8 Fungsi Kemasan Pada Sebuah Produk Yang Harus Anda Ketahui

Seni 0

Fungsi kemasan – Selamat datang ke website TeknologiRAF, pada kali ini saya akan membahas mengenai salah satu pelajaran sekolah, yaitu seni

Mungkin pada saat ini kita hanya mengetahui bahwa sebuah kemasan hanya berfungsi sebagai pelindung bagi sebuah produk, padahal masih banyak loh fungsi kemasan yang harus anda ketahui. Baik itu fungsi kemasan pada produk kerajinan, maupun produk lainnya.

Biasanya banyak sekali pertanyaan pertanyaan yang muncul pada pelajaran sekolah seni budaya, seperti tuliskan fungsi kemasan pada sebuah produk, sebutkan fungsi kemasan pada produk kerajinan, dan pertanyaan lain.

Semua pertanyaan tersebut akan saya bahas di bawah ini, berikut fungsi kemasan pada sebuah produk.

8 Fungsi Kemasan Pada Sebuah Produk

1. Menjaga produk pada saat proses distribusi

Fungsi kemasan yang pertama adalah menjaga produk pada saat distribusi. Karena jika sebuah produk dikirim dari produsen kepada konsumen atau dari pabrik kepada pengecer pastinya melalui proses distribusi atau pengiriman.

Nah, pada saat proses itulah barang tersebut dijaga oleh kemasan, sehingga tidak tercecer, tumpah, dan lain lain. Terutama jika produk anda mudah rusak dan tumpah, seperti cairan dan butiran.

2. Melindungi dari pengaruh lingkungan luar

Lingkungan luar juga dapat berpengaruh loh terhadap kualitas dari produk anda, karena ada banyak jenis produk yang sangat mudah terpengaruh dari lingkungan luar, pastinya pengaruh buruk dari lingkungan luar dapat membahayakan bahkan merusak produk anda.

Baca juga: Virus yang menyerang manusia

Misal saja produk anda adalah produk yang memiliki bau tajam, cairan berbahaya, dan gas berbahaya. Pastinya dengan adanya kemasan dapat melindungi produk anda dari pengaruh buruk lingkungan luar.

Nah, kemasan juga dapat melindungi produk anda dari sinar ultraviolet, udara lembab, panas, benturan, mikroba, kotoran, dan yang dapat merusak dan menurunkan mutu produk anda lainnya.

3. Menunjukkan identitas produk

Selain melindungi produk, menjaga produk ketika proses distribusi atau pengiriman, ternyata fungsi kemasan juga dapat menunjukkan identitas dari sebuah produk.

Apalagi jika produk anda sudah dipakai oleh banyak orang, pastinya orang tersebut akan selalu ingat produk anda dari kemasannya, sehingga dari kemasan tersebut anda jadi mudah untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Nah, saran saya adalah gunakan kemasan yang unik, namun tidak menurunkan nilai fungsinya. Usahakan kemasan yang unik tersebut mudah di ingat oleh para pembeli anda, sehingga produk anda mendapatkan banyak pelanggan.

4. Meningkatkan efisiensi

Kemasan juga dapat meningkatkan efisiensi. Maksudnya apa tuh? Jadi, kemasan anda dapat memudahkan penghitungan jumlah produk. Misal anda menuliskan 1 lusin, 1 gross, 1/2 lusin, dan lain lain. Nah, itu juga termasuk salah satu fungsi kemasan.

5. Memberi kenyamanan

Nah, usahakan juga kemasan anda dapat memberi kenyamanan kepada para pelanggan anda. Ini bisa jadi salah satu hal yang dapat meningkatkan nilai jual produk anda.

Karena banyak orang yang membeli suatu produk dengan melihat kemasannya, jika produk anda memberikan rasa nyaman terhadap para pembeli dan pelanggan, pastinya orang tersebut akan memilih produk anda dibanding produk saingan. Untung bukan?

Untuk itu kemasan juga berfungsi untuk memberi kenyamanan kepada para pembeli dan pelanggan.

6. Memperpanjang pemakaian produk

Kemasan juga bisa untuk mengawetkan produk, contohnya adalah kemasan pada kecap dan sirup, kemasan kecap dan sirup banyak yang menggunakan botol plastik, sang produsen berfikir untuk memperpanjang pemakaian produk, karena jika menggunakan botol kaca atau beling pastinya mudah pecah.

Kan rugi kalau baru beli ehh langsung pecah karena jatuh sedikit.

7. Mengurangi biaya produksi

Fungsi yang ketujuh adalah mengurangi biaya produksi, sebenarnya anda dapat mengakali kemasan anda dengan barang barang yang lebih murah, namun tetap berkualitas, sehingga biaya produksi yang anda keluarkan menjadi lebih sedikit.

Baca juga: Penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit

Namun beda lagi jika anda mengandalkan kemasan sebagai nilai tambah dan nilai jual bagi produk anda, bisa jadi biaya produksi yang anda keluarkan untuk membuat kemasan lebih banyak dibanding biaya dari produk anda.

8. Menambah daya tarik dan harga

Fungsi kemasan bagi sebuah produk yang terakhir adalah menambah daya tarik dan menambah nilai jual atau harga.

Karena kemasan dapat meningkatkan daya tarik dan juga harga pada sebuah produk, maka tugas bagi produsen adalah menyediakan kemasan yang bagus, unik, dan berkualitas tinggi. Agar para pembeli dan pelanggan anda tidak kecewa.

Anda juga dapat menggunakan warna warna yang cerah yang dipadukan sehingga terlihat lebih cantik, mengikuti tren masa kini, terkesan bahwa produknya adalah produk berkualitas tinggi, dan terkesan bahwa produk di dalamnya adalah produk mahal dan terbaik yang pernah ada.

Itulah fungsi kemasan yang harus anda ketahui, banyak sekali bukan? Bukan hanya fungsi saja yang saya jelaskan, tetapi tips dan triknya juga. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.