Tips dan Trik

5 Cara Mengatasi RAM Android Selalu Penuh 100% WORK

5 Cara Mengatasi RAM Android Selalu Penuh

Cara mengatasi RAM Android penuh – RAM adalah salah satu komponen yang sangat penting guna mendukung kinerja dari smartphone Android anda. Yups sama juga seperti komputer bila RAM penuh maka kinerja smartphone Android anda juga akan semakin lambat. Anda harus menghemat-hemat RAM anda agar kinerja dari smartphone Android anda tidak menjadi semakin lambat, sehingga jika anda ingin bermain game maka akan terasa berat atau ngelag.

Jika anda membutuhkan banyak aplikasi dan game di smartphone Android anda, maka anda harus mempunyai Android yang mendukung semua hal itu, agar kinerj Android anda tidak menjadi lambat, sehingga ketika anda sedang membuka banyak aplikasi dan memainkan game akan terasa ringan-ringan saja, tidak ada kendala, sehingga anda akan merasa nyaman. Untuk itu jika anda mempunyai smartphone Android yang hanya mempunyai RAM sebesar 1 GB bahkan 512 MB, maka anda harus mengirit-irit RAM atau ROM dari smartphone Android anda.

Baca juga: Cara Mengakses Deep Web Tanpa Tor Browser

Nah, disini TeknologiRAF sudah menyediakan artikel untuk membantu anda dalam masalah ini, berikut adalah cara mengatasi RAM Android selalu penuh, simak penjelasan berikut.

1. Uninstall aplikasi atau game yang sudah tidak terpakai

Banyak sekali para pengguna smartphone Android di Indonesia yang menginstall banyak aplikasi atau game walaupun memiliki peranan yang sama.

Misalnya saja seperti aplikasi chatting, banyak orang Indonesia yang mendownload banyak aplikasi chatting dalam 1 smartphone dan pasti ada salah satu aplikasi yang tidak dipakai, namun masih saja di install di smartphone Android tersebut.

Nah, jika seperti itu terus menerus maka smartphone Android anda pasti akan mengalami ngelag ketika sedang melakukan suatu kegiatan, karena RAM sudah penuh.

Untuk itu jangan lah menginstall banyak aplikasi yang memiliki peranan yang sama, sehingga akan menghabiskan kuota anda ketika mendownload, dan akan memenuhi memori dan RAM anda.

Segera untuk uninstall aplikasi atau game yang sudah tidak anda pakai lagi sekarang juga!!!.

2. Berhentikan aplikasi dengan paksa

Jika anda sedang tidak ingin menggunakan suatu aplikasi, maka agar RAM anda tidak penuh segeralah untuk mengehentikan secara paksa aplikasi tersebut. Caranya adalah masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Menjalankan > Pilih nama aplikasi yang ingin dihentikan > klik Paksa Berhenti. Selesai.

3. Hindari penggunaan widget & live wallpaper yang berlebihan

Penggunaan widget dan live wallpaper di smartphone Android anda memang akan menambah keindahan dari smartphone milik anda tersebut. Namun ingat juga jika smartphone Android anda sudah mulai terasa lambat kinerjanya, maka anda harus menghindari penggunaan widget & live wallpaper yang terlalu berlebihan.

Gunakan saja widget yang sering anda gunakan fiturnya.

4. Hapus cache aplikasi anda dengan teratur

Apakah anda pernah merasa bahwa tiba-tiba smartphone Android anda menjadi lemot atau lambat dalam memproses suatu kegiatan? Namun tidak merasa 3 hal diatas anda lakukan? Nah, hal ke empat ini memang sering dianggap sepele oleh pengguna smartphone khususnya Android.

Karena bisa jadi cache adalah masalah yang menyebabkan itu semua. Untuk itu anda harus rutin untuk menghapus cache. Terutama cache browser dan aplikasi chatting.

Maka dari itu anda harus menghapus cache dengan rutin minimal 1 minggu 2 kali.

5.  Menggunakan aplikasi booster

Aplikasi booster dapat mempercepat kinerja dari smartphone Android anda ketika sedang menjalankan suatu aplikasi atau game. Anda dapat mendownload aplikasi booster di Google Play Store dengan GRATIS. Karena banyaknya aplikasi booster di Google Play Store seperti XBooster, Clean Master, CM Booster.

Baca juga: Cara Mengganti Proxy di Mozilla Firefox

Banyak pengguna Android yang menggunakan Clean Master, karena memang sangat membantu sekali dalam memudahkan smartphone Android anda.

Nah, itulah tadi 5 cara mengatasi RAM Android yang selalu penuh. Ingat! Anda juga harus memperhatikan spesifikasi dari smartphone Android anda, jika spesifikasinya low-end maka anda jangan install game high-end atau menggunakan banyak aplikasi yang akan memperberat kinerja dari smartphone Android anda tersebut.

4 Comments

4 Comments

  1. monyoku

    14 Juni, 2017 at 05:36

    Terkadang saya merasa iOS dan Adroid memiliki banyak perbedaan dan masalah satu ini, di saat saya menggunakan perangkat iOS tidak ada kendala untuk membuka aplikasi banyak beda hanya dengan android mungkin spesfifikasi perngkat yang saya gunakan berbeda ya.

  2. noeylab

    14 Juni, 2017 at 07:02

    Akhirnya disini ketemu caranya..trims ya mas.

  3. Faza

    14 Juni, 2017 at 22:27

    Thx infonya gan. Membantu nih.

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.

Paling Populer

Teknologiraf adalah media paling kece dan update tentang tips, trik, tutorial, download, dan seputar dunia teknologi. Didirikan tahun 2016.

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain

Copyright © 2016 - 2017 TeknologiRAF | Explore Your Technology

To Top