Tips dan Trik

Cara Menghemat Kuota di Android Kalian

Cara Menghemat Kuota di Android Kalian

Cara menghemat kuota di Android – Di postingan sebelumnya saya sudah memposting artikel tips menghemat kuota di pc, nah sekarang giliran cara menghemat kuota di Android. Sahabat TeknologiRAF yang saat ini sangat boros menggunakan kuota di HP Android, kalian simak artikel ini baik-baik untuk menetralisir borosnya pemakaian kuota internet.

Semenjak muncul dan menyebar luasnya HP dengan sistem operasi Android, tidak bisa dipungkiri, bahwa pemakaian kuota internet lebih besar dan semakin lakunya penjual kuota internet (paket internet) di konter atau outlet. Mengingat masa dulu, ketika masih menggunakan HP Nokia dengan sistem operasi Java, membeli paket internet 10 MB pun bisa berhari-hari hanya sekedar browsing, namun untuk sistem operasi Android sekarang, mungkin 10 MB hanya itungan menit sudah habis.

Baca juga: Cara menggunakan HTTP Injector untuk internet gratis

Oke, kali ini saya akan membagikan cara menghemat kuota di Android kalian.

Tips cara menghemat kuota di Android

1. Mematikan data kalau tidak dipakai

Mematikan data adalah cara pertama menghemat kuota, karena Android merupakan sistem operasi dengan aplikasi yang masih berjalan meskipun aplikasi telah ditutup. Ini bisa dilihat ketika kalian menutup aplikasi BBM misalnya, maka kalian akan tetap mendapat pemberitahuan dari BBM tersebut kalau ada chat atau semacamnya.

2. Berhentikan aplikasi dengan benar

Biasanya aplikasi yang berupa media chatting tersebut memiliki sifat pemberitahuan yang penting. Sehingga mau tidak mau harus tetap menyalakan data internet. Nah agar lebih berhemat, caranya berhentikan dengan benar aplikasi atau game yang tidak memiliki pemberitahuan yang bersifat penting. Misalnya game online dan semacamnya.

Cara berhentikan aplikasi atau game yang benar adalah dengan menuju setelan (pengaturan) di Android, kemudian pada bagian pengaturan aplikasi, cari aplikasi yang ingin diberhentikan dan tekan Paksa Berhenti (force stop). Kabarnya, aplikasi media sosial yang paling menguras kuota adalah Instagram.

3. Jangan Buat streaming

Tidak hanya internet di laptop, streaming di Android juga memakan kuota yang besar. Kalian bisa coba dengan streming kemudian lihat penggunaan data setelah streaming (untuk membuktikan).

4. Gunakan mode Edge

Ini juga salah satu tips menghemat kuota di Android kalian, meskipun kecepatan internet tidak terlalu kencang seperti jaringan 3G atau 4G yang boros kuota. Meskipun Edge, tapi kalau buat media sosial dan browsing sudah lumayan. Coba saja dan lebihlah berhemat.

5. Gunakan browser Opera Mini

Nah untuk yang ini, admin TeknologiRAF sudah pernah membuat postingan artikelnya. Kalian bisa baca postingan yang sudah di publish disini.

Baca juga: Cara mengetahui asli atau tidak informasi hardware di Android

Nah itulah cara menghemat kuota di android kalian. Agar tidak boros uang untuk beli. Sampai jumpa.

Click to comment

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.

Paling Populer

Teknologiraf adalah media paling kece dan update tentang tips, trik, tutorial, download, dan seputar dunia teknologi. Didirikan tahun 2016.

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain

Copyright © 2016 - 2017 TeknologiRAF | Explore Your Technology

To Top