16 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Layaknya Superman

Tips dan Trik 0

Cara meningkatkan produktivitas kerja – Menjadi lebih produktif dari hari kemarin merupakan impian sederhana yang terkadang sangat sulit untuk dilakukan, belum lagi tuntutan untuk lebih semangat lagi dalam bekerja setiap hari membuat tenaga dan pikiran terkuras habis/ Apakah akhir-akhir ini kamu sering mendapatkan marah dari atasan padahal kamu sudah bekerja secara maksimal? Bisa jadi hal ini disebabkan oleh produktivitas kerjamu yang mulai menurun.

Guna membangkitkan kembali produktivitasmu dalam bekerja kami sudah menyiapkan enam belas cara rahasianya. Cara-cara berikut bisa berhasil bila kamu melakukannya secara konsisten dan bertanggung jawab. Cara-cara berikut ini akan menunjukkan bagaimana cara melatih mental, kedisiplinan, ketelitian dan kebahagiaan dalam bekerja. Tidak usah lama-lama mari kita simak rahasia cara meningkatkan produktivitas kerja.

Baca Juga : Bikin Ngiler! Inilah 10 Fasilitas yang Diterima Oleh Karyawan Google

16 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Layaknya Superman

1. Buat Perencanaan

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Buat Rencana

Mengingat banyak sekali kegiatan yang akan kamu lakukan sudah seharusnya kamu membuat perencanaan matang sebelum bekerja. Ada dua hal yang bisa kamu coba, pertama kamu bisa membuat list jadwal pekerjaan sehari sebelum kamu bekerja atau kamu bisa merencanakan pekerjaan mingguan dengan membuatnya di minggu sore. Kami sarankan agar membuat membuat rancangan pekerjaan mingguan sehingga kamu bisa mengetahui gambaran pekerjaan seminggu kedepan.

 

2. Hitung Waktu Pengerjaan

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Menghitung Waktu

Bila sudah memiliki perencanaan yang matang langkah selanjutnya adalah menghitung perkiraan berapa banyak pekerjaan bisa diselesaikan dalam satu hari. Kalau bisa buatlah strategi jitu untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dari biasanya, sebagai contoh pekerjaan A harus selesai dalam waktu 3 jam maka buatlah strategi yang dapat membuatnya selesai dalam waktu 2,5 jam saja.

3. Selesaikan Tugas-tugas Terpenting

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Menyelesaikan Tugas Terpenting

Sebagai seorang karyawan tentu dirimu memiliki setumpuk pekerjaan setiap hari, oleh karena itu membuat perencanaan dan hitungan waktu pengerjaan sangat diperlukan. Dari perencanaan tersebut kamu harus bisa mengelompokkan tiap-tiap tingkatan pekerjaan. Pastikan kamu fokus mengerjakan tiga pekerjaan terpenting yang sekiranya atasan dapat menagihnya sewaktu-waktu, bila sudah selesai bisa kamu lanjutkan menyelesaikan pekerjaan dengan tingkatan rendah.

4. Buat Ruangan Senyaman Mungkin

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Ruangan Harus Nyaman

Mau serapi apa tempatmu bekerja kalau banyak gangguan dimana-mana kamu bisa kehilangan fokus dan membuat pekerjaan jadi tertunda penyelesaiannya. Tidak ada jalan lain kamu harus bersikap tegas agar semua gangguan tersebut mau menyingkir dari lingkup ruang kerjamu, beberapa cara diantaranya :

  • Memasang label “Sedang Tidak Bisa Diganggu” di depan ruang kerja
  • Mati atau Senyapkan smartphone ketika bekerja
  • Bila tergoda browsing dan streaming matikan koneksi internet
  • Katakan pada rekan kerja “Hari ini saya sedang tidak bisa diganggu, mohon pengertiannya”
  • Jauh-jauh dari rekan kerja yang malas

5. Mendelegasikan Beberapa Tugas

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Mendelegasikan Tugas

Cara lain membuat prduktivitas kerja lebih baik adalah mendelegasikan beberapa pekerjaan tidak penting. Jangan anggap remeh mendelegasikan pekerjaan tidak penting justru bisa lebih membuatmu fokus pada pekerjaan-pekerjaan penting yang sudah kamu jadwal untuk diselesaikan terlebih dahulu. Bila kamu atasan kamu bisa mendegelasikan tugas pada bawahan untuk membantu menyelesaikannya.

6. Melakukan Kajian Mingguan

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Melakukan Kajian

Rutin melakukan kajian mingguan sangatlah penting untuk mengevaluasi seberapa produktif kamu akhir-akhir ini. Dengan rutin melakukan kajian seperti melakukan perbandingan seberapa cepat kamu menyelesaikan pekerjaan dibandingkan minggu lalu, melakukan perubahan jadwal, merubah waktu pengerjaan dan sebagainya. Dari situ kamu bisa mengukur berapa cepat kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dalam satu hari.

7. Sarapan Sehat

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Sarapan

Ada beberapa alasan orang sering meninggalkan sarapan dipagi hari. Seperti hari ini aku diet, nggak nafsu makan, belum lapar dan sebagainya. Meninggalkan sarapan memang sepele, namun dampaknya sangat buruk bagi pekerjaan saat kita melupakan waktu untuk sarapan. Walau terdengar sepele orang-orang yang sering sarapan menggunakan makanan sehat tingkat produktivitasnya lebih baik dibanding mereka yang meninggalkan sarapan, karena sarapan :

Baca juga : 10 Cara Ampuh Memperkuat Sinyal WiFi Yang Harus Kamu Coba

  • Menyegarkan otak
  • Memberikan energi
  • Menjaga konsentrasi
  • Mencegah penyakit mag
  • Mengurangi resiko stress
  • Menambah nutrisi tubuh
  • Kadar gula pada tubuh stabil
  • Jarang mengidap obesitas
  • Terhindar dari makan tidak terkontroll

8. Membawa Bekal

Cara Meningkatkan Produktivitas KerjaCara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Bawa Bekal

Membawa bekal sendiri dari rumah tidak membuatmu lama-lama membuang waktu diluar ruangan saat jam makan siang kantor dan pastinyaclebih hemat. Bila membawa bekal makan siang kamu jadi tetap bisa berada diruang kerja untuk memantau hasil pekerjaanmu sebelum diserahkan kepada atasan, selain itu kamu juga bisa mendapatkan teman baru lewat berbagi bekal dan yang pasti kamu lebih sehat karena mengetahui bahan-bahan dari bekal tersebut.

9. Rajin Datang Tepat Waktu

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Datang Tepat Waktu

Sering datang lebih awal atau tepat waktu tidak hanya membuatmu terlihat disiplin oleh rekan kerja atau atasan, tapi dapat membuatmu menyelesaikan tugas lebih awal. Beda cerita bila kamu sering datang terlambat, pasti performa kerjamu menurun akibat melewatkan jam sarapan, dinilai pemalas oleh rekan-rekan kerja, kebersihan diri kurang terjaga karena mandi seadanya dan lebih buruknya kamu bisa mendapatkan cemooh nggak penting dari atasan.

10. Relaksasi Sejenak Diruang Kerja

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Rileks Sejenak

Sesampainya di kantor jangan langsung buru-buru menyalakan komputer lalu disusul menyelesaikan pekerjaan yang ada. Semangatmu boleh diapresiasi namun hal itu tidak produktif, sesampainya di ruang kerja alangkah baiknya kamu duduk sejenak mencari posisi ternyaman untuk bekerja, lalu tarik nafas panjang dan dalam kemudian hembuskan. Lupakan semua kemacetan serta masalah-masalah hidup yang menghimpitmu, kurangi stress dan mulailah bekerja.

11. Melakukan Olahraga Ringan di Sela-sela Jam Istirahat

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Berolahraga

Munculnya semangat bekerja itu bagus, cuma sanggupkah tubuhmu itu mengikuti keinginan kuat darimu? Kemampuan fisik itu ada batasnya jadi kamu harus bisa mencuri waktu untuk istirahat dan melakukan peregangan agar tenaga kembali terkumpul. Kamu bisa melakukan peregangan ringan di jam istirahat kantor, agar aliran darah lancar dan otak bisa kembali berkonsentrasi. Luangkan waktu setidaknya 15 menit untuk push up, trisep, cobra position dan wall sits agar konsentrasi kerja kembali lagi.

12. Berdiskusi Sesama Rekan Kerja

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Berdiskusi

Ngobrol-ngobrol cantik di sela-sela jam istirahat bersama rekan kerja sembari minum secangkir kopi bisa membuatmu lebih rileks dalam menghadapi padatnya pekerjaan. Kamu juga bisa bertukar informasi mengenai cara meningkatkan produktivitas kerja dari rekan kerjamu tersebut. Bisa jadi dari situ kamu bisa mendapatkan cara lebih efektif dari cara yang kamu pakai saat ini.

13. Memberi Hadiah Pada Diri Sendiri

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Hadiahi Diri Sendiri

Terkadang kita perlu motivasi diri sendiri agar lebih giat dalam bekerja, bila sudah tahu seperti itu kenapa kamu tidak memberi hadiah pada dirimu sendiri? Tidak perlu muluk-muluk, contohnya kamu tidak akan minum jus alpukat sebelum pekerjaan A selesai jam sekian. Dengan menghadiahi diri sendiri sama saja kamu melatih ketekunan dan keuletan dirimu dalam bekerja. Lakukan secara konsisten dan rasakan bedanya.

14. Merapikan Tempat Kerja

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Merapikan Tempat Kerja

Banyak orang bertanya apa hubungannya kerapian meja dengan cara meningkatkan produktivitas kerja, Sekarang begini apakah kita bisa bekerja dalam keadaan nyaman bila ruang kerja dipenuhi oleh berkas-berkas berserakan dimana-mana? Tentu tidak. Belum lagi besok pekerjaan menjadi terhambat bila kita harus merapikan meja kerja terlebuh dahulu sebelum bekerja. Sebelum pulang bersihkan dan rapikan tempat kerjamu supaya keesokan harinya kamu bisa lebih nyaman dan produktif saat bekerja.

15. Mendapatkan Istirahat yang Cukup

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Istirahat yang Cukup

Setiap hari kamu menjalani aktivitas yang padat, jadi kamu harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup untuk menghadapi tantangan lain di keesokan harinya. Bila memang tidak ada hal penting dimalam hari janganlah begadang, kalau sesekali mungkin pas weekend boleh-boleh saja. Perlu kamu tahu kekurangan istirahat bisa berdampak buruk bagi pekerjaanmu, tekanan darahmu bisa naik, emosi tidak stabil dan berkurangnya konsentrasi.

16. Mengambil Cuti Jika Diperlukan

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Mengambil Cuti

Cuti adalah langkah terakhir yang harus diambil bila kamu ingin mengembalikan cara meningkatkan produktivitas kerja seperti semula. Jika cara-cara diatas tidaklah merubah apapun dan justru semakin membuatmu stress kemungkinan besar kamu terlalu lelah terhadap pekerjaan sehingga berdampak buruk bagi kehidupan. Saat-saat seperti ini paling cocok untuk mengambil cuti agar otak kembali fresh dan siap menyelesaikan pekerjaan kembali, dengan syarat semua pekerjaan telah kamu selesaikan terlebih dahulu baru boleh mengambil cuti.

Itulah tadi 16 cara meningkatkan produktivitas kerja, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua, terima kasih.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.