Penyebab dan Cara Mengatasi Blue Screen Pada PC Windows

Tips dan Trik 0

Solusi Laptop yang Mengalami Hang dan Blue Screen – Apa sebenarnya blue screen itu? Mungkin kalian pernah mengalami ketika sedang menggunakan laptop atau komputer lalu tiba-tiba hang dan layar berubah menjadi biru. Dari sanalah istilah blue screen itu berasal, sebenarnya kita juga bisa menyebutnya sebagai Blue Screen of Death. Secara sederhana blue screen bisa di definisikan sebagai akibat dari Windows yang mengalami crash parah sehingga memaksanya untuk berhenti bekerja.

Baca juga: Cara mengoptimalkan laptop baru

Saat mengalami blue screen, laptop akan menampilkan layar biru disertai dengan pesan / teks tentang error yang sedang terjadi. Blue screen bukan hanya bisa terjadi saat kita menggunakan laptop saja. Bahkan saat komputer melakukan start up atau pun booting, bisa saja ia mengalami blue screen karena kerusakan pada hardware atau pun software yang terjadi. Lalu bagaimana solusi dan cara mengatasi blue screen yang sering menimpa laptop?

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan komputer mengalami hang ataupun blue screen. Untuk bisa memperbaiki serta mencari solusi yang tepat, kita harus memahami terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Pada dasarnya blue screen terjadi karena adanya crash ataupun error baik itu dari software maupun hardware. Selain dari dua hal tersebut laptop juga bisa mengalami blue screen karena adanya gangguan dari malware maupun virus yang bersarang.

 

Solusi  dan Cara Mengatasi Bluescreen Pada Windows

Penyebab Blue Screen Pada PC Windows

Gambar untuk Penyebab Blue Screen Pada PC Windows

Ada banyak cara untuk memperbaiki komputer yang sering mengalami blue screen atau pun error. Tutorial berikut bisa kalian terapkan untuk OS windows XP, Windows 7, 8 ataupun 10.

Lakukan restart pada laptop

Pertolongan pertama untuk komputer atau PC yang mengalami blue screen adalah dengan melakukan restart. Jika layar sudah menunjukkan tampilan biru, kalian tekan tombol power hingga laptop benar-benar mati. Kemudian nyalakan kembali dan tunggu hingga proses booting selesai. Umumnya cara ini akan berhasil untuk mengatasi blue screen dan crash akibat dump memory atau kesalahan sistem. Jika setelah menggunakan cara ini namun laptop tetap mengalami blue screen saat start up, silahkan lanjut ke tutorial selanjutnya.

Gunakan Safe Mode dan System Restore

Kali ini kita akan memanfaatkan fitur safe mode yang ada pada windows, cara ini cukup ampuh dan banyak digunakan oleh mereka yang sering mengalami error.

  • Pertama matikan komputer saat mengalami blue screen dengan menekan tombol power. Pastikan hingga lampu indicator sudah menandakan bahwa laptop benar-benar mati sepenuhnya.
  • Nyalakan kembali dengan menekan tombol power, saat proses booting sedang bejalan tekan tombol F8.
  • Setelah muncul menu kalian pilih saja safe mode untuk masuk ke mode aman.
  • Setelah berhasil masuk ke safe mode, klik Start > Control Panel > System & Security > Open System Restore > Pilih Next > Next lagi > kemudian Finish > Yes.
  • Setelah itu laptop akan melakukan restart sendiri, silahkan tunggu proses bootingnya selesai dan muncul home screen seperti biasa. Cara ini cukup efektif untuk memperbaiki komputer yang sering blue screen.

Gunakan metode Repair Windows

Jika menggunakan safe mode saja ternyata belum cukup untuk mengatasi blue screen pada laptop. Kita akan menggunakan cara lebih lanjut yaitu dengan merepair windows nya agar error dan crash yang sering terjadi bisa hilang. Namun untuk cara ini kalian butuh CD berisi OS windows yang akan digunakan untuk merepair. Jika memang blue screen yang terjadi karena ada data windows yang corrupt, maka ini adalah solusi yang tepat.

Scan Virus dan Malware

Masih tetap belum menemukan solusi laptop mengalami blue screen? Mungkin masalahnya bukan pada hardware maupun softwarenya melainkan ada virus dan malware yang mengganggu kinerja laptop tersebut. Nah solusi tepatnya tentu saja dengan melakukan scanning terhadap malware dan virus yang mungkin bersarang disana. Silahkan lakukan scanning dengan antivirus andalan kalian.

Lakukan pengecekan pada Hardware

Blue screen terjadi akibat adanya crash baik itu dari software maupun hardwarenya. Jadi pastikan semua komponen hardware dalam keadaan baik dan bekerja secara sempurna. Jika ada salah satu komponen yang tidak bekerja dengan baik tentu akan menggangu performa laptop secara keseluruhan. Misalnya HDD yang mengalami bad sector atau RAM yang telah aus dan lain sebagainya.

Lakukan Install Ulang pada Windows

Jika semua cara diatas tidak berhasil dan blue screen masih sering terjadi, cara terakhir yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan install ulang. Hal ini akan memperbarui sistem operasi secara keseluruhan sehingga jika ada bug ataupun corrupt pada data akan diperbaiki. Silahkan lakukan install ulang seperti biasanya, kalian bisa gunakan CD ataupun flashdisk.

Baca juga: Cara menghilangkan malware Facebook Messenger

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi blue screen pada Windows. Tutorial diatas bisa menjadi solusi ampuh untuk memperbaiki error dan hang yang sering terjadi pada komputer kalian. Tunggu terus artikel Tips dan Trik selanjutnya dari TeknologiRAF.

Tags:

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.