AWAS! Bahaya Virus Fireball Yang Sudah Menginfeksi 250 Juta PC

TeknologiRAF – Baru pada tanggal 15 Mei 2017 kemarin kita dihebohkan oleh serangan virus yang bernama Ransomeware WannaCry. Ehh… sekarang ada virus atau malware baru namun sudah menginfeksi banyak sekali komputer.

Kalau virus Ransomeware WannaCry kemarin hanya menyerang perangkat Windows sekarang virus Fireball tidak hanya menyerang perangkat Windows, yaitu Mac. Cara bekerjanya pun sangat canggih. Yaitu virus Fireball ini berpura-pura menjadi sebuah paket iklan menarik.

Bahaya virus Fireball

Bahaya virus Fireball ini adalah perangkat kita dapat dikendalikan, sehingga si pembuat virus Fireball ini dapat mencuri data-data pengguna dari sebuah web yang telah dimata-matai. Bahaya virus Fireball ini masih sedikit yang sudah mengetahuinya, sehingga berita ini harus disebarkan, agar para netizen mengetahuinya.

Lebih bahayanya adalah virus Fireball ini dicurigai bekerja sama dengan perusahaan pembuat game dan aplikasi yang beroperasi di China yang telah memiliki hampir 300 juta pengguna, yaitu Rafotech.

Dinilai pihak pembuat virus Fireball ini mengambil keuntungan dari iklan yang dimasukkan ke dalam browser. Bukan cuma itu, virus Fireball ini juga mengubah search engine awal menjadi search engine palsu yang sudah disiapkan. Mereka juga mampu loh untuk mendownload malware lainnya sehingga perangkat anda menjadi sasaran empuk untuk virus lainnya.

Dikutip dari situs The Hackernews “Penting untuk diingat bahwa saat pengguna menginstal freeware, malware tidak disematkan secara bersamaan. Kemungkinan Rafotech menggunakan metode distribusi tambahan, seperti menyebarkan freeware dengan nama palsu dan spam.” Sabtu, 3 Juni 2017.

Jelas bahaya virus Fireball ini harus kita hindari sebelum perangkat kita terinfeksi. Untuk cara mencegahnya anda harus cermat dalam menilai paket iklan. Namun untuk cara menyembuhkannya belum ada berita yang pasti. Ayoo sebarkan agar yang lain tahu, berikan juga komentar anda mengenai virus baru yang bernama Fireball ini.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

6 Responses

  1. author

    Sota Zone3 Juni, 2017 at 17:24Reply

    Ini virus kira kira nyerang apa ya.?.. Apakah juga enkrip file kayak wannacry kemarin dan minta tebusan bitcoin..??

  2. author

    Sijai4 Juni, 2017 at 15:40Reply

    wah. dunia online dan tekhnologi informasi makin rentan yaa

    • author Author

      TeknologiRAF13 Juni, 2017 at 06:11Reply

      Iyaa, kita sebagai pengguna harus berhati-hati.

  3. author

    Muhammad Anas21 Juni, 2017 at 23:44Reply

    Baru aja kemarin heboh Ransomeware WannaCry, eh sekarang udah ada yang baru lagi. Malah kerjasama sama Rafotech lagi. Aduh.. Harus ekstra hati-hati nih.

    • author Author

      TeknologiRAF22 Juni, 2017 at 06:33Reply

      Iyaa mas Muhammad Anas, kita sebagai pengguna harus meningkatkan keamanan dan kewaspadaan.

  4. author

    Muhammad Iqbal29 Juli, 2017 at 18:42Reply

    Gilaaa ini mah, bahaya banget. Ada caranya biar ga terkena virus ini min?

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.