Cara Mengambil Foto Yang Bagus Dengan HP

Cara mengambil foto yang bagus dengan HP – Kita hidup di zaman teknologi berkembang sangat pesat. Hampir setiap orang yang kita jumpai memegang gadget masing-masing, paling umumnya adalah HP. HP sangat berperan penting bagi kita. Salah satu dari peranannya adalah dengan fitur kamera yang dimiliki HP sehingga kita bisa mengabadikan momen berharga kita.

Mengambil foto sudah lumrah terjadi, bahkan terkadang dianggap sebagai keharusan untuk mengambil foto, khususnya pada anak-anak remaja. Sayang, banyak orang masih minim pengetahuan tentang cara mengambil foto yang bagus dengan hp sehingga kualitas fotonya bagus. Mereka hanya asal mengambil, jepret, jadilah foto yang mereka anggap sudah ‘cukup’.

Padahal jika hasil foto mereka akan jauh lebih bagus, jika mereka mengetahui caranya walaupun hanya dengan HP.

Karena itu, TeknologiRAF kali ini membahas tentang cara mengambil foto yang bagus dengan HP. Barangkali salah satu di antara pembaca bisa terinspirasi dalam mengambil foto, jadinya kualitas fotonya bagus. Lalu ketika di upload ke Instagram, mendapat like dan popularitas yang lebih banyak, hehehe…

8 Cara Mengambil Foto Yang Bagus Dengan HP

1. Selalu Siap Dalam Segala Keadaan

Dunia ini banyak momen indah, hal unik, menarik, dan bernilai estetis. Banyak sekali! Tapi sering kali kita kehilangan kesempatan untuk mengabadikan momen-momen itu. Karena itu kita harus cepat tanggap dalam banyak keadaan untuk menjepret foto. Kebanyakan dari kita sudah memiliki HP, kita hanya harus bersiap untuk memotret hal indah itu. Paling tidak kita jangan menaruh HP kita di tempat yang agak ribet untuk diambil, sehingga momen indah itu habis, hilang, pergi hanya karena kita terlalu sibuk mengeluarkan HP kita.

Kita bisa taruh HP kita dalam saku, jadi lebih gampang untuk mengeluarkan dan langsung mengambil foto. Tapi ingat, waspada selalu atas kehilangan HP kita.

2. Ambil Foto Yang Memiliki Nilai Estetis Yang Kuat

Foto adalah gambaran, cerminan, jendela yang memperlihatkan cerita masa lalu yang tidak berubah di dalamnya. Mengambil foto berarti kita menangkap, menaruh cerita tersebut ke suatu bingkai yang bisa kita lihat masa ke masa.

Semakin bermakna foto yang kita potret, semakin bagus kualitas fotonya, maka foto itu akan memiliki nilai estetika yang sangat tinggi, dan memiliki pesan yang dalam. Karena itu foto juga bisa berbicara pada kita, tergantung pada kedalaman pesan yang ada dan keindahan yang tinggi.

3. Amati Keadaan Dan Cermati Momen Yang Tepat Untuk Memakai Filter Kamera

HP dengan kamera terbaik banyak memiliki fitur filter dalam kamera. Filter kamera pada HP berguna untuk mengubah karakteristik cahaya yang masuk pada kamera, dan memberi efek cahaya khusus untuk kamera tersebut. Tentunya ini sangat berguna jika kita ingin memantapkan jepretan foto kita. Ada banyak macam filter kamera HP, masing-masing dengan karakteristik yang berbeda. Amati keadaan objek kamera dan pikirkan manakah yang lebih cocok untuk dipakai suatu filter.

Semisal kalau kita berada di klub malam, dengan sorotan lampu LED dan berbagai lampu neon. Maka jangan kita gunakan filter black & white (hitam putih) untuk mengambil foto. Justru hal tersebut hanya merusak nilai estetika foto.

4. Atur Cahaya Penerangan Sekitar Agar Hasil Foto Tidak Gelap

Cara mengambil foto yang bagus dengan hp yang ke-empat adalah dengan mengatur cahaya penerangan. Cahaya penerangan adalah salah satu bagian penting dalam mengambil foto yang bagus dengan HP. Banyak orang awam tentang fotografi yang menjepret bagian depan objek foto dalam keadaan membelakangi sinar cahaya. Apa yang terjadi? Objek hasil foto tersebut menjadi gelap, karena kita justru mengambil foto bayangan dari objek foto tersebut.

Kalau kita ingin mengambil foto yang sekiranya objek foto tersebut terlihat dengan jelas, perhatikan sumber penerangan, jangan membelakanginya.

Dan kalau memungkinkan, atur intensitas cahaya penerangan sehingga cahaya tidak terlalu redup, juga tidak terlalu terang.

5. Perhatikan Background Foto. Sangat Penting!

Nah, inilah salah satu kesalahan fatal yang merusak keindahan sebuah foto. Background sangat penting dalam nilai keindahan foto. Banyak objek foto yang sebenarnya bagus, tapi justru dirusak dengan background yang kurang tepat dan layak. Pengambil foto harus mengetahui hal ini karena di sinilah salah satu faktor besar penentu keindahan foto.

Suatu contoh, kalau kita ber-selfie dengan gaya keren dan rapi dengan latar belakang rak buku misalnya, maka rak buku itu harus tersusun rapi. Sehingga hal itu akan menambah nilai keindahan hasil selfie tersebut. Bagaimana jika rak buku itu amburadul bak kapal pecah? Justru hal itu merusak keindahan foto. Karena itu sangat penting bagi kita untuk memperhatikannya.

6. Perhatikan Sudut Pengambilan Foto

Terkadang hasil objek foto satu orang yang bergaya sangat membosankan dan datar ketika kita mengambil fotonya dari arah depan. Padahal kalau kita ambil foto tersebut dari angle yang lain bisa menjadikan hasil lebih ‘berwarna’ dan lebih wah. Karena itu, belajarlah untuk tidak hanya mengambil foto dari satu arah saja, belajar mengambil dari arah yang berbeda juga.

7. Hindari Gerakan dan Zoom Terlalu Banyak

Mengambil foto itu harus dengan santai, tidak perlu terlalu kaku. Pengambil foto harus menghindari banyak gerak dan getaran pada tangan ketika akan menjepret foto. Karena itu hanya akan membuat hasil foto tidak fokus, blur. Sama halnya ketika zoom. Fungsi zoom memang baik untuk mendekatkan objek yang jauh.

Tetapi, semakin banyak kelipatan zoom yang kita gunakan, semakin rentan kamera kita mendapat banyak gerakan dan getaran, dan semakin sulit untuk mendapatkan foto yang tetap fokus dan tidak blur dengan kelipatan zoom yang banyak. Jika objek foto terasa jauh dari keinginan, lebih baik mendekat saja dengan melangkah pada objek dan menghindari zoom.

8. Edit Hasil Foto Sebelum Kita Share

Cara mengambil foto yang bagus dengan hp terakhir ini pasti sering dilakukan oleh Anda, terutama kaum hawa. Supaya berjaga-jaga, kita bisa mengedit hasil foto kita agar foto tersebut lebih mantap dan indah.

Atau kalau kita mengambil banyak foto, kita bisa menyeleksi dulu di antara foto yang layak untuk dipublikasikan. Bisa jadi sebagian foto ada yang kurang penerangan, blur, atau objek fotonya terasa kurang berkenan. Karena itu edit, seleksi sebagai langkah akhir dalam mengambil foto sebelum dipublikasikan.

Tentunya kita pasti malu kalau foto yang kita share justru adalah foto yang jelek, atau bahkan memalukan.

Demikian tips atau cara mengambil foto yang bagus dengan hp yang bisa saya berikan dalam artikel ini.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.