HEBOH! Jaringan 2G Ingin Dihapus Di Indonesia

Apakah jaringan 2G dihapus? – Perkembangan teknologi tentunya mengubah segala hal menjadi lebih mudah dan cepat, contohnya di bidang komunikasi yang awalnya hanya mengandalkan surat–menyurat beralih menjadi pesan singkat atau yang biasa disebut “SMS” dengan menggunakan handphone dan saat ini hanya tinggal menggunakan aplikasi chatting yang dapat membalas pesan sangat cepat layaknya orang yang mengobrol secara langsung dengan mudah karena dapat digunakan di berbagai perangkat.

Disaat ingin mengirimkan pesan singkat atau sms tentunya membutuhkan pulsa dan sinyal yang baik agar sms tersebut dapat terkirim, di Indonesia memiliki dua jaringan telepon yaitu GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan CDMA (Code Division Multiple Access). Untuk di wilayah kota–kota besar seperti Jakarta sudah memiliki jaringan telepon dengan kecepatan yang tinggi dan biasa disebut dengan 4G.

Baca juga: Bagaimanakah Indonesia Jika Dijatuhi Nuklir?

Lalu bagaimanakah jaringan telepon di daerah kecil dan terpelosok di Indonesia? Di wilayah pesisir Indonesia masih menggunakan jaringan 2G yang kecepatannya masih dibilang rendah dan masih sulit untuk dicari karena BTS yang berguna untuk mengirimkan dan menerima sinyal radio ke perangkat mobile masih jarang. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk menghubungi pun lebih mahal karena masih belum meratanya pembangunan di berbagai daerah.

Namun demi mewujudkan wacana ekonomi digital Presiden Joko Widodo dan Menteri Kominfo Rudiantara meminta agar operator menghapus jaringan 2G secepatnya. Karena untuk bisa berjalannya ekonomi digital membutuhkan dukungan teknologi 4G seperti di kota–kota besar.

“Kalau bisa, pada 2018 nanti jaringan 2G sudah tidak ada lagi. Semua sudah 4G,” ungkap Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) pada sebuah seminar di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Demi mewujudkan terjadinya penghapusan jaringan 2G kebijakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) akan mendorong harga smartphone 4G lebih murah sehingga para pengguna dapat mau beralih dari jaringan 2G ke 4G. Selain itu, Pengoperasian jaringan 2G sangat mahal dibandingkan jaringan 3G atau 4G. Untuk menghadirkan kecepatan data 1 Mbps menggunakan GPRS relatif mahal dibandingkan saat memakai 4G.

Baca juga: Daftar Situs Belajar Ngetik 10 Jari Terbaik

Menkominfo juga mengajak para produsen ponsel untuk tak lagi memproduksi feature phone atau telepon genggam dan memperbanyak produksi smartphone karena selama ini jaringan 2G masih tersedia di feature phone. Jaringan 2G juga akan dimatikan secara bertahap mulai dari tahun 2017 dan jika sesuai rencana tahun 2019 jaringan 2G akan dimatikan total.

Semoga dengan adanya rencana penghapusan jaringan 2G pihak operator dan pemerintah bekerja sama untuk menaikkan kualitas dan membangun daerah–daerah pelosok lebih maju agar semua daerah dapat merasakan adanya jaringan 4G di Indonesia.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.