Cara Memperbaiki Monitor Terkena Medan Magnet

Tips dan Trik 0

Cara memperbaiki monitor terkena medan magnet – Disaat menyalakan komputer tiba–tiba layar anda berubah menjadi tidak jelas? Seperti berwarna pelangi atau kebiru–biruan? Dalam kasus ini tentunya sangatlah menyulitkan bagi anda untuk melakukan pekerjaan atau aktivitas yang sering menggunakan komputer. Dengan warna yang tidak jelas seperti kebiru-biruan atau seperti pelangi sangatlah mengganggu, hal ini disebabkan oleh berbagai hal yaitu:

1. Terkena medan magnet dari speaker
2. Kerusakan coil degaussing
3. Mengganti jenis tabung

Baca juga: Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop

Jika anda terkena salah satu hal tersebut bisa dipastikan layar monitor anda menjadi rusak. Lalu bagaimanakah cara memperbaiki monitor yang terkena medan magnet tersebut agar dapat kembali seperti semula?. Berikut kami sudah merangkum beberapa jawabannya.

1. Gunakan fitur Degauss Mode

Hampir setiap monitor tentunya memiliki mode ini sehingga anda dapat mengembalikannya lagi seperti semula, caranya anda hanya memasuki menu / settings di monitor dengan menggunakan tombol yang terdapat di monitor lalu memilih Degauss / Degauss Mode dan seketika layar monitor anda kembali seperti semula. Cara ini adalah cara termudah dibandingkan cara yang lain.

2. Gunakan Magnet

Cara memperbaiki monitor dengan magnet

Gambar dari pixabay.com

Jika anda tidak memiliki fitur Degauss Mode gunakanlah magnet. Kerusakan monitor yang terkena medan magnet tentunya dapat dikembalikan lagi dengan menggunakan magnet yang fungsinya sama seperti Degauss Mode.

Caranya pun cukup mudah, yaitu ambil lah magnet yang tidak begitu besar lalu di dekatkan dengan monitor, putar-putar magnet seperti mengepel di bagian yang terkena medan magnet, lakukanlah dengan pelan–pelan dan sabar hingga warna tersebut hilang.

3. Beli Degausser

Cara alternatif jika anda sulit menggunakan magnet yaitu dengan membeli Degausser, alat ini dapat digunakan untuk di televisi maupun monitor. Anda dapat membelinya di toko elektronik atau secara online. Caranya sama seperti menggunakan magnet namun dengan Degausser jauh lebih cepat.

Baca juga: Cara Mendefrag Disk Komputer Dengan Mudah

Nah, jika layar monitor anda terkena medan magnet, sehingga menimbulkan beberapa warna yang seharusnya tidak ada, maka jika anda melakukan 3 cara yang saya berikan diatas maka Insya Allah monitor anda akan kembali pada semulanya, semoga bermanfaat, jika ada masalah lain silahkan berikan saja di kolom komentar, terima kasih.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.