Bahaya Mengangkat Telepon Dari Nomor Yang Tidak Dikenal

Bahaya mengangkat telepon dari nomor yang tidak dikenal – Meski jaman sekarang ini banyak sekali aplikasi chatting. Namun untuk urusan menelpon, masih belum sepenuhnya dapat digantikan oleh berbagai aplikasi yang ada, meski beberapa aplikasi menawarkan fungsi untuk melakukan panggilan. Mayoritas orang masih mengandalkan layanan telepon selular untuk melakukan panggilan, masih digunakan karena menggunakan layanan ini lebih bisa diandalkan dan tetap stabil.

Baca juga: Mitos dan fakta mencharger smartphone

Dari keunggulan tersebut, tak menutup kemungkinan bahwa saat ini terdapat beberapa pihak yang menyalah gunakan panggilan telepon tersebut. Berikut kami rangkum beberapa bahaya mengangkat telepon dari nomor yang tidak di kenal:

1. Penipuan

Penipuan tidak hanya lewat SMS, beberapa oknum melakukan penipuan dengan banyak cara. Oknum yang tidak bertanggung jawab terkadang melakukan penipuan melalui panggilan telepon. Percakapan yang mereka lakukan pun direkayasa seperti seorang  professional dan juga mereka pun memiliki kantor. Tujuan dari melakukan tindakan tersebut adalah untuk menyeret korban untuk lebih percaya dan datang ke tempat mereka.

Contohnya saja kasus penipuan jual beli online, korban tersebut jual motor bekas Jogja, si penipu mengaku ingin membelinya, lebih parahnya lagi penipuan jaman sekarang lebih sopan dalam melakukan aksinya.

2. Oknum Menyimpan Nomor Anda

Para pelaku penipuan biasanya mengacak nomor untuk mencari target. Ketika anda mengangkat panggilan dari nomor yang tidak jelas, maka nomor anda akan disimpan oleh mereka untuk dihubungi kembali dengan modus penipuan yang lainnya.

3. Mencuri Informasi

Informasi mengenai data pribadi sangatlah penting dan kerap dimanfaatkan oleh beberapa pihak. Pernahkah anda mendapatkan telepon dari pihak yang mengaku sebagai layanan kartu kredit? Mereka mengaku sebagai pihak partner untuk memberikan kartu khusus, dan untuk mendapatkannya maka tak heran jika mereka akan meminta nomor kartu kredit anda dan angka CVC anda.

Selain menayakan langsung pada korbannya, trik lain yan digunakan dalam hal ini pun menyanyakan informasi korban pada orang terdekatnya. Informasi yang dicurinya pun digunakan oleh oknum untuk melakukan aksi penipuan.

Baca juga: Keunggulan handphone jadul

Adapun tips untuk mencegah kejahatan tersebut, anda dapat menginstal aplikasi TrueCaller yang membantu anda untuk menampilkan setiap ID dari nomor yang melakukan panggilan ke nomor anda. Adapun anda tidak menginstal aplikasi tersebut, berhati-hatilah untuk tidak sembarangan memberikan informasi yang menurut anda mencurigakan.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.