Tips Menghemat Penggunaan RAM Komputer

Tips dan Trik 2

Cara menghemat penggunaan RAM – Disaat komputer berjalan lambat atau ngelag karena besarnya jumlah pemakaian memory terkadang membuat kita kesal dan marah, cara efektif agar komputer kita berjalan dengan cepat adalah dengan mengupgrade komputer kita menjadi lebih tinggi.

Namun hal itu memakan uang yang tidak sedikit bukan? Cara alternatif yang mudah digunakan adalah dengan menghemat penggunaan RAM pada komputer kita. Berikut ini adalah tips dan cara dalam menghemat penggunaan RAM:

Baca juga: Tips Untuk Mengganti RAM Dengan Benar

1. Menutup pekerjaan atau aplikasi yang tidak terpakai

Hal yang terdengar sepele bukan? Namun jangan salah terkadang kita lupa untuk menutup aplikasi atau pekerjaan yang tidak terpakai dan memilih untuk me-minimize. Jangan salah meskipun kita sedang meminimize aplikasi atau pekerjaan yang digunakan memory yang disimpan didalam RAM tetap utuh dan tidak berkurang. Maka dari itu close aplikasi yang tidak penting dikomputer anda apabila mengakibatkan lag karena aplikasi tersebut, bila pekerjaan anda belum selesai dan ingin menyelesaikan pekerjaan yang lain lebih baik disimpan terlebih dahulu.

2. Menggunakan Task Manager

Mungkin anda belum pernah mendengar kata ini sebelumnya? Task Manager berisi Task (Aplikasi, pekerjaan, dan sistem) yang berjalan disaat komputer kita dinyalakan. Kita bisa memantau sekaligus melihat apa saja pekerjaan yang ada di RAM anda hanya dengan menekan tombol (shortcut keys) CTRL + ALT + DEL, disana terpampang dengan detail seberapa banyak task yang berada dikomputer kita dan melihat berapa ukuran RAM serta berapa banyak task yang digunakan. Biasanya bila RAM tersisa sedikit akan mengakibatkan lag dan bila kapasitas RAM kita penuh komputer bisa blank dan mati. Di Task Manager anda bisa menghidupkan task dan menghentikan task yang tidak penting agar RAM tersisa banyak. Namun cara ini tidak bisa sembarangan menghentikan task bila anda menghentikan task komputer bisa blank dan error, tetapi disaat kita menyalakan komputer kembali semua berjalan dengan normal lagi.

Baca juga: Cara Mengatasi Aplikasi Sering Mengalami Force Close

3. Menggunakan Game Booster disaat bermain game

Ingin bermain game? Tapi takut terjadi lag dan patah–patah? Gunakanlah game booster dengan mendownload software game booster di internet. Dengan menekan gaming mode game booster berguna untuk menghentikan semua aktivitas yang tidak penting dan tetap menyalakan task yang penting–penting saja disaat kita bermain game dengan sendirinya sehingga tidak perlu task manager lagi dalam menghentikannya, setelah game selesai game booster akan membuka kembali task–task yang sudah dihentikan sebelumnya lalu mematikan gaming mode. Game booster dapat efektif jika memiliki kapasitas RAM diatas 2GB karena game booster sendiri memerlukan RAM.

4. Jangan menggunakan RAM Optimize atau Memory Optimize

Disaat komputer anda mengalami lag pernah terbesitkah dipikiran anda untuk mendownload software Memory Optimize atau yang sering disebut software untuk mempercepat RAM? Jika anda pernah memikirkan hal itu lebih baik dihapuskan saja niat tersebut karena itu adalah kesalahan besar, Mengapa? Karena Memory Optimize membutuhkan memory dan malah membuat komputer kita menjadi lebih lemot. Memory Optimize hanyalah kebohongan besar untuk meraup keuntungan dengan menipu, hasil yang didapatkan sama saja tidak membuat komputer kita menjadi lebih cepat karena menggunakan software tersebut. Komputer telah dirancang untuk men-cache RAM jadi apabila komputer sedang membutuhkan RAM untuk membuka aplikasi, sistem operasi komputer akan menghapus sebagian data cache dan mengisi cache dengan aplikasi yang baru.

Baca juga: Cara Memperbesar Kapasitas RAM di HP Android

Bagaimana, jika anda paham betul dan melakukan cara-cara untuk menghemat penggunaan RAM diatas, pastinya sekarang akan terlihat beberapa perbedaannya dari sebelumnya.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

2 Responses

  1. author

    totoh3 Januari, 2017 at 18:23Reply

    setuju sekali cara cara diatas, cuman memang suka dibiarin padahal penting sekali, terutama ketika maen game sekelas fifa17 original

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.