Fakta Unik dan Menarik

Sempat Heboh!! Apa Itu Virus Ransomware WannaCry?

Apa itu virus Ransomware WannaCry

Apa itu virus Ransomware WannaCry? – Baru–baru ini sedang dikejutkan dengan mewabahnya virus yang berjenis Ransomware dengan nama WannaCry. Bagaimana tidak, virus ini sudah menyerang di 99 negara dalam dua hari dimulai pada hari Jum’at dan di hari ini telah menyebar hingga 150 negara yang diantaranya adalah Indonesia.

Diperkirakan lebih dari 230.000 terkena dengan virus ini. Lalu apakah yang dimaksud dengan virus WannaCry? Dan mengapa virus tersebut bisa berkembang dengan pesat?.

Apa itu virus Ransomware WannaCry?

Ransomware adalah malware atau program jahat yang menginfeksi komputer dan mengunci data dengan enskripsi, lalu si pembuat virus meminta uang tebusan untuk mengambil data–data tersebut. Setelah ditebus barulah diberikan kunci untuk membuka kembali data yang telah di enskripsi.

Baca juga: 11 Situs teraneh di dunia

Biasanya, cara kerja Ransomware yaitu penjahat menggunakan program lalu di download dan menjalankan program tersebut atau meng-klik tautan dan sebagainya (teknik phising). Berbeda dengan Ransomware yang satu ini, WannaCry dibuat dengan menggunakan tool senjata cyber milik Amerika Serikat, NSA yang bernama Eternal Blue.

Eternal Blue sering dipakai NA untuk mengendalikan komputer jarak jauh secara remote. Exploit ini biasa digunakan untuk menyerang komputer yang masih menjalankan Windows XP sampai Windows Server 2012, Sehingga banyak korban dari virus ini adalah pengguna Windows XP yang jarang di update dan masih rentan.

Alfons mengatakan celah keamanan ini sebenarnya sudah diketahui dan ditambal oleh Microsoft melalui patch Windows pada Maret 2017 lalu. Patch yang bersangkutan ditandai “sangat penting” (critical) karena mengandung perbaikan untuk kelemahan fatal di atas. Namun masih saja ada orang yang belum mengupdate atau menonaktifkan fitur Automatic Update.

“Kalau OS (Windows) belum di-patch, maka tanpa perlu bantuan klik sekalipun WannaCry akan secara otomatis aktif dan menginfeksi sistem,” kata Alfons.

Tidak hanya menggunakan Eternal Blue, Virus WannaCry juga disisipkan worm yang digunakan untuk memfasilitasi penyebaran disuatu perusahaan dengan cepat. Eset pun mengatakan “Proses penyebaran masif disebabkan juga oleh agresifitas Ransomware yang terus bekerja secara terstruktur. Misalnya, apabila satu komputer perusahaan sudah terinfeksi oleh WannaCry, worm pada ransomware akan mencari sendiri komputer yang rentan untuk diinfeksi,”
Dari penyebaran virus tersebut diantaranya telah menyerang beberapa perusahaan dan rumah sakit.

Baca juga: Harga paket internet LOOP terbaru Mei 2017

Virus WannaCry meminta tebusan sebesar 300 sampai 600 Dollar dalam bentuk Bitcoin dan tidak menerima sistem pembayaran lewat bank. Ini dilakukan karena penjahat tidak mau terungkap identitasnya. Ransom note tersebut juga ditulis dalam bahasa Indonesia karena WannaCry memang mampu menampilkan nota dalam lebih dari 25 bahasa, untuk keperluan menyasar korban di negara-negara berbeda.

Click to comment

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.

Paling Populer

Teknologiraf adalah media paling kece dan update tentang tips, trik, tutorial, download, dan seputar dunia teknologi. Didirikan tahun 2016.

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain

Copyright © 2016 - 2017 TeknologiRAF | Explore Your Technology

To Top