Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop Dengan Mudah

Cara mengetahui spesifikasi komputer atau laptopKomputer atau laptop tentunya memiliki spesifikasi atau perincian jenis dan level komponen yang berbeda–beda. Agar dapat menjalankan suatu program kita harus melihat spesifikasi komputer apakah kuat atau tidak untuk menjalankan program tersebut. Biasanya spesifikasi dilihat pada saat menginstall perangkat lunak, game, atau memasang suatu perangkat baru.

Ingin bermain game misalnya, dalam menginstall gamenya mungkin bisa, tetapi untuk memainkannya belum tentu semua komputer atau laptop bisa. Mengapa begitu? Karena game–game yang ingin dimainkan mungkin membutuhkan spesifikasi yang tinggi agar dapat menjalankannya, sedangkan komputer atau laptop yang dimiliki oleh anda hanya dapat menjalankan game–game yang membutuhkan spesifikasi sedang / menengah sampai rendah.

Baca juga: 7 Cara merawat layar smartphone

Agar dapat menghindari hal itu tentunya kita harus mengetahui spesfikasi komputer atau laptop kita terlebih dahulu agar kita tahu mana game yang dapat dijalankan mana game yang tidak dapat dijalankan. Berikut ini cara mengethaui spesifikasi komputer atau laptop dengan mudah:

1. Gambar yang tertera

Mengetahui spesifikasi komputer via gambar yang tertera

Gambar dari laptopsecondmalang.com

Kebanyakan laptop biasanya terdapat stiker yang bertuliskan Intel, AMD, atau Nvidia dibawah keyboard atau disamping touchpad, stiker–stiker tersebut adalah spesifikasi komputer yang dapat anda lihat dengan mudah.

2. System properties

Mengetahui spesifikasi komputer via system properties

Anda dapat melihat system properties dengan membuka My Computer / Local Disk C: lalu mencari tab yang bertuliskan System properties. Di System properties anda dapat melihat dengan mudah spesifikasi komputer yang anda miliki seperti sistem operasi, RAM, Processor, dan lain-lain.

3. DxDiag

Mengetahui spesifikasi komputer via DxDiag

DirectX Diagnostic Tool adalah alat / tool yang dapat melihat informasi secara detail dengan komponen DirectX yang terinstall di komputer atau laptop yang anda punya. Caranya tekan Windows + R (Membuka Run), lalu ketikkan DxDiag dan OK.

Mengetahui spesifikasi komputer via DxDiag 2

4. Software

Untuk melihat lebih detail anda juga dapat menggunakan software, di dalam software tersebut anda dapat melihat secara detail spesifikasi komputer yang anda miliki karena software tersebut dirancang khusus untuk melihat dan membaca perangkat keras maupun lunak yang terdapat dikomputer anda.

Baca juga: Fitur WhatsApp yang wajib diketahui

Anda dapat melihatnya software apa saja yang dapat digunakan di software untuk melihat spesifikasi komputer atau laptop, bisa juga anda klik link berikut http://teknologiraf.com/software-untuk-melihat-spesifikasi-komputer-atau-laptop/.

Itulah tadi cara mengetahui spesifikasi laptop atau komputer, menurut saya lebih mudah untuk melihatnya via system properties, karena caranya yang cukup mudah untuk dilakukan, dan tidak memakan waktu yang banyak, serta akurat.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

2 Responses

  1. author

    Pintar Sekolah13 Juni, 2017 at 21:13Reply

    Saya sih biasanya lihat spesifikasi laptop dari dxdiag, soalnya kalo sekedar lihat stiker gambar itu kurang lengkap, hehe

    • author Author

      TeknologiRAF14 Juni, 2017 at 22:11Reply

      Iyaa, emang bener, melihat spesifikasi via DXDIAG lebih akurat, dan lengkap.

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.