5 Cara Mengatasi LAG Bermain Game Android Tanpa Root

Tips dan Trik 0

Cara mengatasi lag ketika bermain game di Android – Jika anda para gamers mungkin aktifitas gaming adalah aktifitas yang paling sering anda lakukan, bermain game di pc, laptop, sampai smartphone Android.

Sekarang ini sudah banyak game hd yang bisa anda mainkan di Android anda, namun sayangnya hampir semua game hd tersebut memerlukan spesifikasi Android yang harus cukup tinggi. Jika anda memaksakan Android anda untuk bermain game HD padahal spesifikasinya kurang mumpuni, maka nanti akan ada efek negatifnya pada smartphone Android milik anda tersebut.

Jika anda sudah terlanjur memiliki smartphone Android dengan spesifikasi yang kurang mumpuni untuk memainkan game HD seperti Ashpalt 8, Doom, dll. Maka anda tidak perlu sedih, karena disini TeknologiRAF sudah membuat solusinya, nah berikut adalah 5 cara mengatasi lag ketika bermain game di Android.

1. Hentikan aplikasi yang tidak diperlukan

Cara yang pertama ini adalah cara yang paling sederhana dari beberapa cara pada daftar ini. Karena anda hanya menghentikan beberapa aplikasi saja yang menurut anda sudah tidak diperlukan, cara ini juga dapat menghemat penggunaan RAM pada smartphone kesayangan anda. Caranya pun sangat mudah, ikuti cara berikut.

Baca juga: Tips Gambar Bagus Saat Foto Menggunakan Smartphone

Pertama, anda harus masuk pada menu “Pengaturan” terlebih dahulu.

Kedua, setelah masuk menu “Pengaturan” lalu pilih menu “Manajer Aplikasi“.

Paksa Berhenti Aplikasi

Tampilan pengaturan Android

Setelah itu silahkan anda pilih mana aplikasi yang ingin di hentikan secara paksa.

Paksa Berhenti Aplikasi Android

Tampilan dari menu Manajer Aplikasi

Terakhir, silahkan anda tekan pilihan “Paksa Berhenti

Paksa Berhenti Glow Hockey

Tampilan aplikasi yang ingin di hentikan

2. Menggunakan aplikasi Game Booster & Launcher

Cara kedua adalah kita harus menggunakan aplikasi dari Google Play Store yang berjudul Game Booster & Launcher, jika anda ingin mendownloadnya klik link Download Game Booster & Launcher disini. Berikut adalah caranya.

  1. Pastikan bahwa anda sudah mendownload aplikasinya, untuk link download silahkan klik link tadi diatas,
  2. Lalu silahkan buka aplikasi yang berjudul “Booster” jika muncul notifikasi, maka klik Accept saja,
  3. Setelah itu anda dapat menambahkan game yang ingin anda booster dengan aplikasi ini, dengan menekan pilihan “+” lalu centang beberapa game yang ingin anda boost,
  4. Tunggu beberapa saat, karena aplikasi ini sedang bekerja,
  5. FINISH, silahkan anda buka game yang sudah di boost tadi, dan rasakan perbedaannya.

3. Buang game atau aplikasi yang jarang dijalankan

Game Android Terpopuler

Gambar dari kumpulansoalips.blogspot.com

Jika anda sering sekali mendownload banyak sekali game ataupun aplikasi, namun saking banyaknya anda malah jarang membukanya, itu lah salah satu penyebab mengapa Android anda nge-lag ketika sedang bermain game.

Untuk itu anda harus menghapus atau membuang beberapa game atau aplikasi yang menurut anda sudah tidak dibutuhkan atau jarang dipakai lagi.

Karena jika banyak aplikasi atau game yang ter-install akan membuat ruang dalam Android anda semakin sempit, dan berdampak pada kinerja Android anda.

4. Bersih-bersih Cache

Semua aplikasi pasti akan menyimpan cache, cache tersebut sebenarnya bisa dihapus, namun banyak orang yang tidak perduli dengan cache, padahal cache di dalam Android-nya sudah banyak sekali, terutama dari aplikasi chat atau media sosial seperti BBM, Line, Whatsapp, dll. Maka dari itu, agar kinerja Android anda semakin baik anda harus menghapus cache yang disimpan.

5. Menggunakan aplikasi Seeder

Cara terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi kedua yaitu, Seeder. Anda bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di Google Play Store. Berikut cara menggunakan aplikasi ini.

  1. Anda harus mendownload terlebih dahulu di link berikut Seeder Google Play Store,
  2. Buka aplikasi “Seeder“,
  3. Ubah Light menjadi Aggresive, lalu silahkan anda tekan tombol “Mati“, lihat sampai bewarna hijau,
  4.  Dan SELESAI, aplikasi Seeder sudah bekerja dengan baik.

Nah, dari 5 cara mengatasi game lag di Android, anda dapat memilih satu saja, jika cara pertama belum berhasil, maka lanjut ke cara kedua, dan seterusnya. Sebenarnya anda juga harus melihat spesifikasi dari Android anda. Semoga berjalan dengan mulus, share artikel ini agar teman-teman, keluarga anda dapat membacanya.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Kamera HP Buram

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.