Cara Menambang/Mining Bitcoin

Gadget 0

Cryptocurrency atau mata uang kripto, adalah sebuah terobosan baru di dunia teknologi untuk mendukung dunia keuangan dan investasi. Pasalnya, dengan crypto currency, anda bisa menjadikannya sebuah aset yang bisa menambah pemasukan. Oleh karena itu tak heran jika banyak orang yang ingin mengatahui cara menambang bitcoin.

Mengenal tentang Apa itu Bitcoin Mining

Sebelum memahami langkah-langkah untuk melakukan penambangan Bitcoin, penting sekali untuk mengetahui apa itu bitcoin mining. Penambangan Bitcoin sendiri adalah suatu kegiatan dalam rangka mendapatkan bitcoin. Namun perlu digaris bawahi bahwa menambang bitcoin tidak sama dengan mendapatkan bitcoin dari event air drop, faucet, bonus, atau game.

Mining atau menambang bitcoin pada dasarnya membutuhkan suatu software dan hardware khusus. Kedua perangkat ini dipastikan dapat membantu memecah kode algoritma sehingga anda bisa mendapatkan bitcoin. Dalam menambang bitcoin terdapat istilah miner, yaitu seseorang yang melakukan penambangan. Berikut ini cara menambang Bitcoin melalui komputer atau PC.

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Menambang Bitcoin

Tentunya anda tidak mau mengalami kerugian ketika menambang Bitcoin, bukan? Oleh karena itu, sebelum memulai proyek serius dan matang ini, ketahuilah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mining.

Hashrate

Ini adalah angka yang dihasilkan dari perhitungan yang dilakukan oleh hardware anda selama setiap detik. Hashrate ini adalah hasil dari pemecahan kode matematika di dalam sebuah pertambangan. Jika Hashrate semakin tinggi maka kemungkinan mendapatkan bitcoin semakin besar.

Konsumsi energi

Penambangan bitcoin membutuhkan daya listrik yang besar. Pertimbangkan kebutuhan biaya untuk listrik yang harus dikeluarkan. Misalnya, anda bisa menghitung keuntungan dengan membandingkan jumlah hashes yang dikeluarkan dalam tiap watt listrik yang anda gunakan. Ini sangat membantu untuk membantu menentukan seberapa lama anda menambang dan bagaimana cara meminimalisir kebutuhan listrik.

Perangkat yang Digunakan

Tidak bisa dipungkiri bahwa pemilihan perangkat sangat menentukan keberhasilan maupun jumlah keuntungan yang bisa anda dapatkan. Memilih perangkat yang kerjanya lambat tentu membutuhkan daya listrik yang banyak dan berpengaruh pada jumlah hashes yang diperoleh.

Cara Menambang Bitcoin dengan PC

Menyiapkan Perangkat untuk Menambang Bitcoin

Untuk bisa menambang bitcoin anda harus memiliki hardware yang dapat mendukung aktivitas ini. jika tidak, hasil yang didapat tidak akan maksimal. Bahkan bisa membutuhkan daya dan biaya yang lebih besar. Apa saja perangkat keras (hardware) yang harus dipenuhi?

CPU atau GPU khusus Bitcoin mining

Perangkat yang paling rendah untuk dilakukan penambangan adalah menggunakan CPU komputer. Namun kelemahannya, ketika dijalankan justru lebih lambat dan membutuhkan konsumsi listrik yang besar.

Untuk mengatasinya, tingkatkan Hashrate dengan cara menambahkan graphic hardware. Tambahan ini berisi GPUs yang bisa menyelesaikan poligon kompleks. Sehingga komputer anda dapat memecahkan blok transaksi di dalam proses penambangan. Beberapa pilihan yang bisa anda coba adalah dari Nvidia atau ATI. Selain Bitcoin graphic hardware ini dapat dipakai untuk cryptocurrency yang lain.

FPGA Bitcoin Mining

FPGA adalah singkatan untuk Field Programmable Gate Array. FPGA adalah sirkuit yang didesain khusus agar dapat diintegrasikan pada konfigurasi bitcoin. Sikuit ini dapat memberikan kemudahan kepada miner untuk membeli chips per volume dan bsia diatur agar sesuai untuk menambang bitcoin.

Dengan kata lain, FPGA dibuat khusus untuk penambangan. Sehingga dalam prakteknya, sirkuit ini mampu memberikan perfrma yang lebih baik daripada CPU atau GPU.

ASIC Bitcoin Miners

ASICs adalah sebutan untuk Application Specific Integrated Circuits. Kecepatan yang diberikan sangat siginifikan lebih baik daripada perangkat lain. Hal ini disebabkan karena ASICs diciptakan khusus untuk menambang cryptocurrency satu ini. terlebih lagi, ASICs juga menawarkan konsumsi energi yang cukup rendah.

Layanan Cloud

Langkah yang paling sederhana dalam melakukan penambangan Bitcoin adalah dengan menggunakan layanan cloud. Namun kekurangan dari cara menambang bitcoin melalui cloud adalah tingginya resiko yang bisa terjadi. Hal ini dikarenakan kita tidak memegang kendali penuh terhadap perangkat keras tersebut. Bahkan seringkali terjadi penipuan dan penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Siapkan Perangkat Lunak yang Sesuai

Kecepatan penambangan tidak hanya bergantung pada perangkat keras yang digunakan, tapi juga perangkat lunak. Berikut ini beberapa pilihan perangkat lunak yang bisa digunakan khusus untuk menambang bitcoin.

SBC atau Standard Bitcoin Client

Perangkat lunak satu ini berfungsi untuk melakukan beberap akerja yang berhubungan dengan penambangan bitcoin. Beberapa kerja yang bisa dilakukan yaitu menghubungkan PC anda ke jaringan transaksi, melakukan forward transaksi, serta melakukan pengecekan blockchain. Sehingga penyampaian informasi dari klien ke penambang dan jaringan akan semakin efektif.

Bitcoin Mining Software

Software ini mendukung proses penyampaian transaksi block agar bisa dipecahkan. Selain itu, terdapat variasi proses yang dilakukan tergantung dari OS (operating system) yang digunakan PC anda. Jika anda menggunakan ASICs, maka anda memerlukan perangkan lunak ini. Namun Asics terbaru kini sudah dilengkapi dengan Bitcoin address sehingga menyederhanakan proses instalasi.

Mulai Menambang dan Bergabung dengan Komunitas

Jika cara menambang bitcoin di atas sudah dilakukan dengan baik, maka anda sudah bisa menambang bitcoin. Setelah menambang, ada baiknya jika anda ikut bergabung ke dalam komunitas penambang bitcoin. Biasanya di dalam komunitas itu para anggota saling bekerja sama untuk mendapatkan bitcoin. Kemudian mereka akan membagi hasil dari penambangan tersebut.

Ada beberapa rekomendasi perkumpulan yang bisa mendukung aktivitas anda dalam menambang seperti P2Pool. Perkumpulan ini sangat terdesentralisasi dan sangat terpercaya. Mereka dapat memvalidasi block melalui bitcoin core 0.9.5 maupun dengan versi terbaru.

Membuat Bitcoin Wallet

Memiliki bitcoin, tentu anda juga harus memiliki dompetya. Guna dompet ini adalah untuk menampung atau menyimpan seluruh bitcoin yang sudah anda tambang. Ada beberapa dompet yang direkomendasikan khusus untuk penambang bitcoin, salah satunya adalah Copay. Banyak penambang menggunakan dompet ini karena bisa digunakan di banyak sistem operasi yang berbeda-beda.

Ketika anda berhasil mendapatkan bitcoin, maka cryptocurrency ini akan dikirim ke dompet tersebut melalui sebuah kode yang sangat unik. Namun anda perlu berhati-hati karena kode ini sangat rahasia. Perlu bagi anda untuk melakukan pengamanan ganda guna melindungi transaksi dari hacking.

Tidak hanya Copay, beberapa dompet lainnya juga menawarkan kemudahan dan keuntungan yang sama. Misalnya seperti SpectroCoin yang berasal dari Eropa dan bisa didapatkan melalui kartu kredit. Kraken dan CoinBase juga merupakan dompet bitcoin yang banyak digunakan di seluruh dunia.

Update Informasi Mengenai Bitcoin

Setelah semua proses berjalan dengan lancar, cara menambang bitcoin yang terakhir adalah senantiasa update informasi mengenai bitcoin dan pasar cryptocurrency. Hal ini dilakukan agar anda bisa lebih mudah untuk memprediksi keuntungan yang akan anda dapatkan. Informasi ini bisa didapat melalui situs berita Bitcoin atau lewat komunitas.

Baca juga Cara Mendapatkan Bitcoin

Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.