Cara Mengetahui Jumlah Backlink Situs Kita | TeknologiRAF

Cara mengetahui jumlah backlink situs kita – Siapa sih yang gak tau backlink? Sesuatu yang paling dicari untuk meningkatkan kualitas website tersebut, tanpa backlik rasanya gak gaul, tanpa backlink rasanya gak mantap.

Kok gitu min? Selain untuk mempercantik blog itu sendiri, backlink juga mempengaruhi tingkat SEO blog atau website milik kita, menaikkan posisi blog kita di serp, mendapatkan pagerank (sekarang sudah tewas), dan masih banyak lagi lainnya.

Ada beberapa cara untuk mengetahui jumlah dari keseluruhan backlink kita, tapi saya hanya menjelaskan 2 saja. Yaitu dengan Alexa dan generator jumlah backlink. Yap, langsung ke penjelasannya.

Cara Mengetahui Jumlah Backlink Situs

1. Dengan Alexa

Alexa memang sangat terkenal di kalangan Blogger, Wapper, Web Developer, dll. Selain menentukkan peringkat suatu website, Alexa juga dapat memberikan beberapa info seputar website yang telah di verifikasi ke Alexa sendiri. Seperti tingkat bouncing, page view, kecepatan blog, dan jumlah backlink tentunya.

Untuk mengetahui jumlah backlink kalian bisa masuk ke http://alexa.com/siteinfo/alamatbloganda. Gulir ke bawah, lihat bagian Links In, disanalah jumlah backlink mu, tertera juga dari mana saja backlink mu berasal… Kok sedikit?? Itu yang terindex hanya backlink dofollow, yang nofollow tidak di hitung di sana.

Berikut adalah contoh melihat jumlah backlink dengan masuk ke halaman http://alexa.com/siteinfo/teknologiraf.com. Tinggal ganti saja tulisan teknologiraf.com dengan URL blog milik anda.

Terus bagaimana cara mengetahui jumlah backlink secara keseluruhan?? Yang dofollow dan juga nofollow?? Kalau itu lanjut ke bagian yang ke-2.

2. Dengan Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu layanan yang memanjakan para web developer, blogger, serta profesi lainnya yang membutuhkan website. Banyak sekali fitur-fitur unggulan yang terdapat pada Ahrefs. Berikut contohnya.

Baca juga: 3 langkah optimasi artikel blog

1. Content Explorer
2. Crawl Report
3. New and Lost Backlinks
4. Link Intersection
5. Domain Comparison Tool
6. Position Tracker
7. Batch Analysis
8. Site Explorer
9. Position Explorer

Banyak sekali orang yang telah mempercayai Ahrefs, biasanya pengguna tersebut menggunakan Ahrefs untuk mengintip backlink website lain, beserta keywordnya. Ini sangat berguna jika anda adalah pengurus atau pemilik situs website.

Nah, jika anda sebelumnya hanya memanfaatkan Ahrefs untuk melihat backlink website sendiri maupun kompetitor, maka anda harus mencoba fitur-fitur unggulan milik Ahrefs lainnya.

Oiya, untuk langkah-langkah cara mengetahui jumlah backlink melalui Ahrefs sebagai berikut.

Ikuti langkah-langkah nya berikut ini:

– Pertama tama bukalah www.ahrefs.com
– Kemudian masukkan URL blog mu ke kolom yang disediakan
– Kemudian klik Try It For Free

Nah, sudah kelihatan kan berapa jumlah backlink keseluruhan blog milik kamu. Jangan kaget kalau ternyata sampai ribuan, tapi yang di Alexa cuma puluhan. Ingat! Tidak semua backlink terindex dofollow, meskipun tidak pakai atribut rel=”nofollow”, backlink tersebut belum tentu dofollow.

Sampai sini dulu artikel singkat kali ini, di tunggu komentar cerdasnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat. Sampai ketemu di postingan selanjutnya…

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

3 Responses

  1. author

    ichsanamri12 September, 2017 at 20:28Reply

    Kalo saya tau nya pake Alexa doang gan.

  2. author

    heru novianto12 September, 2017 at 21:21Reply

    Mantap mas membantu banget artikel nya, sekarang jadi tau berapa banyak nya backlink di situs kita..

    • author Author

      TeknologiRAF14 September, 2017 at 20:34Reply

      Mantap mas. Berapa tuh hehehe…

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.