5 Cara Memperbaiki SD Card Tidak Terbaca di Android

Tips dan Trik 2

Cara memperbaiki SD Card Android – Kartu memori HP Android adalah hal yang terpenting, karena jika kita ingin menyimpan data yang besar maka perlu SD Card tersebut, selain itu SD Card di Android juga dapat mempercepat kinerja dari Android anda.

Namun, bagaimana jika SD Card Android anda rusak? Pasti kesal, panik, karena banyak foto, file, video sangat penting yang terdapat di dalam SD Card tersebut.

Banyak faktor yang dapat merusak SD Card Android milik anda, maka dari itu pelajarilah faktor tersebut, jika anda sudah tahu maka jagalah SD Card Android anda. Nah, jika SD Card anda sudah terlanjur rusak maka anda harus membaca dan mengikuti 5 cara memperbaiki SD Card rusak atau tidak terbaca di Android berikut.

Baca juga: Cara Membuka Android Yang Lupa Kata Sandi

1. Bersihkan SD Card anda

Cara yang pertama jika SD Card anda tidak dapat terbaca yaitu dengan membersihkannya, caranya juga cukup mudah, pertama lepas dahulu SD Card dari Android anda, kedua bersihkan SD Card anda dengan penghapus bewarna putih, ketiga masukkan lagi, nah jika sudah bisa terbaca kembali maka SELAMAT SD Card anda sudah dapat dipakai seperti biasa kembali.

2. Format SD Card anda dari pengaturan Android

Cara kedua adalah format kartu memori anda dari Android anda sendiri, namun hal ini beresiko, karena dengan melakukan cara ini semua data-data atau file-file yang ada di dalam kartu memori anda akan dihapus, namun jika anda ingin memperbaiki kartu memori anda lakukanlah saja hal ini.

1. Buka di Android anda menu Setting, lalu pilih menu Storage,
2. Nah, jika anda sudah masuk ke dalam menu storage, pilih lagi menu Erase SD Card.

Baca juga: Tips Dalam Membeli VGA Card atau Onboard

3. Menggunakan aplikasi dari Google Play yang bernama SDFix

Jika kartu memori anda tidak dapat terbaca, maka anda dapat menginstall SDFix di Google Play, aplikasi ini sangat ampuh untuk membetulkan kartu memori anda yang tidak dapat terbaca atau rusak.

4. Cek kartu memori anda dengan menggunakan PC atau laptop

Cara ke-empat ini sangat mudah, namun anda harus menggunakan PC atau laptop untuk melakukannya. Caranya adalah.

1. Pasang kabel data di Android anda dan hubungkan ke PC atau laptop yang akan anda gunakan,
2. Setting Android anda agar terhubung kedalam MSC (Mass Storage Mode), jangan memilih MTP (Media Transfer Mode),
3. Ketiga, buka My Computer, lalu klik kanan pada device kartu memori anda,
4. Pilih menu Properties -> Tools -> Error Checking, lalu silahkan tunggu sebentar sampai semua proses sudah selesai.
5. Terakhir adalah Ejeck kartu memori anda, dan kembali cek apakah sudah dapat digunakan kembali atau belum.

5. Menggunakan fitur Factory Reset

Apakah anda sudah melakukan cara 1 sampai cara 4 namun kartu memori anda masih rusak atau tidak dapat terbaca? Jika masih tidak dapat terbaca maka cara terakhir adalah dengan menggunakan fitur Factory Reset, karena ini adalah cara terakhir yang dapat membetulkan kartu memori Android anda. Namun resiko-nya adalah semua data yang terdapat di dalam memori Android dan kartu memori anda akan terhapus, dan settingan Android kembali ke settingan awal atau bawaan pabrik.

Baca juga: Cara Mengganti Alamat IP Dengan Hotspot Shield

Jika anda sudah melakukan 5 cara memperbaiki kartu memori HP tidak dapat terbaca atau rusak diatas, namun kartu memori anda belum bisa digunakan kembali, maka anda harus mengecek, apakah kartu memori tersebut masih normal atau tidak, jika ada bagian yang patah maka kartu memori anda sudah tidak dapat dibaca kembali. Semoga bermanfaat.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

2 Responses

  1. author

    Muhammad Azis29 Oktober, 2016 at 19:09Reply

    Thanks banget gan, artikel ini sangat berguna… sering kartu sd saya tidak terbaca oleh smartphone saya, saya cari solusinya dan ketemu di blog ini.. dan alhamdullilah bisa setelah saya format kartu sd saya..

    • author Author

      TeknologiRAF30 Oktober, 2016 at 19:33Reply

      Alhamdulillah mas, kita juga ikut bahagia kok hehe….

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.