Klungbot, Robot Angklung Yang Modern Asal Bandung

Fakta unik robot angklung – Alat musik tradisional adalah alat musik yang turun–temurun dari masyarakat dimainkan secara tradisional. Di Indonesia memiliki banyak sekali alat musik tradisional seperti Gamelan, Kolintang, Sasando, Angklung, dan masih banyak lagi. Namun, pernahkah anda berfikir alat musik tradisional tersebut dimainkan dengan perpaduan teknologi yang berkembang saat ini?.

Klungbot adalah salah satunya, Klungbot adalah perpaduan antara angklung dengan robot sehingga dapat dimainkan dengan aplikasi yang dihubungkan dengan robot yang menggerakkan robot tersebut. Penggagas ide ini adalah anak dari Pak Eko Mursito yang merupakan dosen fisika Institut Teknologi Bandung (ITB) yang terinsiprasi karena setiap harinya ia melewati Saung Angklung Udjo dalam menuju rumahnya.

Baca juga: Mengapa Hacker Menggunakan Linux?

Awal dikembangkannya Klungbot dimulai dari tahun 2010 hingga saat ini, Klungbot dapat dimainkan baik dari lagu–lagu daerah, nasional, maupun lagu barat. Cara kerjanya yaitu memasukkan lagu dengan aransemen khusus ke program Klungbot supaya bisa dibaca sistem. Setelah dibaca oleh sistem, sistem tersebut akan menggerakkan seperangkat angklung.

Gambang robot angklung

Gambar dari Youtube.com

Tidak hanya dapat dimainkan dengan menggunakan komputer, Klungbot juga dapat dimainkan dengan keyboard, android, dan yang terbaru melalui gerakan tangan. Jadi pengguna bisa menggerakkan tangan sesuai dengan sandi-sandi nada ke Webcam.

Demi menghasilkan nada yang merdu, Klungbot ini menggunakan angklung kualitas terbaik di dunia yang dikerjakan oleh anak didik dari Bapak Angklung Indonesia Daeng Soetigna yang bernama Handiman. Dengan hasil yang maksimal, Klungbot-pun akhirnya dimulai dipamerkan dibeberapa ajang dan diikutsertakan dalam berbagai lomba. Hasilnya tidak sia-sia, alat musik yang dikombinasikan sentuhan teknologi ini menjuarai beberapa lomba mulai tingkat regional hingga nasional.

Baca juga: Harga Paket Internet Loop Terbaru Desember 2016

Klungbot saat ini dijual komersial dengan harga berikisar 11-15 Juta Rupiah yang menargetkan promosi penjualan untuk dipakai di Hotel dan Restoran, Klungbot juga dapat disewakan untuk sebuah acara pernikahan dan lainnya.

Klungbot saat ini sudah sukses dipasaran contohnya Ahmad Heryawan yang merupakan Gubernur Jawa Barat ikut membeli Klungbot, lalu perusahaan produsen telepon sellular Nokia dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun ikut membelinya.

Video dibawah adalah video KlungBot yang sedang dimainkan.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.