Tips dan Trik

Cara Mengkompres File Dengan WinRAR | TeknologiRAF

Cara mengkompres file dengan WinRAR

Cara mengkompres file dengan WinRAR – Mengupload dan mendownload file sudah menjadi kebiasaan kita untuk berbagi file melalui social media dengan teman–teman.

Disaat mengupload file tentunya memerlukan kuota apalagi jika file yang ingin diupload memiliki ukuran yang besar sehingga memakan banyak kuota. Lalu adakah cara lain untuk mengurangi besarnya ukuran file tersebut? Caranya dengan mengkompres file dengan WinRAR.

Baca juga: Cara mendefrag disk di komputer

Mengupload dan mendownload file sudah menjadi kebiasaan kita untuk berbagi file melalui social media dengan teman–teman.

Disaat mengupload file tentunya memerlukan kuota apalagi jika file yang ingin diupload memiliki ukuran yang besar sehingga memakan banyak kuota.

Lalu adakah cara lain untuk mengurangi besarnya ukuran file tersebut? Caranya dengan mengkompres file dengan menggunakan software WinRAR.

Apakah itu mengkompres? Mengkompres adalah sebuah cara untuk memadatkan data sehingga hanya memerlukan ruangan penyimpanan lebih kecil sehingga lebih efisien dalam menyimpannya atau mempersingkat waktu pertukaran data tersebut.

Contoh sederhananya adalah sebuah gambar berformat JPEG dengan ukuran pixel 128 x 128 berwarna hitam polos dan tiap pixelnya memiliki ukuran 4 byte sehingga ukuran file tersebut 4 kali 128 x 128 secara normal atau tanpa kompres.

Berbeda jika gambar tersebut telah dikompres, gambar tersebut hanya menyimpan 4 byte saja karena warna dari gambar tersebut hitam polos, lalu diberi informasi bahwa seluruh warna itu sama dengan ukuran 128 x 128 sehingga tidak memerlukan ukuran yang besar dan memiliki kualitas sama.

Namun tidak semua file dapat dikompres dengan menggunakan WinRAR, contohnya file yang memuat lagu atau video seperti mp3, mp4, MPEG-2, dsb. File dengan format tersebut hanya dapat dikompres dengan menurunkan kualitasnya untuk mengurangi ukurannya. Anda juga perlu mengetahui bahwa mengkompres file dapat membuat file itu sendiri menjadi corrupt sehingga harus berhati–hati. Berikut ini adalah cara mengkompres file dengan WinRAR.

Cara mengkompres file dengan WinRAR

1. Pilihlah file yang anda inginkan lalu klik Add to archive…

Cara kompres file dengan WinRAR

2. Setelah itu anda dapat melihat beberapa menu.

  • Anda dapat memilih format arsip di menu Archive format : RAR, RAR5, dan ZIP.
  • Di menu Compress method anda dapat memilih store, fastest, fast, normal, good, dan best. Anda dapat memilih pilihan best agar mendapatkan hasil kompress yang terbaik.
  • Centang Create solid archive
  • Centang Lock Archive

Cara mengkompres file menggunakan WinRAR

3. Tunggu proses hingga selesai.

Cara mengkompres file menggunakan WinRAR 2

4. Anda dapat melihat hasilnya, file yang telah dikompress akan mengecil beberapa persen dari ukuran sebelumnya.

Cara kompres file dengan WinRAR 2

Baca juga: Cara mengetahui spesifikasi komputer atau laptop

Mudah sekali bukan cara mengkompres file dengan WinRAR. Semoga file yang berukuran besar anda berhasil di kompres dengan menggunakan software WinRAR ini.

3 Comments

3 Comments

  1. chord

    15 Juni, 2017 at 01:44

    Bagus sekali, WinRAR bagus buat kompres.

    • TeknologiRAF

      21 Juni, 2017 at 16:22

      Iyaa, memang software kompres terbaik itu adalah WinRAR.

  2. Muhammad Anas

    20 Juni, 2017 at 01:11

    Saya juga sering banget kompres file pake winrar, tapi baru tahu ada beberapa pilihan agar hasilnya lebih baik lagi.

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.

Paling Populer

Teknologiraf adalah media paling kece dan update tentang tips, trik, tutorial, download, dan seputar dunia teknologi. Didirikan tahun 2016.

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain

Copyright © 2016 - 2017 TeknologiRAF | Explore Your Technology

To Top