5 Cara Sederhana Merawat Laptop

Tips dan Trik 0

5 Cara merawat laptop – Halo sahabat TeknologiRAF yang budiman. Kali ini saya akan membuat artikel tentang cara merawat laptop. Jadi nanti sahabat yang mempunyai laptop, semuanya akan bisa merawat sendiri, karena ini memang ditujukan untuk merawat laptop yang sederhana-sederhana saja.

Beberapa cara yang akan saya jabarkan ini, cara merawatnya kalian tidak perlu membuka mesin laptop, jadi hanya bagian luar yang bisa semua pengguna laptop lakukan (namun ini penting). Tentu dengan menerapkan panduan artikel ini, Insya Allah akan membuat laptop anda semakin awet (memperpanjang masa pakai).

Baca Juga : Tips Menghemat Kuota Internet di PC

Ibaratnya sedia payung sebelum hujan, jadi silahkan sahabat terapkan beberapa cara merawat laptop sebelum membawa laptop ke tukang service, artinya laptop kalian rusak.

Cara merawat laptop agar lebih awet

1. Membersihkan laptop dari debu

Yang pertama agar latop kalian tidak mudah rusak, kalian harus membersihkan laptop dari debu. Sebenarnya tidak hanya debu, kotoran lain yang menjadi penyebab rusaknya komponen laptop juga harus dibersihkan.

Kerusakan pada laptop yang biasanya rawan dari penyebab debu adalah tombol keyboard. Yang biasa kerusakannya adalah tidak berfungsinya beberapa tombol keyboard.

Untuk cara pembersihannya, biasanya menggunakan air semprotan yang tersedia di penjual laptop untuk dibeli. Kemudian semprotkan pada bagian kotor laptop dan di lap (basuh) dengan kanibu atau kain kering.

2. Jangan mengetik terlalu kasar

Selain dari debu, keyboard juga sensitif dengan tekanan jari yang kasar. Akibatnya tombol pada keyboard tidak bisa digunakan karena kerusakan pada ‘per’ tombol.

3. Jangan mencopot baterai ketika digunakan di rumah dan memberi arus langsung dari listrik

Jika kalian menggunakan laptop dengan arus langsung dan mencopot baterai, maka ketika listrik mati laptop akan mati serta terdapat kerusakan atau kebakarnya komponen dalam laptop (karena arus langsung yang terlalu deras tadi).

4. Copot charger baterai ketika penuh

Banyak kejadian menggunakan laptop sambil di charger, menurut saya itu tidak masalah. Namun kalau sudah penuh (100%) lekas copot charger dari laptop, karena ini kebanyakan penyebab dari baterai laptop soak (rusak).

Baca juga: Tips mengusir kebosanan dengan situs menarik

5. Jangan gunakan berlebihan

Menggunakan laptop berlebihan juga dapat mempersingkat masa pakai laptop, sehingga sebaiknya gunakan secukupnya.

Nah itulah ke 5 cara merawat laptop yang bisa kalian semua lakukan. Semoga tips dari artikel ini bermanfaat untuk sahabat TeknologiRAF. Sekian.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.