Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Mudah Rusak

Tips dan Trik 0

Cara Merawat Flashdisk Supaya Tidak Mudah Rusak – Flashdisk merupakan alat penyimpanan yang sangat fleksibel dan praktis. Dengan menggunakan flashdisk anda dapat dengan mudah memindahkan data kapanpun dan dimanapun. Tidak hanya melalui komputer saja, anda juga bisa mengintegerasikan flashdisk dengan perantara kabel OTG. Selain itu, hal lain yang membuat flashdisk menjadi perangkat penyimpanan yang banyak digemari oleh banyak orang ialah karena harganya yang relatif murah jika dibandingkan dengan perangkat penyimpanan lain seperti microSD.

Cara Merawat Flashdisk

Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Mudah Rusak

 

Meski memiliki berbagai keunggulan, flashdisk juga bisa rusak apabila kita sebagai pengguna tidak bisa merawatnya. Seringkali jika sedang terburu-buru kita menggunakan flashdsik dengan sembarangan misalnya mencabut flashdisk tanpa meng-eject nya terlebih dahulu. Padahal hal ini jika dilakukan secara terus menerus bisa menyebabkan flashdisk kita terserang virus dan menyebabkan kerusakan. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat flashdisk. Nah berikut adalah beberapa di antaranya.

Baca juga : Cara Mudah Mendefrag Disk di Komputer atau Laptop

 

Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Mudah Rusak

1. Selalu Eject Flashdisk Sebelum Mencabutnya

 

Cara merawat flashdisk yang pertama agar tidak rusak adalah dengan meng-eject nya sebelum dicabut. Sepele memang, namun banyak sekali orang yang lupa melakukan hal ini dengan alasan sedang terburu-buru. Meskipun sedang terburu-buru, sebaiknya anda tidak lupa untuk melakukan eject setelah mentransfer file. Eject ini berfungsi sebagai safety remove agar file yang ada pada flashdisk anda tidak hilang dan aman dari serangan berbagai virus.

 

2. Tutup Flashdisk Setelah Menggunakannya

 

Tips merawat flashdisk selanjutnya adalah dengan menutup flashdisk setelah digunakan. Tutup flashdisk berguna untuk menjaga flashdisk agar terhindar dari debu yang bisa masuk ke dalam socket. Sebab, jika socket flashdisk sudah kotor, besar kemungkinan flashdisk anda akan sulit terbaca atau lebih parahnya lagi tidak terbaca di komputer anda. Jadi, lupa untuk menutup flashdisk dan jaga agar tutup flashdisk tersebut tidak hilang. Mengingat ukuran benda ini yang sangat kecil.

 

3. Jangan Jalankan File Langsung dari Flashdisk

 

Menjakan file langsung dari flashdisk ternyata juga tidak baik. Jadi jika anda ingin membuka file seperti musik, film, atau software hendaknya pindahkan dulu file tersebut ke PC anda.

 

4. Scan Rutin Flashdisk Anda

Scan flashdisk berguna untuk menghindari virus yang sangat berbahaya bagi flashdisk anda. Sebab jika virus sudah menyerang bisa menyebabkan berbagai masalah seperti hilangnya sebagian file atau bahkan yang lebih parahnya lagi flashsdisk anda tidak bisa digunakan lagi.

 

5. Jaga Flashdisk Agar Tetap Kering

 

Barang mungil yang satu ini seringkali diletakkan di kantong saku celana. Jika lalai, bisa saja flashdisk ikut tercuci dan akhirnya basah. Meski kadang setelah tercuci flashdisk masih bisa berfungsi secara normal, hal ini bisa menyebaban kerusakan komponen dalam flashdisk jika terjadi secara berulang-ulang. Jadi usahakan agar anda menjaga flashdisk supaya tetap kering.

Baca juga : Cara Memutar Lagu Dengan Lirik di Komputer

 

6. Jauhkan Flashdisk dari Suhu Panas

 

Suhu yang tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen bagian dalam flashdisk. Sehingga berpotensi besar dapat menjadi faktor penyebab rusaknya flashdisk. Jadi jika anda ingin flashdisk tetap awet usahakan untuk menghindari flashdisk dark tempat dan suhu panas. Hindari juga menghubungkan flashdisk terlalu lama ke port PC yang suhunya sedang panas.

 

7. Hindari Benturan pada Flashdisk

 

Tidak hanya menyebabkan lecet pada bagian luarnya saja, benturan yang terjadi pada flashdisk juga bisa menyebabkan kerusakan pada bagian dalam dan socketnya. Sehingga bisa saja flashdisk menjadi sulit terbaca ketika dihubungkan ke komputer. Letakkanlah flashdisk di tempat yang aman supaya tidak jatuh dan menghindari terjadinya benturan

 

8. Minimalisir untuk Membuat dan Menghapus File di Flashdisk

 

Semua flashdisk memiliki batasan dalam membuat dan menghapus file. Rata-rata berkisar antara 10.000 hingga 100.000 file tergantung dari spesifikasi dan merek flashdisk anda. Nah, supaya batasan ini tidak terlampaui, jangan terlalu sering membuat ataupun menghapus file pada flashdisk.

 

9. Jangan Terlalu Sering Memformat Flashdisk

 

Memang benar setelah flashdisk diformat, flashdisk menjadi bersih dari virus dan file berbahaya. Namun jika dilakukan terlalu sering, memformat flashdisk juga bisa menimbulkan dampak negatif seperti media penyimpanan yang error atau bisa juga menyebabkan data corrupt. Hal ini juga berlaku untuk perangkat penyimpanan lainnya, termasuk hardisk dan kartu memory. Jadi, fornatlah flashdisk hanya pada saat benar-benar harus dilakukan.

 

9. Jauhkan Flashdisk dari Medan Magnet

 

Medan magnet yang berada dekat dengan flashdisk juga bisa menjadi penyebab rusaknya flashdisk. Tidak hanya flashdisk saja, karena radiasi magnet juga bisa berbahaya terhadap perangkat elektronik lainnya.

 

10. Bijaklah Dalam Menyimpan Data

 

Jumlah data tersimpan yang terlalu besar pada flashdisk juga tidak baik. Anda bisa mengakalinya dengan mengkonpres file yang size nya besar ke dalam bentuk zip. Untuk melakukannya anda bisa memanfaatkan berbagai software, contohnya Win Rar.

 

11. Tidak Menyimpan File Download Langsung ke dalam Flashdisk

 

Jika anda sedang menggunakan komputer dan ingin mendownload file dari internet, janganlah langsung menyimpan file tersebut ke dalam flashdisk. Hal itu mengingat flashdisk merupakan perangkat penyimpanan yang bisa dikatakan ringkih dan mudah terkena infeksi virus. Jadi ketika anda mengunduh file dari jnternet, simpan dahulu ke komputer untuk mengetahui ada atau tidaknya virus yang bisa membahayakan perangkat anda. Setelah dirasa aman, barulah pindahkan file tadi ke dalam flashdisk.

 

12. Jauhkan Flashdisk dari Alat Elektronik Lain

 

Apabila flashdisk sedang tidak digunakan, hindarilah meletakkan flashdisk dekat dengan alat elektronik lain karena bisa menyebabkan radiasi yang berdampak buruk bagi flaahdisk.

Nah itulah beberapa tips untuk merawat flashdisk supaya awet. Mudah-mudahan info yang TeknologiRAF berikan kali ini bermanfaat untuk anda semua.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.