Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Cepat Tanpa Melihat

Tips dan Trik 0

Cara mengetik 10 jari – Halo semua pengunjung blog TeknologiRAF, pada postingan kali ini saya akan berbagi seputar tips dan trik.

Pada era globalisasi sekarang ini, pastinya kita harus bisa menguasai beberapa skill dalam bidang teknologi, karena pada zaman ini teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat.

Nah, contoh bidang teknologi yang harus anda kuasai adalah komputer atau laptop, seputar smartphone, dan internet.

Jika anda baru belajar menggunakan komputer, pastinya anda harus belajar mengetik 10 jari agar ketika anda ingin mengetik sesuatu akan terasal lebih cepat dan efisien.

Sebenarnya jika anda ingin menguasai skill mengetik 10 jari cara nya hanya lah belajar teknik dasar seperti penempatannya dan latihan yang rutin.

Sama seperti pisau, semakin diasah semakin runcing, namun jika tidak diasah akan tumpul.

Apalagi jika anda seorang pelajar atau mahasiswa yang sering mendapatkan tugas seperti PowerPoint, Word, Excel, dan lain-lain. Pastinya skill anda sangat dibutuhkan, bukan hanya itu, anda juga bisa terlihat lebih keren ketika jari anda menari-nari diatas keyboard anda. Nah sekarang mari simak cara mengetik 10 jari berikut ini.

Cara mengetik 10 jari dengan mudah dan cepat

1. Belajar dan Menghafal Fungsi dan letak jari pada keyboard

Cara pertama untuk dapat menulis dengan cepat dan tanpa melihat adalah belajar dan latihan mengenai fungsi dan letak setiap jari tangan pada keyboard.

Belajar mengetik 10 jari

Belajar mengetik 10 jari

Pada gambar diatas saya membagi 2 bagian keyboard, sesuai dengan jumlah tangan kita. Ada bagian kanan dan bagian kiri. Sudah saya bagi pula letak dan fungsi setiap jari tangannya.

Jika tidak terlihat silahkan klik gambar tersebut untuk melihat dengan ukuran penuh.

Untuk lebih jelasnya berikut saya jelaskan secara lebih detail.

Tugas Jari Tangan Kanan

– Jempol: Berfungsi untuk menekan spasi.
– Telunjuk: Berfungsi untuk menekan Y, U, H, J, N, M, 6, dan 7.
– Jari Tengah: Berfungsi untuk menekan tanda bintang (*) atau 8, I, K, dan lebih kecil (<). – Jari Manis: Berfungsi untuk menekan tanda buka kurung *(* atau 9, O, L, tanda lebih besar (>) atau titik (.), dan alt.
– Kelingking: Berfungsi untuk menekan tombol sisa dari tombol diatas, seperti P, backspace, delete, shift, dan tombol lainnya.

Tugas Jari Tangan Kiri

– Jempol: Berfungsi untuk menekan spasi. Anda dapat bergantian menggunakan jempol kanan atau kiri dalam menekan tombol spasi.
– Telunjuk: Berfungsi untuk menekan R, T, V, B, F, G, 4, dan 5.
– Jari Tengah: Berfungsi untuk menekan E, C, D, dan 3 atau tanda pagar (#).
– Jari Manis: Berfungsi untuk menekan W, X, S, dan 2 atau (@).
– Kelingking: Berfungsi untuk menekan tombol sisa pada keyboard bagian kiri, yaitu Q, A, Z, 1, Caps Lock, Shift, Enter, CTRL, Windows, dan lain-lain.

Anda harus sering belajar dan praktek agar lebih cepat jari anda hafal tempat-tempat tombol pada keyboard anda.

2. Menggunakan bantuan aplikasi belajar ngetik

Jika anda merasa skill cara mengetik 10 jari anda sudah mulai naik, maka anda juga harus mencoba metode kedua untuk belajar mengetik 10 jari, yaitu dengan bantuan aplikasi belajar ngetik 10 jari.

Banyak sekali tersedia software atau aplikasi untuk membantu anda meningkatkan kemampuan mengetik 10 jari baik itu GRATIS maupun BERBAYAR.

Baca juga: Cara memperkuat sinyal wifi

Contoh aplikasinya adalah RapidTyping, Kirans Typing Tutor, Typing Master Pro, Ultrakey, dan lain-lain.

3. Belajar via situs belajar ngetik

Bukan hanya aplikasi atau software nya saja. Situsnya pun juga ada, anda dapat memaksimalkan skill mengetik anda dengan bantuan beberapa situs.

Nah, banyak sekali situs belajar ngetik yang dapat membantu anda dalam proses belajar, contohnya adalah Typing.com, Typeonline.co.uk, Tipp10.com, Typeracer.com, dan lain-lain. Uniknya adalah kita bisa saling adu balap kecepatan mengetik 10 jari, karena lawan anda adalah orang dari belahan dunia lain, bisa dari luar negeri juga loh…

Nah, jika saya sudah menguasai semua trik dan cara mengetik 10 jari, apa saja manfaat yang akan saya dapatkan? Tenang, banyak kok manfaat yang dapat anda terima ketika sudah menguasainya.

Manfaat Skill Belajar Mengetik 10 Jari

1. Dapat mempercepat pengerjaan tugas

Pastinya jika anda adalah seorang pelajar, mahasiswa, bahkan orang kantoran pastinya pernah mendapatkan tugas yang harus di ketik pada komputer atau laptop anda. Biasanya pada masa-masa SMA hingga kuliah paling banyak tugas yang diberikan harus menggunakan komputer atau laptop, biasanya disuruh membuat Microsoft PowerPoint, Mircrosoft Word, dan Microsoft Excel.

Nah, jika anda sudah menguasai semua cara mengetik 10 jari, maka anda tida perlu cemas, karena anda dapat mengetik dengan cepat, walaupun sedang dikejar-kejar deadline.

2. Dapat membuka jasa pengetikan

Walaupun dapat dibilang jasa pengetikan di pinggir jalan kurang laku, namun jika anda membukanya di lingkungan anda, seperti lingkungan sekolah atau kampus, pastinya jasa pengetikan anda akan kebanjiran order dari teman-teman anda.

Apalagi jika anda sudah menguasai semua cara mengetik 10 jari, teman-teman anda yang memesan jasa pengetikan akan merasa puas dengan kinerja anda. Saran saya jika anda ingin membuka jasa pengetikan, asah terlebih dahulu skill mengetik 10 jari anda, jangan sampai mengecewakan para pelanggan anda.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat jika anda dapat menguasai cara mengetik 10 jari, selain dapat mempercepat pengerjaan tugas dan dapat membuka jasa pengetikan, namun karena keterbatasan jumlah kata dalam artikel ini, maka kita langsung masuk saja ke penutup artikel.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai cara mengetik 10 jari, kunci utama dalam belajar mengetik 10 jari adalah dengan menghafal letak dan tugas jari pada keyboard dan praktek secara rutin, agar otak dan jari anda semakin sinkron untuk mengetik dengan cepat dan tanpa melihat. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.