10 Cara Ampuh Memperkuat Sinyal WiFi Yang Harus Kamu Coba

Tips dan Trik 0

Cara Memperkuat Sinyal WiFi WiFi adalah salah satu wujud teknologi canggih pada zaman modern saat ini. Dengan adanya WiFi, kamu bisa menggunakan layanan internet secara gratis. Gratis dalam hal ini berarti tidak harus menggunakan data seluler baik pada smartphone maupun modem kamu.

Baca juga : Cara Aman Internet di Area WiFi Gratisan

Banyak juga masyarakat yang berpendapat bahwa kecepatan ketika mengakses internet dengan menggunakan WiFi jauh lebih cepat dibandingkan ketika menggunakan kuota. Namun, kadang ada kalanya juga ketika sinyal WiFi yang kamu gunakan tidak lancar sehingga mengganggu aktivitas browsing kamu. Hal ini tentu berbanding lurus jika kita melihat peringkat kecepatan internet Indonesia di dunia yang menduduki peringkat 122.

 

Cara Memperkuat Sinyal WiFi Pada Smartphone dan PC

 

10 Cara Ampuh Memperkuat Sinyal WiFi

10 Cara Ampuh Memperkuat Sinyal WiFi Yang Harus Kamu Coba

Namun, tenang saja, kamu tidak perlu risau. Karena, pasalnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat sinyal WiFi yang kamu gunakan baik pada smartphone maupun PC kamu. Penasaran dengan cara-caranya? Simak saja ulasan dari blog TeknologiRAF berikut ini tentang cara meningkatkan sinyal WiFi.

 

1. Gunakan Teknologi WiFi Terbaru

 

Cara yang pertama adalah cara yang paling masuk akal, yaitu dengan cara menggunakan teknologi WiFi yang terbaru. Hingga saat ini, diketahui sudah ada 4 teknologi WiFi yang tersedia, yaitu A, B, G, dan N. Tiga teknologi pertama yaitu A, B, dan G adalah teknologi yang paling lama. Tentu tidak heran jika kamu masih menggunakan teknologi WiFi yang lama dan merasakan sinyal WiFi kamu yang lemah.

Untuk mengatasinya, silahkan kamu gunakan teknologi WiFi yang terbaru, yaitu WiFi N. Dengan menggunakan teknologi WiFi yang terbaru, maka tentu kecepatan dan kekuatan sinyal WiFi kamu juga akan jauh bertambah. Perlu kamu ketahui juga bahwa cara yang pertama ini adalah cara yang paling ampuh karena langsung berhubungan dengan perangkat WiFi yang kamu gunakan.

 

2. Cari dan Temukan Posisi Yang Tepat

 

Cara selanjutnya adalah dengan mencari dan menemukan posisi yang tepat ketika kamu menggunakan WiFi kamu. Sinyal WiFi memang tidak bisa kita lihat dengan kasat mata, namun berdasarkan faktanya semakin banyak dan semakin tebal tembok yang menghalangi router WiFi maka sinyalnya juga akan terhambat.

Jadi, jangan aneh jika ketika kamu menggunakan WiFi ketika berada di luar dengan kecepatan koneksi yang jauh lebih cepat dibandingkan ketika kamu menggunakannya di dalam ruangan. Jadi, selalu cari dan temukan posisi yang tepat, kalau bisa sedekat mungkin dengan router WiFi nya.

 

3. Hindari Meletakan Perangkat Elektronik Lain Dekat Router WiFi

 

Mau percaya atau tidak, sebenarnya selain karena tembok, perangkat elektronik lain juga bisa menjadi penyebab lemahnya sinyal WiFi. Jangan pernah meletakkan sebuah perangkat elektronik lain seperti sebuah microwave didekat router WiFi yang sedang kamu gunakan.

Jadi, usahakan kamu memindahkan semua perangkat elektronik lain yang berada dekat dengan router WiFi. Atau jika kamu tidak mau repot memindahkan barang kamu satu per satu, kamu bisa membeli router dual band agar kamu dapat memindahkan frekuensinya dengan mudah.

 

4. Menggunakan Channel Yang Kosong

 

Jika kamu menggunakan WiFi pada channel yang sama yang digunakan oleh banyak orang, maka tidak aneh jika sinyal WiFi yang kamu gunakan menjadi melemah dan mengakibatkan kecepatan koneksi internetmu melambat.

Oleh karena itu, kamu harus menggunakan channel WiFi yang kosong agar kamu bisa menggunakan layanan internet dengan kecepatan yang leluasa dan tentunya akan mengurangi potensi terjadinya gangguan sinyal. Kamu bisa mencari channel WiFi yang kosong dengan menggunakan aplikasi inSSIDer.

 

5. Pastikan Password WiFi Kamu Aman

 

Jika kamu sudah yakin bahwa kecepatan internet WiFi yang kamu beli memang kecepatan yang kencang namun kamu masih belum bisa mendapatkan kecepatan internet yang diharapkan, bisa saja keamanan WiFi yang kamu gunakan sudah lemah dan ada seseorang yang mengetahui passwordnya.

Baca juga : Cara Mengatasi WiFi Error Setelah Ganti Password di Laptop

Tentu saja semakin banyak usernya maka kecepatan internetnya juga akan semakin dibagi-bagi. Jadi, pastikan bahwa kamu sudah menggunakan password yang cukup rumit namun tetap mudah untuk diingat, dan jangan lupa juga untuk menggunakan enkripsi WPA2.

 

6. Selalu Kontrol Bandwidthnya

 

Ketika ada seorang teman sedang bermain dirumahmu dan kamu ingin agar dia bisa menikmati akses WiFi kamu, maka tentunya hal ini bisa mengakibatkan melemahnya koneksi internet kamu.

Agar kamu tetap bisa menikmati layanan koneksi internet WiFi yang cepat, kamu bisa mengontrol bandwidthnya agar tidak terjadi kebocoran bandwidth pada user WiFi selain kamu.

 

7. Menggunakan Kaleng Bekas

 

Sinyal WiFi menggunakan udara untuk menghantarkan sinyalnya. Kamu bisa melakukan sedikit trik dengan barang-barang bekas, contohnya seperti kaleng bekas. Gunakan kaleng bekas pada router WiFi kamu dan arahkan pada arah dimana kamu biasa menggunakan WiFi. Dengan begini, sinyalnya jauh menjadi lebih terarah dan tidak terlalu menyebar kemana-mana.

Selain menggunakan kaleng bekas, kamu juga bisa coba untuk menggunakan panci atau aluminium foil. Bahan-bahan tersebut bisa dibilang sebagai penguat sinyal WiFi yang paling hemat jika dibandingkan harus mengupdate teknologi WiFI kamu.

 

8. Menggunakan Aplikasi DD-WRT firmware

 

DD-WRT firmware adalah sebuah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memperkuat sinyal WiFi secara efektif dan efisien. Fungsi dari aplikasi ini adalah meretas router WiFi kamu agar kekuatan pemancar sinyalnya jauh lebih tinggi lagi. Atau secara sederhananya, aplikasi ini adalah aplikasi penguat sinyal.

Seperti yang dikutip dari situs lifehacker.com cara ini cukup berbahaya bagi kesehatan router WiFi kamu, tetapi setidaknya kamu bisa menaikkannya hingga 70 mW. Dengan begini, jangkauan sinyal dari router WiFi kamu bisa bertambah menjadi dua kali lipat. Selain itu aplikasi penguat sinyal ini juga menyediakan beberapa pilihan keamanan lainnya.

 

9. Menggunakan WiFi Repeater

 

WiFi Repeater adalah sebuah alat atau perangkat keras yang berfungsi untuk menerima sinyal WiFi, lalu kembali memancarkannya. Selain itu alat ini juga bisa digunakan sebagai penguat sinyal WiFi. Alat ini sangat cocok sekali bagi kamu yang penerimaan sinyal WiFi nya lemah.

Dengan menggunakan WiFi repeater, sinyal kamu akan kembali dipancarkan sehingga perangkat yang kamu gunakan baik smartphone maupun PC dapat lebih mudah untuk menerima sinyal WiFi nya.

 

10. Lakukan Reboot Atau Restart Secara Berkala

 

Dan cara yang terakhir untuk memperkuat sinyal WiFi adalah dengan cara melakukan reboot atau restart secara berkala baik pada router maupun pada perangkat yang kamu gunakan.

Sama seperti halnya dengan smartphone dan PC, kadang-kadang router WiFi juga bisa merasakan “cape” jika terlalu lama digunakan dan bisa menimbulkan banyak masalah. Oleh karena itu, cobalah untuk mereboot router WiFi kamu secara berkala agar ia kembali segar dan siap untuk digunakan lagi. Siapa sangka bahwa mungkin cara yang terakhir ini bisa kamu gunakan dan terbukti memperkuat sinyal WiFi kamu.

Diatas adalah cara-cara sederhana dan umum yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan sinyal WiFi. Jika 10 cara diatas masih belum memberikan efek yang besar, mungkin bisa saja masalahnya terletak pada perangkat WiFi kamu sendiri. Semoga 10 cara memperkuat sinyal WiFi diatas bisa bermanfaat bagi kamu dan nantikan berbagai macam artikel unik dan menarik seputar teknologi hanya di blog TeknologiRAF.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.