Wah, Pemakaian Cinema 4D Membuat Kagum!

Tips dan Trik 0

Wah, pemakaian Cinema 4D membuat kagum – Seiring banyaknya software yang dibuat untuk keperluan tertentu, kini software untuk keperluan membuat effect 3D ternyata juga banyak berkembang. Banyak yang menggunakan untuk render, animasi, maupun untuk membuat film. Disini, kita akan membahas tentang cara membuat render dengan cinema 4D.

Sebelum itu kita kenalan dulu sama Cinema 4D. Cinema 4D itu emang apaan sih? Jadi, Cinema 4D itu adalah software yang bisa membuat animasi 3D maupun bentuk gambar 3D dengan effect yang mengagumkan dan cara yang cukup mudah dan sangat cocok untuk para pemula.

Sekarang kita lanjut aja deh ke inti, cara membuat render di Cinema 4D itu sangat mudah! Mari simak penjelasan berikut untuk cara-caranya.

Baca juga: Cara Mengatasi Apllikasi BBM Pending di Android

1. Pertama kita buat dahulu MoTextnya. MoText itu adalah fitur teks di Cinema 4D. Cara membuatnya adalah dengan membuka opsi MoGraph lalu pilih MoText. Ditampilan akan muncul kalimat “Text”. Gimana cara ubahnya tuh? Caranya itu dengan pergi ke menu opsi Object di kanan bawah dan ganti kalimat “Text” pada bagian Text. Dan kalian bisa ubah fontnya dan lebarnya di bagian opsi font dan depth. Font untuk ubah jenis kata, dan depth untuk mengatur lebarnya.

2. Setelah itu beri warna dengan menambahkan material di opsi create, material, pilih new material. Dan kalian bisa atur warnanya disitu, agar bisa memantul kalian centang bagian reflection dan atur warnanya. Setelah itu buat floornya dengan memilih opsi create, environment, pilih floor. Setelah muncul tampilan menyerupai lantai, kalian beri warna yang sama atau boleh juga berbeda dengan warna textnya. Saya sarankan diberi effect reflection agar dapat memberikan kesan yang realistis. Lalu atur letaknya agar tak ada cacat dalam gambar.

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki SD Card Tidak Terbaca di Android

3. Setelah itu tambahkan plane! (Bukan pesawat yah hehe…) Plane disini adalah bentuk atap yang berguna sebagai bahan untuk effect. Kok bahan? Ya, karena tanpanya, render tak akan sempurna. Lalu tambahkan warnanya dan atur warnanya. Tetapi disini jangan centang effect reflection, centang effect luminance. Lalu tambahkan fitur cloner. Cara menambahkannya itu dengan membuka opsi MoGraph, lalu pilih cloner. Setelah itu atur mode dari linear menjadi grid array. Lalu tampilan opsi akan berubah. Setelah itu ubah angka 3 di bagian tengah menjadi 1. Setelah itu pindahkan plane ke bagian atas sampai tak terlihat di layar. Oh ya sebelumnya kalian harus memasukkan opsi plane di kanan atas ke opsi cloner sehingga plane membesar. Lalu lihat pada titik kuning di arah panah pada layar. Geser hingga membentuk 3 x 3 kotak. Setelah diatas langsung ke edit render setting. Itu terletak di opsi render.

4. Lalu setelah terbuka, pilih opsi effect di kiri bawah dan pilih global illumination. Jika ingin lebih sempurna buka opsi anti aliasing dan ubah dari geometry menjadi best. Setelah itu langsung exit dari opsi.

5. Buka kembali opsi render dan kali ini pilih opsi “Render to Picture Viewer” dan tunggu loadingnya. Setelah jadi dan hasil sempurna maka save dengan buka opsi file lalu save as dan pilih ok jika tidak ada perubahan lagi. Sebelum ke picture viewer sebaiknya atur posisi menjadi lebih baik dengan memperhatikan garis gelap yang ada di tampilan.

Baca juga: Cara Membuka Android Yang Lupa Kata Sandi

Dan lihat hasilnyaa…, luar biasa bukan? Itulah gambar yang kalian bisa save dan abadikan sebagai karya yang terbaik. Mudahkan panduan cara membuat render di Cinema 4D tadi? Jika ingin lebih baiknya maka ikuti panduan untuk menjadi ahli di post selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.