Cara Memperbesar Kapasitas RAM di HP Android

Tips dan Trik 2

Cara Memperbesar RAM Android – Bagaimana cara menambahkan kapasitas RAM di HP Android? Banyak orang bertanya mengenal hal ini. Sebelumnya saya ingin memberitahukan apa itu RAM? RAM (Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer dan handphone yang isinya dapat di akses dalam waktu yang tetap, tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Karena banyaknya keluhan mengenai memori HP Android yang kecil atau memori HP penuh.

Baca juga: Tips Menjaga Flashdrive Agar Tidak Mudah Rusak

Untuk menambah RAM di Smartphone Android cukup mudah. Hanya dengan sebuah aplikasi, maka kapasitas RAM di Android sudah menjadi lebih besar dan mampu meningkatkan kinerja ponsel yang tadinya lemot langsung bisa menjadi sangat kencang. Lalu bagaimana cara memperbesar kapasitas RAM? Berikut ikuti langkah di bawah ini:

Cara Menambah Kapasitas RAM di HP Android

1. Melakukan konfigurasi pada aplikasi Swapper

Untuk menambah kapasitas RAM Android, ada beberapa langkah yang harus anda ikuti dengan baik dan benar. Langkah paling pertama adalah menginstall aplikasi Swapper. Aplikasi ini berfungsi untuk menambah virtual memori, memori inilah yang akan membantu kinerja RAM. Sebaiknya memori yang digunakan mempunyai kemampuan Read atau Write-nya tinggi.

Caranya dengan mendownload aplikasi Swapper ini dan install di Smartphone Android anda. Setelah terinstall, jalankan aplikasi tersebut lalu lakukanlah konfigurasi dengan langkah berikut:

1.) Isikan nilai di kolom Cache Size, misal saja 2048,
2.) Nilai Cache yang direkomendasikan adalah 1024 atau 2048,
3.) Sedangkan nilai yang ditunjukan di bagian kolom Cache Size (Current) menunjukan nilai Cache yang digunakan saat ini.
4.) Jika sudah diaktifkan pilih Set On Boot, ini berfungsi agar nilai Cache tidak secara otomatis kembali ke awal setiap kali perangkat anda mengalami restart (reboot).

Baca juga: Cara Membuat Video Tutorial Dengan Mudah

2. Menambah file Juwe RAM Script

Langkah yang terakhir adalah menambah file Juwe RAM Script, file ini berfungsi untuk mengatur RAM. Ikutilah carannya berikut:

1.) Download file Juwe RAM Script,
2.) Lalu ekstrak file tersebut di file manager, jika anda tidak bisa mengekstrak di file manager maka anda harus mendownload aplikasi Zarchiver,
3.) Kemudian pindahkan file kedalam direktori init.D di folder System/etc,
4.) Selanjutnya edit dan ubah settingan permission menjadi rwxr-xr-x,
5.) Setelah selesai lakukanlah restart perangkat Android anda,
6.) Selesai, sekarang anda bisa mencoba Smartphone Android anda dengan memainkan game-game berat atau sekelas HD.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Kotoran dan Baret Pada Layar Smartphone

Namun bagi anda yang merasa kesulitan saat hendak memasukkan file Juwe RAM Script ini, masih ada satu cara yang dapat anda gunakan. Download saja aplikasi RAM Manager Pro. Aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi Juwe RAM Script. Hanya saja aplikasi RAM Manager Pro ini memiliki user interface dan pengaturan-pengaturan yang lebih lengkap. Demikianlah Cara Menambah RAM di HP Android yang bisa kami hadirkan pada kesempatan ini, semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi anda para pembaca artikel ini. Selamat mencoba.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

2 Responses

  1. author

    Kang sudar2 Januari, 2017 at 10:13Reply

    Wah mantap gan nih tapi hp asus zengone 4 bisa gk

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.