Ini Loh! Jenis–jenis Virus Didalam Komputer

Software 5

Jenis-jenis virus komputer – Pernahkah anda mendapat notifikasi serangan virus dari antivirus anda? Namun anda tidak mengetahui apakah isi dalam virus tersebut? Sebenarnya virus memiliki banyak macam dan memiliki efek yang merugikan bagi kita seperti muncul tulisan error sampai mencuri data–data penting kita, lalu apakah definisi dari virus itu sendiri? Virus adalah sebuah program yang dijalankan dan menginfeksi baik data maupun file yang berada di komputer yang biasanya menyerang antivirus dan driver komputer sehingga keamanan didalam komputer menjadi renggang.

Jenis-jenis virus komputer

Bagaimanakah cara menghadapi virus itu sendiri? Menghadapi virus dapat dilakukan dengan memasang software antivirus dengan membeli cd atau mendownload di internet, ada baiknya kita harus mengetahui jenis virus itu sendiri agar tahu apa yang dideteksi oleh antivirus kita apakah virus itu dan apakah itu palsu. Berikut ini adalah jenis–jenis virus di komputer.

1. Worm

Worm adalah jenis virus yang menggandakan dirinya sendiri agar kapasitas penyimpanan menjadi penuh dan error, contohnya adalah apabila ada virus didalam flashdrive kita lalu virus tersebut akan menyerang dengan cara menyalin file dengan ukuran kecil namun dalam jumlah yang sangat banyak sehingga flashdrive kita menjadi sangat penuh dan bisa menjadi rusak.

2. Trojan

Trojan adalah virus yang diam–diam mencuri data kita, mengendalikan komputer dan merusak sebuah sistem dan jaringan di komputer kita, jadi trojan itu adalah virus yang dikendalikan oleh komputer lain dengan diam–diam. Trojan biasanya berbentuk file .exe untuk sistem operasi windows, trojan juga dapat melakukan pencatatan tombol atau keylogger yaitu mencatat semua apa yang kita ketik di keyboard selama keyboard itu menyala.

3. Backdoor

Backdoor adalah virus yang hampir mirip dengan trojan namun menggunakan game–game atau aplikasi yang tidak terlihat berbahaya, contohnya adalah disaat kita membeli barang di situs online lalu kita membeli dan memasukkan alamat dan rekening bank kita padahal situs tersebut diam–diam mengambil informasi dan data yang telah dimasukkan.

4. Rogue

Rogue adalah virus yang menggunakan antivirus yang artinya adalah antivirus palsu, cara ini terlihat berbahaya bisa mendapat full access dari kita karena mengijinkan untuk memasang antivirus itu sendiri. Contohnya adalah anda menginstall suatu antivirus dengan merk yang tidak dikenal lalu memasangnya dan membayarnya sehingga si pemberi virus tersebut mendapatkan banyak keuntungan.

Baca juga: Antivirus komputer terbaik 2016

5. Polymorphic

Virus polimorfik mengenkripsi atau menyandikan diri dengan cara yang berbeda yaitu menggunakan algoritma yang berbeda dan kunci enkripsi setiap kali mereka menginfeksi sistem. Virus tersebut sering mengganti–ganti bentuk menjadi file lain tujuannya agar tidak terdeteksi oleh antivirus.

6. Rootkit

Virus ini berbentuk seperti kerja sistem operasi komputer biasa namun diam–diam memasukkan virus ke dalam komputer, virus ini adalah virus yang sangat berbahaya karena dapat mencuri data, mendapatkan full access seperti backdoor dan mengendalikan komputer dari jarak jauh.

Nah, jika salah satu jenis virus itu ada didalam komputer anda, sudah sebaiknya anda memilih menggunakan antivirus terbaik di komputer anda.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

5 Responses

  1. author

    Rezky Yayang Yakhamid19 Oktober, 2016 at 22:51Reply

    Wah bener2 bahaya yah tuh virus, yg sering ane jumpai itu virus shortcut ink, yg bisa menghidden file2 kita di flashdisk

    • author Author

      Rafi Abrar20 Oktober, 2016 at 14:18Reply

      Iyap, memang cukup bahaya sekali mas

  2. author

    Kemas rayhan24 Desember, 2016 at 20:38Reply

    Ternyata virus2 lebih ngeselin dri yg aku kira, jdi ngerasa harus makin waspada ane

    • author Author

      TeknologiRAF25 Desember, 2016 at 21:18Reply

      Iyaa mas memang bikin kesal banget mas, makanya kita juga harus berhati-hati.

  3. author

    Adlun Johar Maddani20 Juni, 2017 at 04:40Reply

    Dari penjelasan diatas memang sudah cukup jelas
    tapi dari jenis-jenis virus diatas komputer / pc yang terjangkit virus seperti diatas apa cuma ketika kita sedang online saja? Apa virus Worm, Trojan, Backdoor, Rogue, Polymorphic, dan Rootkit memiliki extensi juga gan?.

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.