Besok Komputer Tidak Boleh Terhubung Langsung ke Internet? Benarkah?

TeknologiRAF – Halo guys, para masyarakat Indonesia pada hari ini para masyarakat Indonesia yang sering menggunakan komputer dibuat heboh oleh kabar mengenai serangan Ransomware WannaCry.

Pasalnya virus Ransomware WannaCry ini sudah menyerang lebih dari 99 negara di dunia. Bahkan kabarnya 2 rumah sakit asal Indonesia juga sudah terinfeksi oleh virus ini, rumah sakit tersebut adalah RS Harapan Kita dan RS Dharmais yang berada di Jakarta.

Pembuat dari virus Ransomware WannaCry ini menyandera data-data yang dimiliki oleh rumah sakit tersebut dan memnita uang untuk menebusnya, uang yang diminta yaitu sekitar Rp. 4.000.000.

Virus ini sudah banyak diketahui ketika beredar pada tanggal 5 Februari 2017, dan virus tersebut memang sengaja menyerang rumah sakit.

Kominfo bicara masalah cara mengatasi Ransomware WannaCry

Gambar dari kominfo.go.id

Rudiantara sebagai Menkominfo sudah memberikan keterangan mengenai virus ini, dia mengatakan bahwa virus Ransomware WannaCry ini belum bisa diselesaikan hingga tuntas.

Walaupun kabarnya virus ini lebih fokus untuk menyerang instansi kesehatan, namun ternyata virus ini juga sering menyerang bisnis-bisnis lainnya.

Dia juga membeberkan bahwa virus ini menyerang Windows 10 kebawah. Dia menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk tidak terhubung dahulu ke internet untuk sementara, anda harus membackup terlebih dahulu data-data yang menurut anda sangat penting, ia menyarankan untuk memindahkan data-data penting tersebut ke HDD Eksternal.

Jika anda terkena virus Ransomware WannaCry ini maka silahkan hubungi pihak kemkominfo dengan nomor 021-3193556 atau 021-31925551 atau 081-56179328.

Nah, untuk cara mengatasi Ransomware WannaCry ini silahkan ikuti cara berikut:

1. Backup data terlebih dahulu
2. Jangan terhubung ke internet
3. Update antivirus yang anda gunakan
4. Update patch dari MS17-010 pada Windows anda
5. Blokir port 3389
6. Blokir port 139/445
7. Jika komputer anda sudah terinfeksi virus Ransomware WannaCry silahkan masukkan kode WNcry@2ol7 untuk membuka file yang telah di infeksi

Sebenarnya anda tidak usah panik jika sudah mengikuti 6 cara mengatasi Ransomware WannaCry. Mungkin hanya itu yang dapat saya berikan, jika ada yang ingin ditanyakaan silahkan berikan pada kolom komentar dibawah.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

5 Responses

  1. author

    Gama Geo14 Mei, 2017 at 22:34Reply

    bagaimana cara memblokir port port tsb?

  2. author

    Sijai15 Mei, 2017 at 20:32Reply

    wah, dunia maya sekarang sudah tidak aman yaa..

  3. author

    Muhammad Anas23 Juli, 2017 at 13:38Reply

    Karena sudah lama, berarti sekarang mah sudah aman kan min?

  4. author

    Muhammad Anas23 Juli, 2017 at 13:39Reply

    Apakah kalau sekarang sudah aman untuk langsung terhubung ke internet min?

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.