Tips dan Trik

Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop

Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop

Cara mempercepat kinerja komputer atau laptop – Banyaknya file dan aplikasi yang berjalan terkadang membuat komputer atau laptop kita berjalan tidak semestinya seperti lag atau kinerja yang lambat. Kinerja komputer yang lambat bisa dari bermacam–macam faktor seperti virus, penuhnya file, dan masih banyak lagi, namun itu semua dapat dihindari dengan cara mempercepat kinerja komputer atau laptop sebagai berikut:

1. Hapus file yang tidak penting

Hard disk yang penuh dapat memperlambat kinerja komputer atau laptop sehingga tidak berjalan dengan semestinya. Anda dapat memulainya dengan menghapus file–file yang tidak penting, menghapus history dan cache, serta menghapus file–file yang masih tersimpan di recycle bin.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi RAM Android Selalu Penuh 100% WORK

2. Gunakan Antivirus

Virus yang berjalan tentunya memperlambat kinerja komputer atau laptop seperti virus worm misalnya. Worm melipat gandakan file yang kecil dengan banyak sehingga secara tidak sadar Hard disk penuh, tidak hanya worm saja tetapi masih banyak virus lain seperti virus yang menyerang dengan menghabiskan kapasitas RAM.

Menggunakan antivirus adalah salah satu cara mempercepat kinerja komputer atau laptop dengan baik.

3. Defrag Disk

Defrag Disk atau fragmentasi disk adalah cara untuk mengurutkan lagi file–file yang sebelumnya teracak dan tersusun tidak rapi sehingga memperlambat kinerja komputer dalam mencarinya. Bila belum mengerti cara Defragmentation Disk dapat dilakukan dengan mengikuti petunjuk ini cara mendefrag disk komputer. Rutinlah dalam mendefragdisk sebulan sekali agar komputer atau laptop dapat berjalan dengan baik.

4. Menghemat RAM

RAM adalah tempat untuk menyimpan dimana aplikasi sedang berjalan, RAM ditemukan baik di komputer, laptop, maupun smartphone. Agar mempercepat kinerja komputer atau laptop penggunaan aplikasi yang berat atau membuka banyak aplikasi secara bersamaan harus diminimalisir karena kedua hal tersebut dapat memenuhi RAM.

5. Mengatur display atau visual

Mengatur display atau visual sangat lah berguna jika anda sedang bermain game atau mengerjakan desain di komputer, dalam menjalankan komputer tentunya kita dapat melihat dan mengatur kualitas gambar di layar komputer atau laptop.

Baca juga: Cara Mengakses Deep Web Tanpa Tor Browser

Bila anda menggunakan kualitas gambar yang bagus dan menggunakan resolusi tinggi tentunya namun tidak disesuaikan dengan spesifikasi komputer tentunya akan sangat memperlambat kinerja komputer, untuk itu sesuaikanlah kualitas dan resolusi komputer dengan spesifikasinya atau anda dapat menggunakan resolusi standard yaitu 1024 X 768 pixel.

2 Comments

2 Comments

  1. Saliman

    20 Juni, 2017 at 07:09

    Emmm biasanya untuk mempercepat komputer atau hape kalau saya pribadi sering menghapus file2 yang gak penting.

  2. Muhammad Anas

    20 Juni, 2017 at 13:16

    Cocok banget nih buat saya yang sering ngeblog, ngegame, ngedesain dan memerlukan kinerja laptop yang lebih cepat

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.

Paling Populer

Teknologiraf adalah media paling kece dan update tentang tips, trik, tutorial, download, dan seputar dunia teknologi. Didirikan tahun 2016.

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain

Copyright © 2016 - 2017 TeknologiRAF | Explore Your Technology

To Top