyakan saja pada orang yang menggunakan jasa pengiriman uang ke seluruh dunia, dan Anda pasti akan terkejut dengan jumlah yang dipotong untuk layanan pengiriman.

Selain itu, di beberapa negara seperti halnya di Tinogkok, orang tidak bisa mengirimkan uang dalam jumlah yang besar ke luar negeri. Selain itu, hal ini juga banyak ditemui di negara lain. Adanya bitcoin mengatasi hal ini dengan cara membantu orang mengirim uang secara real-time tanpa harus menghadapi biaya transfer yang mahal.

2. Mengurangi risiko bergantinya nilai tukar

Jika anda atau sebuah institusi mengirimkan jumlah uang yang besar dari satu mata uang ke yang lainnya, seringkali dibutuhkan waktu 3 hingga 5 hari untuk menyelesaikan transaksi ini, yang berarti ada risiko bergantinya nilai tukar. Bitcoin menghindarkan Anda dari risiko ini karena bitcoin ditransfer secara real-time, sehingga Anda tak harus khawatir akan bergantinya nilai tukar.

3. Melindungi dari inflasi

Kegunaan bitcoin lainnya yaitu perlindungan dari inflasi. Negara yang sudah pernah menghadapi inflasi tinggi dan pergantian nilai tukar uang yang sering seperti Argentina pastinya menerima dampak negatif dari hal ini. inflasi bisa menyebabkan kerugian yang berlangsung selama hitungan hari hingga tahun.

Seorang warga negara Argentina yang juga investor bitcoin sudah berpengalaman dengan bagaimana inflasi bisa menghancurkan kepercayaan warga terhadap mata uang suatu negara.

Tak bisa dipungkiri bahwa nilai tukar bitcoin juga berubah-ubah dan sudah ditemukan beberapa fluktuasi dalam satu tahun terakhir. Namun di negara yang mata uangnya lemah, penggunaan bitcoin bisa sangat membantu.

4. Mata uang baru

Beberapa pihak sudah mulai menggunakan bitcoin sebagai mata uang, juga ada beberapa perusahaan besar yang menerima bitcoin sebagai metode pembayaran. Di antaranya adalah wordpress, overstock, Microsoft, dan cheapair. Dengan digunakannya bitcoin dalam transaksi yang umum, tren ini akan semakin meningkat di masa yang akan datang.

Di Mana Anda bisa Membeli Bitcoin?

Anda bisa membeli bitcoin di situs yang berlisensi seperti:

  1. Kraken
  2. Coinbase
  3. Poloniex
  4. HitBTC
  5. CEX.IO
  6. BitStamp
  7. CoinMama

Yang disebutkan barusan hanya beberapa dari banyak platform pembelian dan beberapa memiliki batasan tertentu. Maka Anda harus pintar-pintar melihat platform mana yang paling masuk akal. Coinbase adalah platform yang paling populer di Amerika Serikat karena tampilannya mudah digunakan, bahkan untuk investor bitcoin yang paling pemula sekalipun.

Apakah Bitcoin Aman dan tidak Mudah Dicuri?

Seperti halnya data apa pun yang ada dan bisa diakses secara online serta berada dalam jangkauan hacker, bitcoin bisa saja dicuri. Namun tenang saja, ada cara-cara untuk menghindari hal ini terjadi pada Anda.

Jika Anda membeli bitcoin dari platform penukaran mata uang dan meninggalkannya di sana, berarti Anda mempercayakan keamanan bitcoin Anda pada dompet virtual di platform tersebut. Untuk menambah keamanan, simpanlah bitcoin Anda di cold storage (“dompet”) offline. Sangat disarankan menggunakan dompet virtual offline seperti Ledger dan Trezor, yang hanya bisa dibuka oleh Anda sendiri saat terhubung ke laptop, juga membutuhkan kode khusus yang Anda buat sendiri.

Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui tentang insiden Mt Gox di tahun 2014, di mana hampir semua bitcoin dicuri dari Mt Gox dna hampir semua orang kehilangan bitcoin mereka. Meskipun insiden ini membuat banyak pemegang bitcoin menjadi ragu, sistem bitcoinsudah menjadi semakin baik. Semakin banyak pengguna yang menyimpan bitcoin secara offline serta lebih berhati-hati dalam pengelolaannya. Pelaku dari insiden ini sudah berhasil diidentifikasi.

Namun pada akhirnya, Andalah yang bertanggung jawab dan harus pintar-pintar menjaga Bitcoin Anda. Jangan sampai menyesal karena salah langkah dalam pengelolaan.

Mungkin artikel ini sudah terasa cukup panjang, namun sebenarnya kita baru saja mempelajari permukaan tentang apa itu bitcoin. Setiap hari, ada saja hal baru yang mengubah pemikiran kita tentang blockchain dan mata uang crypto.

Artikel ini bertujuan membantu Anda yang belum memiliki pengalaman dengan cryptocurrency namun tertarik untuk mulai berinvestasi. Dengan sedikit pengetahuan tentang bitcoin yang Anda dapatkan barusan, bisa saja Anda semakin tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk cryptocurrency. Nah sekarang, sudah paham kan mengenai bitcoin?

Baca juga Cara Menambang Bitcoin

author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.