Cara Mudah Mendefrag Disk di Komputer atau Laptop

Cara mendefrag disk di komputer – Ketika anda sedang menginstall program atau aplikasi di komputer, membuat dokumen dan menghapus dokumen, menyalin dan memindahkan file di komputer terkadang file tersebut dapat berpindah lokasinya di dalam hard disk. Mudahnya seperti kita sedang melakukan sesuatu dan mencari barang di suatu tempat terkadang tidak dikembalikkan lagi ke tempat biasanya.

Jika kita tidak melakukan defrag disk secara berkala tentunya akan memperlambat kinerja komputer, sehingga disaat menjalankan program atau mencari file di komputer lebih lambat karena file–file yang dibutuhkan berpindah lokasinya atau acak–acakan. Dalam melakukan kegiatan mendefrag disk ini anda sudah tidak perlu membutuhkan software tambahan atau mendownload terlebih dahulu karena pihak Windows sudah mempersiapkan fitur ini melakukan defrag disk. Fitur defrag disk dapat anda lakukan dengan mengikuti cara defrag disk di komputer sebagai berikut:

Baca juga: Cara mengetahui spesifikasi komputer atau laptop

1. Buka My Computer dan pilih Disk anda yang ingin di Defrag Disk

Disk tersebut bisa anda pilih seperti Local Disk C: atau Local Disk D: dan seterusnya, dalam pemilihan ini anda hanya cukup menekannya sekali sehingga tidak membuka isi dari Disk yang dipilih.

2. Klik kanan dan pilih Properties
3. Pindah ke kolom Tools
4. Pilihlah Defragment Now …
5. Tunggu sampai prosesnya selesai

Dalam Windows XP kita dapat melihat diagram Defrag yang berwarna biru, merah, hijau dan putih. Cara mendefrag disk di komputer sangat mudah untuk dilakukan, karena anda sudah tidak perlu mendownload software tambahan untuk melakukan defrag disk.

Mungkin hanya itu cara mendefrag disk di komputer dengan mudah, semoga anda semua berhasil melakukannya, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

4 Responses

  1. author

    Pintar Sekolah13 Juni, 2017 at 21:15Reply

    Saya baru tahu nih pengertian defrag hehe, ternyata berakibat fatal juga ya kepada kinerja komputer kita gan

  2. author

    Muhammad Kirdun20 Juli, 2017 at 07:44Reply

    Wahhh menarik yaa.. Saya jadi ngerti cara mendefrag

  3. author

    Bagus Surochman21 Juli, 2017 at 20:19Reply

    Sedikit tambahan… Melakukan defrag sama halnya menata ulang file atau komponen pada system yang berantakan untuk ditata kembali pada posisinya. Dengan begini kinerja pada perangkat komputer maupun laptop menjadi lancar kembali. Hanya saja ketika melakukan defrag sangat tidak disarankan untuk melakukan kegiatan pada komputer / laptop. Jadi pada saat mendefrag, kita biarkan saja komputer atau laptop kita untuk terlebih dahulu menyelesaikan tugas defragnya.

    • author Author

      TeknologiRAF22 Juli, 2017 at 18:11Reply

      Terima kasih mas Bagus Surochman untuk tambahannya.

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.