Fakta Unik dan Menarik

6 Dampak Negatif Dari Internet Yang Belum Diketahui

6 Dampak Negatif Dari Internet Yang Belum Diketahui

Dampak negatif internet – Di zaman yang cukup modern ini hampir semua orang di Indonesia atau pun dunia pasti sudah pernah atau masih sering menggunakan internet. Namun tahukan anda bahwa internet memiliki dampak negatif, secara sadar tidak sadar bisa jadi anda sudah terkena dampak negatif internet.

Kali ini kami TeknologiRAF ingin menyampaikan artikel agar para pengguna internet yang sangat aktif dapat mengetahui dampak negatif dari internet, dan dapat mengatasinya dari sekarang juga. Berikut adalah 6 dampak negatif internet.

Baca juga: Klungbot, Robot Angklung Yang Modern Asal Bandung

1. Kecanduan

Dampak negatif yang pertama kali dari menggunakan internet adalah kecanduan mengkonsumsi internet. Secara sadar dan tidak sadar internet saat ini telah menjadi kebutuhan besar kita, padahal jika anda pikir–pikir menggunakan internet bukanlah segalanya lhoo…. Jika kamu hanya menggunakannya dengan percuma. Pernahkah anda menghitung pengeluaran untuk membeli paketan internet? Atau mungkin menghitung berapa besar kuota yang dihabiskan dari internet? Pikirkanlah lagi.

2. Tidak Peka

Ketidakpekannya dalam lingkungan sekitar adalah dampak yang berbahaya dan internet memiliki dampak negatif ini. Disaat anda menggunakan internet janganlah terlalu mementingkan hal–hal seperti sosial media sampai lupa segalanya baik dari mementingkan diri sendiri bahkan mementingkan urusan orang lain. Di internet sering juga kita memposting atau menulis status yang kadang menyinggung perasaan orang lain namun kita tidak mengetahuinya, hal itu patut untuk anda dihindari.

3. Semua terasa sangatlah mudah

Internet adalah tempat wawasan yang sangat luas sehingga dapat dikatakan bahwa “Dunia hanya didalam genggaman”. Kita dapat mengetahui segala hal dari internet, tetapi pernahkah anda berpikir bahwa itu kadang menjadi hal yang negatif? Kebiasaan mencari apapun di internet bisa menjadi dampak yang negatif karena tidak semua sumber dari internet itu benar dan tidak semua orang bisa memastikan kebenarannya, lebih baik jika anda mencari di internet carilah hal–hal positif yang dapat membuka wawasan anda yang tentunya berasal dari situs–situs terpercaya.

4. Masuknya hal negatif

Internet memudahkan segalanya baik dari komunikasi maupun informasi, dan tidak sedikit orang juga melakukan hal–hal negatif kedalam internet yang dapat merusak otak kita sendiri, internet sangatlah mudah untuk masuk dari seluruh dunia kedalam internet karena sudah tidak mengela lagi batas wilayah. Gaya hidup bebas dan masuknya konten dewasa sangat mudah didapatkan bagi anak–anak yang masih dibawah umur dan belum sepantasnya melihat hal–hal tersebut.

5. Kejahatan kriminal

Angka kriminal di internet dibandingkan dengan kejahatan di dunia asli memanglah lebih kecil, tetapi jangan salah kejahatan di internet bisa saja lebih kejam. Aktivitas pembajakan game dan software, cracking, menyerang pemerintah, DDOS, Spionase dan Perang antar hacker kerugiannya sangat besar. Kejahatan di internet tidak mengenal siapa anda, anda bisa saja ditangkap oleh FBI dan Interpol karena dianggap hacker padahal anda adalah korban peretasan atau penyalahgunaan IP.

Baca juga: Mengapa Hacker Menggunakan Linux?

6. Berita Hoax!

Berita palsu / hoax yang menyebar adalah dampak negatif dari internet, karena di internet hal tersebut menjadi mudah disebarkan dan tersebar sendirinya dengan mengshare di media sosial, berita–berita ini sangat sering digunakan untuk memberi informasi yang sesat untuk para pembacanya dan menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Tidak hanya sampai disitu berita hoax sering juga mengajak para pembacanya agar mereka terprovokasi dan melakukan hal–hal yang merugikan.

Click to comment

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.

Paling Populer

Teknologiraf adalah media paling kece dan update tentang tips, trik, tutorial, download, dan seputar dunia teknologi. Didirikan tahun 2016.

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain

Copyright © 2016 - 2017 TeknologiRAF | Explore Your Technology

To Top