Cara Memasang Driver Komputer Dengan Mudah

Tips dan Trik 0

Cara memasang driver komputerApakah itu driver? Driver adalah pengendali perangkat keras seperti disaat kita memasukkan flashdrive atau kabel data ke komputer dan terlihat tulisan nama perangkat yang telah dimasukkan. Itu adalah driver, jika tidak ada driver maka perangkat tersebut tidak bisa terbaca di komputer karena pengendalinya tidak ada. Contohnya adalah kita memiliki printer, namun printer itu tidak bisa terhubung dengan komputer meskipun kabelnya sudah dicolok dengan benar.

Lalu bagaimanakah cara agar kita memiliki driver tersebut? Simak beberapa cara untuk mendapatkan driver tersebut.

Gambar driver komputer

Gambar dari mandalamaya.com

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

1. Download di Internet

Anda hanya dapat mendownloadnya di internet dengan mudah, perlu diingat bahwa mendownload dan menginstall driver harus sesuai dengan merk dan jenis perangkat yang digunakan dan begitu pun juga versinya. Bila kita salah mendownload contohnya disaat memasang driver USB 2.0 untuk Windows XP 32 bit namun kita komputer kita Windows 7 64 bit, komputer kita tidak akan bisa menggunakan driver tersebut sehingga percuma saja kita mendownload.

2. Menggunakan Kaset Driver Bawaan

Cara mudah selanjutnya adalah dengan menggunakan kaset bawaan driver itu sendiri, kaset driver biasanya diberikan ketika kita membeli printer. Kita tidak perlu membelinya jadi ketika kita membeli barang tersebut otomatis kita akan diberikan kaset driver agar kita dapat menggunakan printer tersebut dimanapun dengan menggunakan kaset bawaannya. Anda juga tidak perlu takut karena kaset driver yang diberikan pasti cocok dengan komputer yang anda gunakan.

3. Gunakan Software

Bagi anda yang tidak mau pusing–pusing mencari driver ketika menginstall ulang komputer karena bingung banyaknya driver yang ingin di install, maka gunakanlah software penginstall driver, contohnya adalah Driver Toolkit.

Baca juga: Cara Mengetahui Product Key Activation Windows 7

Anda hanya memerlukan koneksi internet dan Driver Toolkit akan memindai perangkat dan mencarinya di server dengan sendirinya, sehingga perangkat dan driver cocok dan anda dapat menginstallnya. Cara ini terbilang mudah dan cepat sehingga banyak orang yang menggunakannya, Driver Toolkit juga memiliki fitur Driver Update yang rutin dipindai sehingga anda tidak akan tertinggal updatenya driver yang biasanya membetulkan bug yang sebelumnya ada.

Nah, mudah sekali bukan caranya? Yaa, cara memasang driver di komputer itu memang sangat mudah sekali.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.