Cara Membuat Artikel Berkualitas dan SEO Friendly, Pageview Pasti Naik

Blogging 0

Cara membuat artikel berkualitas dan SEO friendly – Artikel yang berkualitas dan menarik pada sebuah blog bisa memberikan banyak dampak positive, salah satunya adalah meningkatkan pageview blog. Oleh karena itu, membuat artikel yang berkualitas tentu saja sangat penting dan harus dilakukan oleh semua blogger.

Selain harus membuat artikel yang berkualitas, kamu juga harus membuat artikel SEO friendly. Artikel SEO friendly adalah artikel yang mempunyai kekuatan SEO yang cukup ampuh. Sehingga, artikel tersebut bisa menembus pageone atau halaman pertama Google dengan kata kunci atau keyword yang ditargetkan.

Baca juga : 6+1 Trik Optimasi Gambar Pada Blog

Jika kamu berhasil membuat artikel yang berkualitas sekaligus SEO friendly, maka sangat baik sekali. Dengan ditambah optimasi artikel yang SEO Friendly, maka artikel kamu akan dengan mudah ditemukan pada mesin pencari. Ditambah kualitasnya yang tinggi bisa dengan mudah menaikkan ranking blog kamu.

Baiklah, tanpa basa-basi lagi berikut 5 cara membuat artikel berkualitas dan SEO friendly.

 

Cara Membuat Artikel Berkualitas dan SEO Friendly

 

Cara Membuat Artikel Berkualitas dan SEO Friendly

Cara Membuat Artikel Berkualitas dan SEO Friendly

 

1. Artikel Dengan Bahasa Yang Mudah Dipahami

 

Salah satu kriteria artikel yang baik yakni dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Jangan terlalu banyak menggunakan bahasa asing ataupun bahasa yang kurang dipahami oleh pengunjung. Gunakan bahasa yang simple dan mudah di mengerti saja.

 

2. Artikel Dengan Bahasa Formal & Baku

 

Bahasa formal dan baku yang dimaksud di sini adalah bahasa yang terdapat dikamus-kamus. Jangan gunakan bahasa singkatan seperti “yang” disingkat “yg”, “dengan” disingkat “dgn”. Jika kamu menuliskan artikel seperti demikian, maka Search Engine akan lebih kesulitan untuk memahami maksud dari artikel yang kamu miliki.

 

3. Artikel Dengan Judul Yang Baik

 

Judul merupakan salah satu yang terpenting dalam membuat artikel blog. Pemilihan judul yang baik dan pas akan membuat pengunjung blog akan merasa tertarik untuk membaca artikel tersebut.

Coba perhatikan pemilihan judul artikel di bawah ini :

Mungkin sekilas kita lihat maksud dari kedua judul artikel di atas sama saja, tetapi dengan membuat judul yang menarik seperti contoh yang pertama akan membuat pengunjung lebih merasa ingin tau akan isi artikel tersebut.

 

4. Artikel Yang Bermanfaat

 

Artikel yang bermanfaat merupakan salah satu yang terpenting. Buatlah artikel yang sekiranya bisa bermanfaat bagi pengunjung seperti artikel tips, trik, tutorial, berita dan sebagainya.

Selain membuat artikel yang bermanfaat, kamu juga bisa membuat artikel yang sekiranya bisa menghibur pembaca seperti cerpen dan sebagainya.

 

5. Artikel Original Buatan Sendiri

 

Ini adalah point yang paling terpenting saat kamu membuat artikel blog. Jangan sampai ke 4 kriteria di atas sudah kamu penuhi tetapi artikel yang kamu publish ke blog itu hasil copas atau plagiat dari blog lain.

 

6. Artikel Minimal 300 Kata

 

Sedikit dikitnya artikel yang kamu tulis usahakan adalah 300 kata, jangan sampai kurang dari itu atau blog kamu terlihat tidak serius. Saya rasa itu cukup tapi jika kamu masih mampu untuk membuat lebih, jangan ragu untuk menambah jumlah kata dalam artikel kamu sampai 500 kata, 700 kata bahkan lebih. Itu lebih baik.

 

7. Memasang Internal Linking

 

Dengan memasang internal linking disetiap artikel blog kamu, maka hal ini akan terus membuat pengunjung terjebak diblog kamu dan tidak akan meninggalkannya.

Baca juga : 4 Tips Memilih Nama Blog Yang Baik dan Bagus 2017

Ini disebabkan oleh ketertarikan pengunjung untuk membaca artikel lainnya. Jadi usahakan kamu membuat setidaknya judul yang menarik supaya pembaca mau membaca artikel lainnya di blog kamu.

 

8. Beri Tags Tertentu Pada Keyword Tertentu

 

Jangan lupa juga untuk memberikan Tags Tertentu pada Keyword Tertentu. Apa Maksudnya? Didalam postingan pasti terdapat beberapa keyword tertentu yang bisa menambah beberapa keyword di penelusuran google.

Nah saya anggap keyword itu sebagai peluru. Supaya peluru tersebut mengenai sasaran kita memerlukan teleskop yang bisa menembakkan peluru kita tepat sasaran. Bahkan mengenai alat vital yang mengakibatkan kita berhasil.

Begitu pula keyword jika kita tambah dengan tag-tag tertentu seperti heading, strong, em, u yang bisa kamu gunakan sebagai teleskop dalam menembak keyword tepat sasaran.

 

9. Keyword Di Awal Artikel

 

Selain menggunakan Tags Tertentu, kamu juga harus memperhatikan letak keyword yang kamu tembakkan. Usahakan berada dibagian atas artikel atau sekiranya 200 kata pertama.

Karena biasanya mesin pencari Google mengindex artikel blog itu dibagian pertama atau awal-awal artikelnya, bukan akhir dari artikel tersebut.

Semoga 9 cara membuat artikel berkualitas dan SEO friendly diatas bisa dengan mudah kamu pahami. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika bermanfaat bagi kamu.

Tags:
author

Author: 

Seorang penulis dan blogger pemula, siswa XI RPL 1 SMKN 1 Karawang. Menulis adalah hobi saya. Tertarik terhadap dunia pemrograman dan dunia web design.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.