11 Destinasi Wisata Bahari Terbaik di Indonesia

Wisata 0

11 Destinasi Wisata Bahari Terbaik di IndonesiaIndonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, di mana sebagian besar wilayahnya teridiri atas lautan. Jadi tidak mengherankan jik Indonesia dikenal dunia karena memiliki banyak sekali destinasi wisata bahari. Ada cukup banyak tempat wisata bahari di Indonesia yang tersebar mulai dari Sabang hingga Merakuke. Keindahannya pun juga tidak perlu anda ragukan lagi, karena sudah diakui oleh banyak orang dari berbagai penjuru dunia.

 

Destinasi Wisata Bahari

11 Destinasi Wisata Bahari Terbaik di Indonesia

Bagi anda yang berencana ingin traveling, cobalah untuk menjelajahi wisata bahari di Indonesia. Nah, bagi anda yang bingung mau kemana, berikut TeknologiRAF berikan referensi mengenai 11 destinasi wisata bahari terbaik di Indonesia. Bagi anda yang penasaran, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

11 Destinasi Wisata Bahari Terbaik di Indonesia

 

1. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

 

Destinasi Wisata Bahari

Ketika anda mengunjungi tempat ini mungkin anda akan merasa sangat kagum dengan keindahan bawah lautnya. Taman Nasional Bunaken telah terkenal hingga ke berbagai penjuru dunia sebagai tempat diving terbaik. Hal itu dikarenakan pemandangan bawah lautnya yang sangat mengagumkan dengan gugusan karang dan coral yang masih alami. Taman laut ini terletak di Provinsi Sulawesi Utara dan hanya berjarak 75 mil dari pantai Manado. Karena keindahan yang tiada duanya di dunia, PBB melalui UNESCO telah menetapkan Taman Nasional Bunaken sebagai wilayah konservasi laut yang wajib untuk dijaga.

 

2. Raja Ampat, Papua Barat

 

Destinasi Wisata Bahari

Siapa dari anda yang tidak mengenal tempat wisata terbaik di Indonesia ini? Selama beberapa tahun terakhir, Raja Ampat masih naik daun dan banyak sekali orang-orang baik dari dalam maupun luar negeri yang bercita-cita ingin kesana. Tempat wisata yang sangat eksotis dengan pemandangan pulau-pulau menjulang ini sangatlah mengagumkan sehingga tidak mengherankan jika nama Raja Ampat pernah mengangkat nama Indonesia di kancah Internasional sebagai negara penyedia destinasi wisata bahari terbaik di dunia. Di sini anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti diving ataupun snorkeling. Karena Raja Ampat dikenal memiliki pemandangan bawah laut yang masih sangat terjaga.

 

3. Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur

 

Destinasi Wisata Bahari

Dari Kota Kupang hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam saja untuk menuju Pulau Alor yang secara geografis terletak di Bagian paling Timur dari Kepulauan Nusa Tenggara Timur. Pulau Alor menawarkan keindahan berupa laut jernih yang berpadu sempurna dengan birunya langit NTT. Terumbu karang yang masih alami dengan gugusan coral padat juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Jadi, Snorkeling menjadi agenda kegiatan wajib yang harus anda lakukan apabila anda datang ke Pulau Alor.

 

4. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

 

Pulau yang satu ini sangat terkenal di dunia karena hanya di sinilah habitat asli hewan Komodo yang masih tersedia. Tidak hanya itu saja, ternyata Pulau Komodo juga menawarkan destinasi wisata air yang tidak kalah menakjubkan. Di sini kamu bisa diving di air yang masih jernih dan memiliki banyak jenis terumbu karang dan bebatuan koral yang masih alami. Tidak hanya itu saja, perairan di sekitar pulau Komodo juga sering dilalui oleh ikan-ikan besar, jadi jika kamu datang ke sini, wajib hukumnya untuk diving.

 

5. Banda Neira, Maluku

 

Destinasi Wisata Bahari

Pulau Neira yang berlokasi di Maluku ini memang kurang begitu populer di kalangan pelancong, baik itu domestik maupun asing. Hal itu dikarenakan akses yang tersedia untuk menuju ke sana masih dirasa begitu sulit. Hanya mereka yang benar-benar traveler sejatilah yang sampai ke sana. Padahal, keindahan yang diberikan oleh pulau ini sangatlah luar biasa. Di sini anda bisa snorkeling di air jernih dan ditemani dengan ikan yang jumlahnya sangat banyak.

 

6. Kepulauan Seribu

 

Destinasi Wisata Bahari

Bisa dibilang ini merupakan destinasi wisata bahari terbaik yang berlokasi di ibukota Jakarta. Akses untuk menuju ke Kepulauan Seribu sangatlah mudah karena telah tersedianya transportasi yang memadai. Sesampainya di sana anda bisa menikmati keindahan pantai dengan melakukan berbagai jenis kegiatan seperti snorkeling, memancing, berselancar, dan lain-lain. Pembangunan di tempat wisata Kepulauan Seribu pun terus dikembangankan dengan memperhatikan tata ruang yang terang serta pembangunan Taman Nasional.

 

7. Pantai Tanjung Setia, Lampung

 

Destinasi Wisata Bahari

Pantai yang berlokasi di peisir Lampung ini terkenal hingga ke mancanegara karena memiliki ombak yang sangat baik untuk olahraga selancar. Pada bulan ternetu seperti April hingga Oktober, ombak di Pantai Tanjung Setia dapat mencapai ketinggian 4 meter dan panjang 200 meter.

Baca juga : Pantai Tanjung Setia, Wisata Indah di Pesisir Lampung

Oleh sebab itulah, di sini seringkali diadakan event selancar bergengsi, mulai dari tingkat regional, nasional, hingga internasional. Cottages khusus para peselancar juga tersedia di sepanjang jalan menuju Pantai Tanjung Setia.

 

8. Pulau Pahawang, Lampung

 

Destinasi Wisata Bahari

Masih berada di Provinsi Lampung, terdapat Pulau Pahawang yang menyajikan keindahan alam bawah laut yang begitu eksotis. Pulau Pahawang terdiri atas dua pulau, yaitu Pahawang besar dan Pahawang kecil. Pulau Pahawang besar dihuni oleh lebih kurang 300 kepala keluarga yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di sini, seperti menangkap ikan dengan cara memancing ataupun menikmati keindahan alam bawah laut dengan melakukan snorkeling dan diving.

 

9. Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi

 

Destinasi Wisata Bahari

Salah satu spot wisata unggulan yang berada di kepulauan Wakatobi ialah taman lautnya. Destinasi ini merupakan spot terbaik bagi anda para pengaggum keindahan bawah laut. Terdapat banyak sekali spesies ikan dan gugusan terumbu karang yang masih sangat terjaga keasliannya. Bagi anda yang belum bisa diving, anda juga bisa menikmati keindahan laut dengan cara snorkeling. Karena airnya yang sangat jernih, anda bisa dengan mudah melihat seisi bawah laut Wakatobi.

 

10. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

 

Destinasi Wisata Bahari

Mentawai merupakan salah satu spot surfing yang sangat terkenal di dunia. Letaknya yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia membuat ombak yang berada di Mentawai memiliki kualitas yang sangat pas untuk melakukan olahraga surfing. Pada bulan April hingga Agustus ombak di Mentawai dapat mencapai ketinggian 7 meter. Hal itu membuat banyak turis dari mancanegara yang berbondong-bondong datang ke Mentawai hanya untuk menikmati ombaknya. Ombak di Kepulauan Mentawai digadang-gadang merupakan yang terbaik ketiga di dunia setelah Hawai dan Tahiti.

 

11. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

 

Kepulauan Derawan

Bagi anda yang penasaran untuk melihat langsung konservasi Penyu, maka destinasi wisata yang paling cocok untuk anda kunjungi ialah Kepulauan Derawan. Pulau ini memberikan daya tarik utama berupa konservasi penyu. Tidak hanya itu saja, di sini anda juga bisa melihat alam bawah lautnya dengan cara diving ataupun snorkeling. Karena Kepulauan Derawan dikenal memiliki total 53% jenis terumbu karang yang ada di dunia. Jadi sangatlah rugi jika anda kemari namun tidak melihat keindahan bawah lautnya.

Nah, itulah destinasi wisata bahari terbaik di Indonesia, semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang berencana ingin melakukan traveling dengan berwisata bahari.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.