Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word

Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word – Mengatur ukuran kertas pada dokumen yang sahabat TeknologiRAF buat di Microsoft Word, merupakan suatu keharusan yang sahabat harus bisa jika ingin menghasilkan print out yang sesuai. Selain itu, supaya sahabat tidak mengedit ulang pada jenis kertas yang sahabat pilih ketika hendak melakukan print out (mencetak dokumen).

Di Microsoft Office Word sendiri sudah banyak tersedia jenis ukuran kertas, jadi sahabat tidak perlu bingung berapa ukuran dari jenis kertas tersebut. Beberapa jenis dan ukuran kertas yang ada pada MS Word adalah sebagai berikut:

Baca juga: Tips Menghapus Informasi Pribadi Di Internet

  • Ukuran Kertas Letter = 21,59 cm x 27,94 cm
  • Ukuran Kertas Tabloid = 27,94 x 43,18 cm
  • Ukuran Keras Legal = 21,59 cm x 35,56 cm
  • Ukuran Kertas A3 = 29,7 cm x 42 cm
  • Ukuran Kertas A4 = 21 cm x 29,7 cm
  • Ukuran Kertas A5 = 14,8 cm x 21 cm
  • Dan masih banyak lagi

Namun di MS Word 2007 tidak tersedia untuk pilihan jenis kertas F4, mungkin di MS Word versi lainnya ada. Nah jika di versi yang sahabat gunakan tidak ada, untuk ukuran kertas F4 adalah 21,59 cm (width) dan 33,2 cm (height). Sahabat harus mengaturnya sendiri.

Jenis kertas F4 dan A4 ini adalah jenis ukuran yang sering dan banyak digunakan untuk membuat makalah, laporan atau lembar dokumen lainnya. Fungsi bisa mengatur ukuran kertas ini supaya agar tidak banyak bagian kosong di kertas hasil print out / agar hasil print out sesuai dengan yang ada pada lembar dokumen Word sahabat.

Untuk itu, silahkan sahabat simak bagaimana cara mengatur ukuran kertas pada Microsoft Word.

Cara mengatur ukuran kertas di Microsoft Word 2007

1. Buka Microsoft Office Word sahabat,

2. Pilih Page Layout pada menu toolbar ms word sahabat,

3. Kemudian sahabat klik bagian Size dan pilih More Paper Sizes….

Cara mengatur ukuran kertas di Microsoft Word 1

Default dari pertama sahabat membuka MS Word ukuran kertasnya adalah jenis A4, untuk itu jika menginginkan hasil yang berbeda silahkan pilih More Paper Size.

4. Atur ukuran kertas.

Di sini saya akan mengatur ukuran kertas pada jenis F4, berhubung di Microsoft Word tidak tersedia, maka saya akan memasukkan ukurannya yang sudah saya tuliskan di atas, yaitu 21,59 cm untuk width dan 33,2 cm untuk height. Nah sebagai berikut:

Cara mengatur ukuran kertas di Microsoft Word 2

Pada bagian yang saya beri tanda panah, itu menandakan bahwa ukuran kertas jenis F4 tidak ada pada MS Word 2007, maka setelah memasukkan ukuran akan berganti Custom Size.

Baca juga: Tips melacak nomor HP untuk mengetahui identitasnya

Dan setelah mengatur, silahkan klik OK, kemudian silahkan sahabat ketik isi dokumen sahabat pada lembar dokumen MS Word. Jika sahabat mempunyai dokumen yang lembar dokumennya jenis A4 dan sahabat ganti F4, maka sahabat harus mengkoreksi lagi dan mengeditnya.

Nah itulah tutorial cara mengatur ukuran kertas di word, semoga bermanfaat untuk sahabat.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.