Fakta Unik dan Menarik

6 Jenis penyakit yang diakibatkan oleh media sosial

Penyakit akibat media sosial

Jenis penyakit yang disebabkan oleh media sosial – Pada era modern ini hampir sebagian masyarakat sudah pernah tahu apa itu yang dinamakan Media Sosial. Yups, media sosial yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia terutama kalangan anak muda.

Media sosial yang sangat digemari oleh semua kalangan di Indonesia diantaranya adalah Facebook, Twitter, Path, Instagram, Line, Dll. Survey juga membuktikan bahwa pengguna internet atau sosial media terbesar ada pada perangkat mobile, karena digunakan kurang lebih 63,1 Juta orang di Indonesia.

Baca juga: Bahaya mengangkat telepon dari nomor yang tidak dikenal

Namun, yang akan kita bahas disini bukan macam-macam media sosial atau yang lain, tapi kita akan membahas jenis penyakit yang disebabkan oleh media sosial tersebut. Hal yang mengejutkan adalah bahwa media sosial menimbulkan berbagai jenis penyakit baru, ini yang membuat kekhawatiran para orang tua yang anaknya (remaja) sudah kecanduan dengan media sosial.

6 Jenis penyakit akibat media sosial

Berikut adalah 6 jenis penyakit yang diakibatkan oleh media sosial.

1. Mata menjadi minus

Penyakit mata minus

Gambar dari ahlinyapenyakitmata.web.id

Penyakit yang pertama ini adalah penyakit fisik yang disebabkan oleh bermain smartphone atau media sosial berlama-lama, hingga lupa waktu, dan lupa segalanya. Untuk anak muda ini sangat bahaya, karena dapat mengganggu aktivitas belajar.

Nah, ini menjadi pekerjaan orang tua untuk mengatur waktu bermain gadget pada anaknya, jangan sampai masa depan anak anda suram dikarenakan media sosial yang dimainkan di gadget tersebut.

2. Kecemasan sosial (FOMO)

Jika anda sudah sangat kecanduan dengan media sosial, maka anda sudah tidak bisa menghindar dari penyakit Fear of missing out (FOMO) yang berarti kecemasan sosial.

Penyakit FOMO ini dapat menyebabkan seseorang tidak bebas pada keramaian, sering ketakutan, bahkan memiliki perasaan aneh.

Jika anda ingin menghilangkan penyakit FOMO dari diri anda, maka hal yang harus anda lakukan adalah sering bersosialisasi dengan orang disekitar anda, baik itu keluarga maupun teman, karena jika tidak dibiarkan maka akan berakibat fatal pada hubungan anda, baik dengan teman, keluarga, atau rekan kerja.

3. Depresi

Jika anda sudah kecanduan media sosial pasti anda sering mengalami depresi, ya depresi dapat diakibatkan oleh rasa sedih yang sangat mendalam atau bisa jadi tertekan dengan berlebihan yang diakibatkan oleh teman-teman atau orang lain di media sosial tersebut.

Depresi ini juga dapat menyebabkan semangat dalam diri anda menjadi hilang, malas untuk melakukan kegiatan, bahkan ada juga orang yang bunuh diri akibat depresi yang sudah berlebihan.

4. Ketagihan atau Addiction

Jenis penyakit ke-4 ini dapat mengundang penyakit lain untuk masuk ke dalam diri anda, karena jika anda sudah ketagihan dengan media sosial maka anda akan membukanya secara terus menerus, sehingga beberapa kegiatan anda menjadi terganggu karena rasa ketagihan tersebut.

Namun yang lebih bahaya adalah jika anda ketagihan dengan hal-hal yang berbau negatif, seperti po**ografi, karena rasa ketagihan akan po**nografi sangat sulit untuk dihilangkan.

5. Kurang pergaulan

Kurang pergaulan atau yang biasa disebut dengan kuper dapat juga diakibatkan oleh media sosial, karena jika anda sudah kecanduan dengan media sosial, maka dapat mengakibatkan anda menjadi introvert, sehingga anda merasa tidak nyaman ketika sedang berkumpul dengan banyak orang padahal itu teman anda sendiri.

6. Pemborosan

Penyakit yang diakibatkan oleh media sosial yang terakhir adalah perilaku pemborosan, kenapa? Karena jika kita ingin membuka media sosial maka kita akan membutuhkan yang namanya kuota, harga kuota di Indonesia juga masih tergolong MAHAL.

Ini masih pada bagian kuota, namun jika anda sudah sangat gengsi untuk tampil sempurna di media sosial anda, maka anda sudah tidak memikirkan keuangan anda lagi, untuk membeli perlengkapan make up, pakaian, dll.

Baca juga: Mitos dan fakta mencharger smartphone

Nah, itulah tadi 6 jenis penyakit akibat media sosial, jangan sampai anda menjadi korban akibat media sosial, jika anda sudah kecanduan dengan media sosial, mulai sekarang batasilah waktu anda bermain media sosial maupun internet.

Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan beritahu saya via kolom komentar dibawah ini, terima kasih.

Click to comment

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.

Paling Populer

Teknologiraf adalah media paling kece dan update tentang tips, trik, tutorial, download, dan seputar dunia teknologi. Didirikan tahun 2016.

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain

Copyright © 2016 - 2017 TeknologiRAF | Explore Your Technology

To Top