Software

Inilah Macam–Macam Aplikasi Pengolah Kata Di Komputer

Inilah Macam–Macam Aplikasi Pengolah Kata Di Komputer

Aplikasi pengolah kata di komputer – Di zaman modern ini sangatlah mudah bagi kita untuk mengerjakan tugas dengan cepat karena perkembangan teknologi yang maju. Bagi anda yang sering mengerjakan tugas dari sekolah atau pekerjaan menulis cobalah untuk mengetik di komputer maupun gadget anda, karena teknologi hadir untuk memudahkan pekerjaan dan anda dapat melakukannya dimana saja sehingga tidak memerlukan secarik kertas dan sebuah pena untuk melakukannya.

Bila anda ingin menulis atau mengetik di komputer tentunya memerlukan sebuah aplikasi pengolah kata atau yang biasa kita sebut sebagai software pengolah kata yang digunakan untuk membuat dokumen baik kita membuat, mengedit, menyimpan sampai mencetak dokumen. Dokumen yang kita buat tidak hanya berisi teks saja, anda juga dapat menambahkan foto, angka, dan gambar. Contoh dokumen yang kita buat antaranya proposal, laporan, karya tulis, brosur, dan surat-menyurat.

Baca juga: 7 Software Edit Foto Selain Photoshop

Fitur–fitur yang dihadirkan juga banyak, contohnya anda dapat memilih jenis dan ukuran huruf atau font, menebalkan atau memiringkan huruf, menggaris bawahi huruf, mengganti warna huruf atau memberi warna belakang pada kalimat. Ketika anda menulis dikertas lalu ingin menghapusnya tentulah tidak boleh menghapusnya berulang–ulang, tetapi jika anda mengetik tulisan di aplikasi pengolah kata anda dapat menghapusnya berulang–ulang.

Lalu bagaimanakah caranya kita menulis dengan aplikasi pengolah kata tersebut? Caranya mudah anda hanya menginstallnya di komputer lalu aplikasi tersebut dapat anda gunakan, berikut ini adalah beberapa aplikasi pengolah kata yang dapat dijadikan rekomendasi anda:

1. Notepad

Logo Notepad

Gambar dari nocookie.net

Notepad adalah aplikasi bawaan dari sistem operasi Windows yang biasanya ter-install dengan sendirinya, aplikasi Notepad telah dimasukkan dalam semua versi Microsoft Windows sejak Windows 1.0 pada tahun 1985. Notepad adalah aplikasi pengolah kata yang sederhana, yang hanya mendukung teks tanpa gambar maupun foto, Notepad juga tidak terdapat fitur tabel didalamnya dan disimpan dengan format atau ekstensi txt.

Meskipun Notepad hanya bisa mengolah kata ternyata memiliki keistimewaan dibanding aplikasi pengolah kata lainnya, yaitu anda dapat mengedit file sistem yang digunakan dalam DOS. Caranya hanyalah mengganti tag format belakangnya, contohnya anda ingin membuat file config dengan nama editan maka anda hanya tinggal menyimpan tulisan–tulisan itu dengan judul editan.cfg dan dengan otomatis berubah menjadi file config.

2. WordPad

Logo WordPad

Gambar dari ccm.net

Berbeda dengan Notepad yang hanya bisa memuat teks, WordPad jauh lebih canggih dengan fitur–fitur yang dihadirkan lebih lengkap. WordPad adalah aplikasi pengolah kata bawaan Windows yang biasanya ter-install dengan sendirinya. WordPad mempunyai fitur untuk menyisipkan tanggal, objek, memasukkan tanda, mengatur paragraf, memformat tulisan dan mengatur sebuah tab tulisan. WordPad juga disediakan di semua versi Windows sejak Windows 95 dan seterusnya.

3. Microsoft Word

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata milik Microsoft. Microsoft Word pertama kali dibentuk dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi DOS (1983), Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2 dan Microsoft Windows (1989). Meskipun Microsoft Office milik Windows namun Microsoft Word bukanlah aplikasi pengolah kata bawaan sehingga anda harus membelinya terlebih dahulu.

Saat ini hampir semua komputer di Indonesia menggunakan Microsoft Word karena memiliki banyak sekali fitur yang dihadirkan dan didesain agar memudahkan para penggunanya. Fitur–fitur yang dihadirkan tidak hanya menyisipkan foto namun dapat memasukkan grafik, screenshot, smart art, foto online, dan masih banyak lagi.

4. WordPerfect

Logo WordPerfect

Gambar dari support.corel.com

Aplikasi pengolah kata ini dikembangkan pertama kali oleh Bruce Bastian yang berasal dari Brigham Young University dan Dr. Alan Ashton yang seorang professor di universitas yang sama. Setelah WordPerfect selesai kemudian mereka mendirikan Satelite Systems international Inc. Dari Orem, Utah yang gunanya untuk memasarkan produk bagi para penggunanya di tahun 1980. Setelah itu WordPerfect dikembangkan dan sukses pada tanggal 6 November 1989 dengan versi WordPerfect 5.1 untuk DOS. WordPerfect 5.1 memiliki format atau ekstensi data yang umum dan dapat digunakan di dunia yang membuat aplikasi pengolah kata lain dapat membaca dan mengubah isi dokumen.

Saat ini WordPerfect dimiliki oleh Corel yang pertama kali rilis WordPerfect X3 dan sampai saat ini masih dikembangkan dan dirilis versi terbarunya yaitu WordPerfect X8 yang dapat dijalankan di Windows 7, 8, 10 (32-bit & 64-bit).

5. OpenOffice.org

OpenOffice.org adalah aplikasi pengolah kata open source yang dapat diperoleh secara gratis di situs resminya www.OpenOffice.org yang termasuk dalam 1 paket yang terdiri dari pengolah kata, angka, lembar kerja, presentasi, pengolahan gambar, dan database. OpenOffice.org dapat dijalankan di Windows, Solaris, Linux dan Mac OS X. Meskipun aplikasi ini gratis tampilan yang diberikan dari seluruh OpenOffice.org mirip seperti Microsoft Office sehingga kita dapat menggunakannya secara mudah.

Baca juga: Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit Dengan 64 Bit

Pertama kali dikembangkan OpenOffice.org mengadopsi source code dari aplikasi StarOffice. Karena StarOffice adalah milik perusahaan Sun Microsystem yang berperan penting sebagai donatur terbesar dan sponsor dalam OpenOffice.org yang akhirnya mengakuisisi OpenOffice.org pada tahun 1999 sehingga memiliki banyak fitur–fitur yang dikembangkan. Pada tahun 2010 Oracle Corporation mengakuisisi Sun Microsystem dan akhirnya OpenOffice.org dipegang oleh Oracle Corporation. Dan saat ini OpenOffice.org dikembangkan oleh komunitas Driven Development, The Apache Way.

Click to comment

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.

Paling Populer

Teknologiraf adalah media paling kece dan update tentang tips, trik, tutorial, download, dan seputar dunia teknologi. Didirikan tahun 2016.

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain

Copyright © 2016 - 2017 TeknologiRAF | Explore Your Technology

To Top