Tutorial dan Cara Menggunakan OS Mac Untuk Pemula

Tips dan Trik 2

Cara menggunakan OS Mac untuk pemula – Sistem operasi Mac merupakan salah satu dari beberapa OS yang paling banyak digunakan di dunia. Bagi kalian yang sudah terbiasa menggunakan Windows kemudian berpindah ke Mac, tentu saja akan mengalami sedikit kebingungan karena beberapa perbedaan antara kedua Operating System ini.

Kadang kala dibutuhkan cara yang sama untuk melakukan suatu perintah baik di Mac maupun Windows. Namun terkadang juga diperlukan cara yang berbeda dan cukup sulit untuk dilakukan bagi mereka yang masih awam dengan OS Mac. Maka dibutuhkan tutorial serta panduan dasar bagi pemula yang baru saja berpindah atau memang pertama kali memakai OS Mac.

Baca juga: Cara memutar lagu dengan lirik di komputer

Berikut ini kami telah mengumpulkan berbagai tutorial dasar tentang cara menggunakan dan mengoperasikan beberapa fitur dasar di sistem operasi Mac. Hal ini akan membantu kalian belajar cara memakai komputer atau laptop yang menggunakan Mac.

Cara menggunakan OS Mac untuk pemula

Cara membuka Activity Monitor

Cara menggunakan OS Mac

Ini merupakan salah satu fitur dasar dan paling sering dibutuhkan di OS apapun. Akan cukup merepotkan jika kita tidak tau cara mengakses ataupun membukanya. Activity Monitor merupakan versi lain dari Task Manager yang ada di windows. Dengannya kalian bisa memantau serta melihat setiap proses yang sedang terjadi di komputer tersebut.

Untuk membukanya kalian bisa menggunakan Shortcut Ctrl + Alt + Del, atau dengan mengklik kanan pada toolbar. Setelah terbuka Activity Monitor, akan terlihat beberapa panel dengan informasi yang berbeda-beda mulai dari CPU, memory, energy, disk, dan network. Di bagian energy akan terlihat aplikasi atau software mana yang menggunakan daya paling banyak.

Nah, untuk mempercepat mengakses fitur ini di lain waktu, silahkan pin ke dalam dock kalian. Caranya cukup dengan klik kanan pada ikonnya dan pilih Keep in Dock, atau dengan menggunakan spotlight (Command + Space).

 

Fitur Terminal

Cara menggunakan OS Mac untuk pemula

Fitur selanjutnya yang akan kita pelajari adalah “kembaran” Command Prompt di Windows, salah satu fitur yang akan sangat berguna bagi kalian. Jika ingin menemukan sebuah ip ataupun menscan sebuah folder di dalam komputer, menggunakan CMD merupakan salah satu pilihan yang paling tepat.

Di Mac sendiri kalian akan menemukan fitur terminal sebagai pengganti CMD yang berada pada folder Utilitas di bawah Applications. Bagi yang sudah pernah memakai Unix ataupun Linux, mungkin akan langsung familiar dengan fitur yang satu ini. Memang nampak mirip dengan CMD di windows, namun ada beberapa perbedaan antara keduanya.

 

Voice Assistant Siri dan Spotlight

Cara menggunakan Mac untuk pemula

Jika kalian sebelumnya adalah pengguna Windows 10, mungkin sudah familiar dengan voice assistant seperti Cortana. Meskipun penggunaan utamanya dimaksudkan sebagai voice assistant, namun fitur ini juga bisa digunakan untuk mencari file di internet ataupun di local komputer kalian. Untuk Windows yang lebih rendah ada fitur Find dengan kegunaan yang sama.

Sedangkan untuk OS Mac, ada voice assistant seperti Siri yang memiliki peran yang sama dengan Cortana. Untuk penggunaannya cukup mudah, kalian bisa menggunakan shortcut tahan Command + Space. Setelah terbuka, kalian bisa meminta Siri untuk mencari file atau bahkan membuat sebuah catatan maupun pengingat di kalender.

Namun jika kalian lebih suka pencarian dengan cara lama, maka silahkan gunakan fitur Spotlight. Cukup dengan menekan kombinasi Command + Space, maka fitur ini akan aktif. Memang tidak secanggih Siri, namun Spotlight mampu mencari file dengan cepat bahkan dapat memecahkan masalah matematika sederhana tanpa harus membuka kalkulator.

 

Mengedit teks dengan TextEdit

Tutorial dan Cara Menggunakan OS Mac Untuk Pemula

Di Windows kita mengenal 2 teks editor default, Notepad untuk Text Editor dan Wordpad untuk Rich Text Editor. Namun jika di Mac, kedua fitur ini digabungkan menjadi sebuah aplikasi bernama TextEdit. Secara default TextEdit akan memakai Rich Text, namun kalian bisa mengubahnya ke dalam bentuk teks editor.

Namun jika kalian ingin barebones text editor, tinggal tekan Shift + Command + T untuk berpindah ke mode plain text. Dengan tampilan yang simpe serta bersih, akan membuat para pemula merasa nyaman dan mudah untuk beradaptasi.

 

Menjelajahi internet dengan Safari

Tutorial dan Cara Menggunakan OS Mac Untuk Pemula

Sekarang ini internet bisa digolongkan sebagai kebutuhan dasar bagi para pengguna komputer. Pada dasarnya cara mengakses internet adalah sama baik di Windows maupun Mac, namun biasanya dengan aplikasi yang berbeda sehingga dibutuhkan tutorial bagi pemula.

Jika di Windows, biasanya banyak orang menggunakan Firefox atau Google Chrome untuk berselancar di internet. Namun jika di Mac, kalian mendapati browser Safari untuk menggantikan mereka. Tidak seperti dua aplikasi diatas, Safari merupakan jenis software yang hemat akan daya. Jadi ia tidak akan cepat menguras kapasitas baterai laptop kalian.

 

iTunes, pengganti Windows Media Player

Tutorial dan Cara Menggunakan OS Mac Untuk Pemula

Jika kalian sebelumnya sudah pernah menggunakan Apple, maka tentu sudah familiar dengan yang namanya iTunes. Meskipun kebanyakan pengguna Mac tidak terlalu menyukai iTunes, namun fitur ini adalah software default yang bisa kalian gunakan  untuk mengelola musik, video dan aplikasi iOS. Dan baru-baru ini muncul fitur baru yang dapat digunakan untuk streaming musik dengan menggunakan Apple Music.

 

Membuat catatan dengan notes

Tutorial dan Cara Menggunakan OS Mac Untuk Pemula

Di OS Windows ada software OneNote yang merupakan bagian dari Office Suite dan bisa kalian gunakan untuk membuat catatan. Nah, untuk pengguna baru OS Mac bisa menggunakan aplikasi Notes yang bisa membuat catatan, daftar pekerjaan dan bahkan menggambar.

 

Beralih dari Microsoft Office ke iWork

Tutorial dan Cara Menggunakan OS Mac Untuk Pemula

Office merupakan salah satu aplikasi default dan bisa dibilang harus ada di Windows. Namun tak perlu khawatir, di Mac OS pun ada iWork yang siap memenuhi kebutuhan mengetik dokumen dsb. Aplikasi tersebut bisa kalian temukan di Mac App Store dengan bentuk 3 buah fitur, Pages, Numbers dan Keynote.

Pages bukan hanya sebuah aplikasi pengolah kata, namun kalian juga bisa menggunakannya untuk membuat kartu nama, pamphlet dan poster. Numbers memang tidak sekomplit Exel, namun masih bisa memenuhi keperluan kalian. Sedangkan Keynote memiliki segudang kelebihan jika dibandingkan dengan Powerpoint.

Baca juga: Cara mengkompres file dengan WinRAR

Setelah memutuskan untuk beralih atau memakai OS Mac, tentu tutorial dan panduan dasar diatas akan membantu kalian belajar bagaimana cara menggunakan Mac tersebut. Awalnya mungkin terlihat sulit, namun sebenarnya ada banyak persamaan dan hanya membutuhkan sedikit adaptasi agar kalian terbiasa.

Tags:

Related Posts

2 Responses

  1. author

    Gamers Sejati10 September, 2017 at 18:29Reply

    Mantap Nih :D.

  2. author

    Regencipedia Blog11 September, 2017 at 15:27Reply

    Wah, bermanfaat nih buat pengguna awam…

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.