8 Hal yang Harus Kalian Lakukan Setelah Membeli Laptop Baru

Tips dan Trik 0

Cara mengoptimalkan laptop baru – Laptop sudah menjadi barang yang penting di jaman digital ini. Mereka dapat membantu kita mengerjakan berbagai pekerjaan agar lebih cepat dan efisien. Bagi kalian yang baru membeli ataupun ganti laptop baru, ada beberapa hal penting yang harus kalian lakukan. Ini untuk mengoptimalkan kinerja serta performa dari laptop itu sendiri agar kita dapat bekerja lebih efektif. Berikut ini hal-hal penting yang harus kalian lakukan setelah mendapatkan laptop baru.

Cara membuat performa laptop menjadi lebih baik

Lakukan update pada Sistem Operasi

cara mengoptimalkan kinerja komputer baru

Sistem operasi merupakan nyawa dari laptop itu sendiri, jadi jika OS tidak bekerja dengan baik maka performa dari laptop itu sendiri akan terganggu. Baik itu menggunakan Windows, Mac ataupun Linux, usahakan untuk selalu melakukan update untuk menutupi bug yang ada. Selain untuk menghilangkan bug, update OS juga penting agar kita mendapatkan berbagai fitur baru yang tentunya akan sangat berguna.

Baca juga: Kumpulan dial paket internet murah Telkomsel

 

Hapus Bloatware yang Tidak Digunakan

cara mengoptimalkan kinerja komputer baru

Bloatware merupakan aplikasi bawaan dan biasanya memiliki fungsi yang jarang kita digunakan. Windows merupakan contoh OS yang cukup membawa banyak bloatware, namun hal ini jarang ditemui di Mac dan Linux. Disarankan bagi kalian untuk menghapus bloatware ini karena mereka mengkonsumsi cukup banyak ruang penyimpanan.

 

Instal Software Antiviruscara mengoptimalkan kinerja komputer baru

Semua laptop dengan OS apapun pada dasarnya membutuhkan antivirus. Bahkan OS Mac dan Linux yang katanya terkenal aman masih membutuhkannya. Salah jika kita menganggap Windows merupakan satu-satunya OS yang menjadi sasaran virus dan malware. Jangan sepelekan hal ini jika kalian tidak ingin menyesal di kemudian hari.

Ada banyak sekali software antivirus yang bisa kalian coba untuk mengamankan laptop baru kalian. Sebenarnya beberapa OS juga sudah menyisipkan aplikasi antivirus bawaan, namun saya rasa hal ini masih kurang efektif. Disarankan untuk mencoba antivitus dari pihak ketiga misal saja avast dan untuk tambahan proteksi gunakan SMADAV. Ini adalah kombinasi umum yang banyak digunakan orang-orang.

 

Install Aplikasi Anti Pencuri

cara mengoptimalkan kinerja komputer baru

Laptop merupakan barang yang memiliki harga lumayan besar, tentu ini akan menarik seseorang yang mempunyai niat jahat untuk mencurinya. Jika hal ini terjadi maka bisa gawat, bukan hanya kita rugi dalam hal materil, namun data penting yang kita miliki juga bisa hilang. Oleh karena itu lebih baik kita menginstall aplikasi anti pencuri baik pada laptop baru ataupun lama.

Untungnya OS seperti Windows 10 telah menyematkan fitur keamanan yang disebut sebagai Find My Device. Fitur ini bisa kita gunakan untuk menemukan laptop yang dicuri ataupun ketika kita lupa menaruhnya. Untuk yang menggunakan OS Mac dan Linux, kalian bisa mencoba software pihak ketiga seperti Prey sebagai anti maling.

 

Optimalkan Penggunaan Dayacara mengoptimalkan kinerja komputer baru

Salah satu kelebihan laptop adalah portable, bisa dibawa kemana-mana tanpa harus memikirkan urusan daya karena adanya baterai. Namun tentu banyak orang yang mengeluh kita baterai laptop mereka sangat boros dan cepat habis. Ada beberapa trik khusus yang bisa kalian gunakan untuk menghemat dan mengurangi penggunaan daya baterai pada laptop.

Pertama seperti mengurangi kecerahan pada display atau layar, tapi jangan terlalu rendah karena kurang baik untuk mata. Kedua jangan biarkan laptop menyala jika sedang tidak digunakan, paling tidak masuklah ke dalam mode sleep atau hibernate. Jika ingin lebih hemat, jangan gunakan aplikasi yang menguras daya. Contohnya untuk browser adalah Chrome, kalian bisa mencari alternative seperti Opera untuk lebih mengurangi penggunaan daya.

 

Lakukan Backup Otomatiscara mengoptimalkan kinerja komputer baru

Bayangkan kalian menyimpan skripsi, presentasi atau data penting lainnya di laptop. Namun suatu hari data penting tersebut hilang seketika karena virus atau kesalahan sistem. Tentu menangisinya saja tidak cukup untuk membuatnya kembali. Oleh karena itu lakukan tindakan pencegahan dengan melakukan backup otomatis terhadap data penting tersebut. Jika suatu hari terjadi hal yang tidak diinginkan, kita bisa merestorenya dengan mudah dan cepat.

 

Lakukan Penyimpanan Cloudcara mengoptimalkan kinerja komputer baru

Selain dengan melakukan backup secara offline, alangkah baiknya jika kita juga melakukan penyimpanan data secara online. Saat ini sudah sangat banyak layanan penyimpanan online yang bisa kita gunakan secara gratis. Contoh mudahnya adalah Google Drive, Dropbox, Upfile, Solidfiles, Tusfiles dan masih banyak yang lainnya. Dengan menyimpan data secara online, kita bisa mengaksesnya dimanapun dan kapanpun tanpa harus membawa hard drive. Selain itu kita juga bisa menggunakannya sebagai backup kedua jika data penting yang kita miliki hilang ataupun rusak.

 

Jangan Biarkan Laptop Mengalami Overheatcara mengoptimalkan kinerja komputer baru

Ini adalah hal yang sering diabaikan oleh banyak pengguna, mereka suka menggunakan laptop barunya tanpa kenal waktu sehingga bisa mengalami overheat. Panas dan temperature yang berlebihan tentu akan berakibat buruk pada komponen hardware laptop tersebut. Jadi jangan remehkan penggunaan yang berlebihan jika tidak ingin mengalami overheat.

Baca juga: Cara menghilangkan malware Facebook Messenger

Selain penggunaan yang salah, penempatan laptop kadang juga mempengaruhi suhunya. Misal kita menggunakan laptop dengan meletakkannya pada sofa ataupun kasur. Hal ini membuat suhu panas yang ada di dalam laptop tidak bisa keluar secara maksimal. Dan tentu kalian bisa menebak akibatnya, panas berlebih akan terus berada di dalam laptop dan mengakibatkan overheat. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan ventilasi laptop dari debu agar sistem sirkulasi udaranya tidak terganggu.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa kalian gunakan untuk mengoptimalkan kinerja laptop baru kalian. Beberapa hal diatas bisa membantu performa laptop menjadi lebih baik dan juga tentunya lebih awet. Jika ada yang mempunyai tips bermanfaat lainnya, silahkan share di komentar.

Tags:

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.