Mengapa Hacker Menggunakan Linux?

Kenapa hacker menggunakan Linux? – Operation System (OS) atau yang biasa kita sebut sebagai sistem operasi komputer digunakan untuk menjalankan komputer atau laptop kita, sistem operasi apakah yang kamu gunakan selama ini? Apakah Microsoft Windows? Macintosh/OS X? atau Linux?. Untuk sistem operasi sistem yang saya katakan sebelumnya apakah anda pernah mendengarnya?.

Linux adalah sistem operasi yang awalnya berasal dari Unix lalu diubah dan dimodifikasi, sehingga dapat dikatakan bawah Linux merupakan varian dari Unix. Linux pertama kali dimodifikasi oleh Linus Torvalds yang sebelumnya telah dimodifikasi MINIX, namun Linus Tovalds membuat versi non-komersialnya lalu jadilah Linux. Meskipun mesin pencari ini jarang didengar oleh banyak orang ternyata Linux memiliki banyak penggemarnya terutama para hacker yang senang meretas sistem keamanan menggunakan Linux di komputernya karena beberapa alasan, berikut ini adalah mengapa para hacker menggunakan Linux:

Baca juga: Harga Paket Internet Loop Terbaru Desember 2016

1. Multi Tasking

Alasan pertama hacker menggunakan Linux

Gambar dari academichelp.net

Multi tasking atau melakukan banyak pekerjaan atau aplikasi sekaligus secara bersamaan di komputer pasti membuat komputer kita nge-lag. Di dalam Linux anda dapat membuka banyak aplikasi lebih banyak karena Linux dirancang untuk Multi Tasking.

2. Open Source

Alasan kedua hacker menggunakan Linux

Gambar dari irisns.com

Tidak seperti Windows dan Mac OS X yang bersifat komersial atau berbayar, Linux justru Open Source yang artinya gratis dan anda juga dapat mempelajari, memodifikasi maupun mendistribusikan tanpa membayar royalti kepada pengembang sebelumnya. Dan sebagian besar aplikasi yang berjalan di Linux adalah open source juga atau gratis sehingga sangat menguntungkan bagi anda.

3. Ringan

Alasan ketiga hacker menggunakan Linux

Gambar dari unesaprodijepang.files.wordpress.com

Ringan yang dimaksudkan disini adalah ringan untuk digunakan komputer, karena Linux mendukung banyak perangkat keras komputer dengan persyaratan hardware minimum.

4. Instalasi Mudah

Alasan keempat hacker menggunakan Linux

Gambar dari myeasytranslator.com

Instalasi yang mudah dan dirancang dengan setup user friendly dapat memudahkan anda untuk menginstall Linux. Tidak hanya itu, Linux juga memiliki waktu install yang lebih cepat dibandingkan sistem operasi lainnya. Namun bila anda menggunakan sistem operasi Windows tentunya lebih berbeda karena Linux sendiri memiliki banyak pilihan jenis seperti Ubuntu, Fedora Linux Mint, dan masih banyak lagi sehingga terkadang membuat para pengguna bingung untuk memilih jenis yang mana.

5. Jaringan

Alasan kelima hacker menggunakan Linux

Gambar dari pintarkomputer.com

Jaringan di Linux bisa dibilang lebih efektif, itulah sebab mengapa para hacker menggunakan Linux. Selain itu Linux memiliki banyak command / perintah untuk jaringan dan lebih andal untuk membuat backup jaringan yang lebih cepat dibandingkan sistem operasi lain.

6. Stabilitas

Linux memiliki kelebihan penting dibandingkan yang lain terutama dibidang stabilitas, crash atau nge-hang jarang ditemukan di Linux yang mengharuskan kita untuk me-restart komputer agar bisa kembali dijalankan.

7. Keamanan Tinggi

Linux adalah sistem operasi yang multi-user sehingga apabila diserang virus, spyware, trojan dan lainnya lebih unggul dibandingkan Windows karena apabila virus itu menyerang user yang satu akan sangat sulit menyebar ke user lainnya.

8. Penyimpanan

Apabila memory penyimpananmu di hard disk penuh Linux tetap berjalan optimal, berbeda dengan Windows yang justru semakin penuh semakin melambat sehingga tidak optimal. Penyimpanan yang penuh namun tetap optimal membuat hacker menggunakan Linux karena dalam proses cracking tidak ingin terjadi kegagalan karena komputer tidak berjalan dengan optimal.

9. Dukungan Bahasa Pemrograman

Dari C/C++, Java, PHP, Phyton, Ruby, Perl, dan banyak lagi dapat digunakan di Linux. Jutaan baris kode yang ditulis untuk aplikasi Linux biasanya juga dalam cara yang sangat mudah, sehingga mudah digunakan untuk membuat dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai pekerjaan.

Baca juga: 5 Mitos Baterai HP Android Yang Keliru

10. Tools Hacking

Tools atau aplikasi yang digunakan untuk hacking sangatlah beragam. Di Linux terdapat banyak aplikasi hacking berkembang karena Linux sifatnya Open-Source, contohnya adalah Wireshark, Etherscape, Kismet, John The Ripper, NMAP, Nessus, TCPDump, Firestarter, Pyrit Dsniff, Aircrack-ng, dan masih banyak lagi.

Jadi, itulah beberapa alasan mengapa hacker menggunakan Linux dalam sistem pengoperasiannya, namun bagi kamu yang ingin mengganti sistem operasi Windows ke Linux tentunya agak sulit karena Linux berbeda dengan Windows baik dari sistemnya sampai aplikasinya.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.