Cara Aman Internetan di Area WiFi Gratisan

Tips dan Trik 0

Cara aman internetan di area wifi gratisan – Di jaman yang sekaran ini, WiFi merupakan salah satu hal yang dicari-cari oleh pengguna gadget. Berbagai macam keamanan jaringan internet yang bisa dibuat oleh penggunanya.

Namun karena kebutuhan terhadap akses internet semakin meningkat, maka beberapa orang tidak memperhatikan kemanan ketika menggunakan public WiFi atau sering disebut dengan WiFi gratisan.

Baca juga: 5 Cara merawat laptop

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa public WiFi memiliki potensi untuk diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin mendapatkan data maupun informasi dari pengguna public wifi, atau dalam artiannya public WiFi atau WiFi gratisan ini memiliki tingkat keamanan yang kurang.

Dengan terjadinya hal itu, maka sebagai salah satu pengguna public WiFi dengan akses gratis disarankan untuk lebih berhati-hati dan lebih waspada terhadap tindak kejahatan internet.

Cara aman internetan di area wifi gratisan

Berikut adalah langkah-langkah atau cara aman internetan di area wifi gratisan, anda harus mengikuti cara berikut agar lebih aman dan nyaman ketika sedang hunting wifi gratisan:

1. Melakukan pengecekan terhadap nama WiFi

Seandainya anda berada di sebuah kafe maka anda akan berfikir beberapa kali untuk menggunakan wifi di tempat itu. Kelalaian inilah yang membuat hacker menjadi mudah untuk membobol atau mencuri informasi yang sanagt berharga yang ada di perangkat anda.

Ketika anda menghubungkan perangkat anda ke jaringan yang tidak aman, maka hal itu akan memungkinkan lebih besar bagi hacker untuk mencuri data anda. Karena dalam hal ini, hacker menggunakan nama yang mirip dengan nama WiFi di tempat umum.

Untuk antisipasinya, mak tanyakanlah nama WiFi dan password yang sebenarnya kepada salah satu karyawan tempat tersebut.

Baca juga: Tips Menghemat Kuota Internet di PC

2. Tidak disarankan untuk mengakses informasi yang sangat sensitif ketika terhubung dengan public WiFi

Ketika anda mengetahui bahwa pubic wifi sangat retan terhadap serangan hacker, maka alangkah lebih baik jika anda tidak mengakses informasi yang sangat bersifat sensitive seperti dalam menggunakan layanan perbankan, online shop, atau mengakses email.

Nah, mungkin hanya itu saja cara aman internetan di area wifi gratisan, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.