6 Fakta Tentang Keyboard Yang Wajib Kamu Ketahui

Fakta unik tentang Keyboard –  Karena sangat amat majunya perkembangan teknologi pada saat ini, kita sudah tidak perlu capek lagi untuk menulis di kertas dengan bersusah payah, karena saat ini Keyboard telah hadir agar memudahkan pekerjaan dalam hal menulis. Namun tahukah anda fakta menarik tentang keyboard itu sendiri? Berikut ini adalah beberapa fakta tentang keyboard yang wajib anda ketahui.

1. Keyboard QWERTY

Pernahkah anda berpikir mengapa keyboard hurufnya acak–acakan atau yang biasa disebut QWERTY? Mengapa tidak dibuat urut saja seperti ABCDE? Tahukah anda rupanya keyboard dibuat QWERTY karena disaat membuat keyboard dengan huruf yang urut dibuat agar menghindari tuas mesin ketik agar tidak saling bertabrakan. Tidak hanya itu ternyata pernah dikabarkan untuk memperlambat pengetikan. Namun, berita tersebut sudah dipastikan tidak benar, karena susunan QWERTY malah akan mempercepat jari saat mengetik dan menghindari terjadinya gangguan ‘paper jams’. Tata letak QWERTY ini pertama kali digunakan pada sebuah mesin ketik buatan E. Remington pada tahun 1874.

Baca juga: Ini Dia! Fakta Menarik Tentang Minecraft!

2. Press any key….

Gambar Press Any Key...

Gambar dari dreamstime.com

Siapa sih orang yang tidak tahu dengan tulisan yang satu ini? Jika anda yang pernah melakukan booting atau menginstall komputer anda? Ternyata tak jarang juga lho orang yang bingung dimanakah tombol Any letaknya karena tulisan “Press any key to continue”, bagi orang yang kurang mengerti bahasa Inggris pasti ini merupakan hal yang sulit sehingga akan mencarinya dimanakah tombol tersebut. Padahal maksud dari perintah itu kita harus menekan sembarang tombol untuk melanjutkannya. Pernahkah anda juga kesusahan dan mencari tombol any dalam melakukan hal tersebut?.

3. Ctrl + Alt + Del adalah kesalahan

Ctrl + Alt + Del adalah kombinasi tombol yang awalnya dirancang untuk melakukan Reboot namun dialihkan untuk Task Manager. Tapi tahukah anda bahwa pada saat acara pengumpulan dana di Universitas Harvard, Gates menuding bahwa kesalahan terletak pada IBM dan mengatakan dia lebih suka jika hanya satu tombol saja yang digunakan. “Kita bisa menggunakan satu tombol, namun orang yang membuat papan ketik di IBM tidak mau memberikan kita satu tombol” kata Gates. Penggunaan Ctrl + Alt + Del itu sendiri ditemukan oleh insinyur IBM, David Bradley. Lalu dipopulerkan oleh Bill Gates.

4. Keyboard adalah tempat yang kotor

Ternyata setelah diteliti, keyboard adalah tempat yang kotor dan kotornya bahkan bisa melebihi toilet. Karena sering kali kita mengetik di keyboard tanpa mencuci tangan apalagi ditambah debu yang banyak. Rajinlah kamu dalam membersihkan keyboard dalam jangka 2 bulan sekali agar kuman-kuman dan debu yang menempel agar hilang sehingga kebersihan dan kesehatan dapat kita jaga.

Baca juga: Ecosia.org Mesin Pencari Unik Penanam Pohon

5. Tata letak keyboard

Bila standard keyboard dengan tata letak QWERTY namun bagaimana dengan keyboard bertulisan bahasa arab? Ternyata berbeda–beda lho seperti bahasa Mandarin, Jepang, Georgia, Yunani, Ibrani, Rusia dan masih banyak lagi!. Dan selain tata letak keyboard QWERTY terdapat juga salah satu tata letak keyboard DVORAK yang dipatenkan tahun 1936 oleh August Dvorak (Seorang profesor dan psikolog pendidik di University of Washington di Seattle) dan William Dealey. Meskipun jarang penggunanya namun keyboard dengan format DVORAK ini didudukung oleh sistem operasi besar seperti Windows, Mac OS, Linux dan BSD.

DVORAK KEYBOAR

Gambar dari wikimedia.org

6. Keylogger

Kamu ingin tahu password orang? Atau stalking si doi? Keylogger adalah pilihan tepat. Disaat kamu sedang mengetik apapun di keyboard ternyata dapat ditulis lho sehingga kita dapat mengetahui apa yang barusan diketik oleh target seperti password, shortcut keys maupun mengetik biasa. Hebat bukan? Namun banyak juga pihak yang dirugikan dengan cara ini apalagi untuk para hacker. Caranya mudah, anda dapat mendownload dan menginstall aplikasi Keylogger dengan catatan anda harus berhati–hati karena banyak juga software Keylogger yang diam–diam juga mencuri dan menyimpannya di server dan dibaca oleh pembuatnya.

Baca juga: Pengertian dan Penjelasan DeepWeb

Mungkin hanya itu fakta-fakta unik mengenai Keyboard, pasti dari ke-6 fakta diatas ada beberapa yang pasti anda baru tahu, jujur saja ya kan??? Hehehe….

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

3 Responses

  1. author

    Muthia Zhafira5 November, 2016 at 03:16Reply

    Waahh, ternyata banyak juga yaa yang belum saya ketahui mengenai keyboard, dan ternyata juga baru tahu kalau keyboard adalah tempat yang paling kotor bahkan mengalahkan kotornya toilet. Terima kasih.

    • author Author

      TeknologiRAF5 November, 2016 at 13:16Reply

      Iyaa kak Muthia, masih banyak lagi looh, namun saking banyaknya saya hanya mengambil 6 fakta saja. Sama-sama.

  2. author

    isp jakarta16 Juni, 2017 at 15:33Reply

    Thank ya, infonya.

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.