7 Cara Meningkatkan Pageview Blog dan 7 Penyebab Pageview Menurun

Blogging 1

Cara meningkatkan pageview blog – Pageview pada blog bisa diartikan sebagai kunjungan atau seberapa banyak halaman pada blog kamu dikunjungi. Tentu saja pageview menjadi salah satu unsur utama dalam sebuah blog. Blog yang mempunyai pageview banyak adalah blog yang berkualitas dan bermanfaat. Sebaliknya, blog yang mempunyai pageview sedikit sudah pasti kontennya tidak terlalu berkualitas atau bermanfaat.

Kamu sudah merasa bahwa blog kamu sudah berkualitas tetapi masih belum dipenuhi pageview? Tenang saja. Pada artikel kali ini blog TeknologiRAF akan memberikan 7 cara dan tips meningkatkan pageview pada blog.

Namun, alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu alasan mengapa pageview pada blog kamu sedikit atau bahkan menurun. Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi turunnya pageview pada blog. Setidaknya ada 7 alasan mengapa pageview blog kamu menurun. Berikut penjelasannya

 

Penyebab Mengapa Pageview Blog Menurun

 

Penyebab Pageview Blog Menurun

Penyebab Pageview Blog Menurun

 

1. Blog Teridentifikasi Spam

 

Jika blog kamu sudah teridentifikasi sebagai spam. Bukan hal yang mustahil jika pageviews blog kamu menurun, karena jika blog yang teridentifikasi spam biasanya tidak bisa di buka melalui beberapa browser favorit seperti Google Chrome, Mozilla, Opera, dan lainnya.

Baca juga : 6+1 Trik Optimasi Gambar Pada Blog

Biasanya saat membuka blog yang teridentifikasi spam akan ada peringatan kalau blog tersebut berbahaya dan berbackground merah. Hal yang harus kamu lakukan adalah dengan membersihkan semua spam yang kemungkinan besar berasal dari iklan javascript yang kamu pasang. Kemudian memberitahukan kepada Google untuk mereview kembali blog kamu.

 

2. Persaingan Semakin Ketat

 

Semakin hari memang persaingan semakin ketat, ada jutaan blog di dunia ini yang menjadi sainga kita. Jadi jangan terlalu berharap kalau pengunjung akan selalu mengunjungi blog kamu saja.

Tapi untuk menimalisir persaingan antar blog, kita harus membuat blog kita sebaik mungkin dengan memberikan konten yang terbaik dan juga mendesain tampilan blog supaya lebih menarik.

 

3. Terkena Sanksi Dari Mesin Pencari

 

Sanksi yang diberikan kepada mesin pencari bisa berupa penghapusan beberapa link artikel dari hasil penelusuran dan bahkan bisa di banned jika pelanggaran yang dilakukan sangat besar. Pada mesin pencari Google kita sering mendengar istilah Google Sandbox. Dimana blog kita tidak muncul di pencarian google.

 

4. Jarang Update Postingan

 

Jarang update postingan pastinya menimbulkan dampak buruk bagi blog. Selain tingkat SEO blog kamu menurun, pastinya juga pageviews akan menurun.
Jadi dari sekarang kamu harus menjadwalkan “kapan saya harus update blog” agar semuanya bisa teratur sesuai dengan jadwal dan rencana.

 

5. Mengabaikan Aspirasi Pengunjung

 

Mengabaikan aspirasi pengunjung membuat pengunjung merasa kalau admin blog acuh tak acuh dengan pendapat pengunjung. Jadi jika pengunjung bertanya dikomentar atau memberikan tanggapan, saran atau kritik kamu harus menanggapinya. Jangan sampai kamu menganggap aspirasi visitor itu cuma pajangan.

 

6. Blog Tidak Memiliki Niche

 

Niche memang sangat berperan penting bagi sebuah blog untuk menenukkan postingan bertemakan apa yang harus dipublish. Jika suatu blog tidak memiliki niche alias gado-gado, maka pengunjung akan bingung dan memilih blog lain yang menyediakan banyak informasi bertemakan 1 hal yang sama.

7. Terlalu Sering Mengganti Template

 

Terlalu sering mengganti template blog juga bisa berdampak buruk bagi blog tersebut. Katanya sih mesin pencari juga tidak menyukai blog yang terlalu sering mengganti template blog mereka. Jadi kamu harus memilih template yang cocok dan jangan terlalu sering mengganti template blog.

Setidaknya 7 alasan diatas merupakan faktor yang paling mempengaruhi pageview pada blog yang menurun. Apakah kamu melakukan salah satu hal diatas? Jika iya maka wajar saja pageview blog kamu menurun.

Tapi, tenang saja. Masih ada 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk kembali meningkatkan pageview blog kamu. Penasaran apa saja? Berikut 7 cara meningkatkan pageview blog terbaik.

 

7 Cara Meningkatkan Pageview Blog

 

Cara Meningkatkan Pageview Blog

Cara Meningkatkan Pageview Blog

 

1. Sajikan Konten Berkualitas

 

Jangan harap kamu bisa mendapatkan banyak pageview jika konten atau artikel yang ada pada blog kamu saja tidak berkualitas. Buatlah sebuah alasan mengapa pengunjung harus memilih blog kamu. Salah satunya adalah dengan menyajikan konten yang berkualitas. Kamu bisa mencari artikel tentang cara membuat artikel berkualitas di Google agar kamu bisa membuat konten yang berkualitas. Dengan begitu, mereka akan selalu memilih blog kamu karena konten blog kamu yang dirasa lebih berkualitas dibandingkan blog sejenis lainnya.

2. Lakukan Optimasi Mesin Pencari

 

Optimasi Mesin Pencari/Search Engine Optimization (SEO) merupakan usaha dalam bisa bersaing dalam mesin pencari. Jadi jika kita menerapkan SEO ini, kemungkinan blog kita berada diurutan atas dan mendapatkan visitor dari mesin pencari itu sendiri. Mulailah untuk mempelajari SEO dan mencari tahu tentang teknik SEO.

Baca juga : 4 Tips Memilih Nama Blog Yang Baik dan Bagus 2017

 

3. Buat Judul Yang Menarik

 

Judul adalah yang pertama kali di lihat oleh pengunjung, pastinya saat kamu ingin membaca sebuah buku terlebih dahulu kamu melihat judul buku tersebut. Jadi buatlah judul yang menarik karena jika pengunjung tertarik dengan judul maka mereka akan membaca artikelnya.

 

4. Lakukan Blogwalking

 

Blogwalking dalam bahasa Indonesia berarti “Blog Berjalan” yaitu kegiatan dimana 2 blogger atau lebih mengunjungi blog lainnya dan saling meninggalkan komentar berkualitas, begitupun blogger lain mengunjungi balik blog orang yang diajak blogwalking dengan begitu pageviews blog kita akan meningkat.

 

5. Pasang Link Berantai

 

Mungkin yang lebih familiar adalah “Internal Linking” yaitu memasang link postingan lain dipostingan yang akan kamu buat. Tapi beberapa blog juga menaruh internal link ini dibagian sidebar blog atau menu navigasi.

 

6. Buatlah Postingan Populer

 

Postingan populer ini biasanya berada disidebar blog, hampir sama seperti internal linking dan bisa juga disebut demikian. Tetapi bedanya yang satu ini hanya menampilkan postingan yang populer atau sering dibaca oleh pengunung.

 

7. Menu Navigasi Yang Menarik

 

Menu navigasi ibarat sebuah baju, jika menu navigasi itu menarik pastinya juga pengunjung akan merasa tertarik melihatnya. Tapi harus diimbangi dengan konten yang bermanfaat juga. Jangan hanya memanfaatkan tampilan sidebar blog/menu navigasi ini saja.

Silahkan praktikkan 7 cara diatas untuk meningkatkan pageview blog kamu. Punya tips atau cara lain? Jangan sungkan untuk memberitahunya dikolom komentar ya.

Tags:
author

Author: 

Seorang penulis dan blogger pemula, siswa XI RPL 1 SMKN 1 Karawang. Menulis adalah hobi saya. Tertarik terhadap dunia pemrograman dan dunia web design.

Related Posts

One Response

  1. author

    Muhammad Nanda11 Desember, 2017 at 22:24Reply

    Bener nih, mantab. Blog ane yg niche PV-nya lebih gede ketimbang yg gado… Pdhl visitor banyak yg gado 😀

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.