8 Kamera DSLR Terbaik Untuk Pemula 2018 | Ulasan Lengkap

Kamera 0

Kamera DSLR terbaik untuk pemula – Pastinya anda pernah dong mengambil foto dengan menggunakan kamera smartphone? Atau pernah menggunakan kamera DSLR terbaik? Nah, jika dibandingkan dengan jenis kamera lain, seperti kamera DSLR, mirrorless, dan lainnya pastinya kamera smartphone anda akan terlihat jauh perbedannya. Menurut Wikipedia, kamera DSLR adalah kamera digital yang menggunakan sistem cermin yang dapat bekerja secara otomatis dan pentamirror atau pentaprisma untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder.

Jika anda hobi sekali dalam urusan fotografi, maka pastinya anda akan membutuhkan yang namanya kamera. Yaa… Banyak sekali jenis kamera yang ada di dunia ini, contohnya adalah kamera mirrorless, kamera action, kamera DSLT, kamera DSLR, dan lainnya. Pada kali ini TeknologiRAF akan berbagi sedikit ilmu mengenai kamera DSLR terbaik yang sangat cocok untuk pemula.

Jika dibandingkan dengan harganya, pastinya akan terlihat jelas perbedaannya. Misalnya harga kamera mirrorless dengan harga kamera DSLR. Memang sih dalam urusan fotografi kita harus mengetahui dahulu untuk apa kamera itu digunakan, baru beli kamera tersebut. Jika anda ingin mendapatkan gambar yang bagus ketika riding motor dan berenang maka pilihlah action cam atau kamera action, namun jika anda ingin mendapatkan gambar yang cukup tajam untuk digunakan jarak dekat, maka pilihlah kamera DSLR berikut.

8 Kamera DSLR terbaik pilihan TeknologiRAF

1. Canon EOS 700D

Canon EOS 700D

Kamera dengan merk Canon EOS 700D ini disebut sebut sebagai kamera DSLR entry-level terbaik dan termurah untuk kalangan menengah. Kamera Canon EOS 700D ini menggunakan sensor CMOS dengan resolusi sebesar 18 Megapixel. Dengan resolusi sebesar itu tentu kita tidak usah meragukan kualitas dari gambar yang diambil.

Canon EOS 700D ini memiliki ukuran L x W x H mm sebesar 133,1 x 99,8 x 78,8 mm. Berat yang dimiliki oleh Canon EOS 700D juga standar, yaitu 0,8 KG. Sehingga dengan ukuran dan berat segitu pastinya tidak akan membuat anda merasa disusahkan atau direpotkan oleh kamera tersebut.

Ukuran layar yang dimiliki oleh Canon EOS 700D ini juga cukup besar loh… Yaitu 3 inch. Zoom optik yang terdapat pada Canon EOS 700D yaitu sebesar 7.0.

Jika anda ingin menggunakan Canon EOS 700D untuk merekam video, maka anda dapat mendapatkan video beresolusi full HD atau 1920 x 1080. Format video yang akan anda dapatkan dari kamera Canon EOS 700D ini adalah MOV. Kualitas suara dari rekaman video yang anda dapatkan adalah stereo.

Sekarang kita bahas tingkat sensitivitas pada kamera ini. Canon EOS 700D ini memiliki ISO dari yang terkecil sebesar 100 sampai 12800. Bukan hanya itu, ISO pada Canon EOS 700D ini juga dapat ditingkatkan lagi hingga 25600 yang digunakan pada H mode. Ini berguna agar jika anda ingin mendapatkan gambar dengan kualitas yang tinggi namun pencahayaan disekitar cukup rendah dan gelap, dapat dilakukan tanpa menggunakan bantuan flash yang terdapat pada kamera ini juga.

Dalam hal pengambilan gambar, gambar yang dihasilkan memang tidak bisa diragukan kembali, karena walaupun cahaya disekitar anda terlalu terang maupun gelap, maka Canon EOS 700D ini tetap menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi yang dapat membuat anda senang. Format gambar yang digunakan pada Canon EOS 700D adalah format JPEG dan RAW.

Masalah harga, kamera Canon EOS 700D ini dapat anda banderol sekitar 7 – 8 juta rupiah saja. Saya mengeceknya di beberapa toko online ternama di Indonesia.

2. Canon EOS 5D Mark IV

Canon EOS 5D Mark IV

Di urutan kedua ada kamera DSLR milik Canon lagi, yaitu Canon EOS 5D mark IV. Canon memang gemar sekali untuk membuat dunia tercengang dengan apa yang mereka hadirkan. Canon EOS 5D Mark IV ini merupakan generasi keempat dari produk andalan Canon, yaitu Canon EOS 5D. Generasi sebelumnya, yaitu Canon EOS 5D Mark III telah rilis di tahun 2012 tepatnya pada bulan Maret. Kamera ini sudah menjadi favorit pada kalangan fotografer profesional. Karena gambar yang dihasilkan oleh kamera ini sangat memuaskan. Banyak juga fitur dan spesifikasi yang canggih yang terdapat pada Canon EOS 5D Mark IV ini.

Kamera ini merupakan kamera full frame, yang menggunakan sensor CMOS sebesar 30,4 Mega Pixel. ISO yang di dapat oleh Canon EOS 5D Mark IV ini bisa sampai 32.000, tidak hanya sampai disitu, anda juga dapat meningkatkan ISO nya kembali hingga mencapai 102.400, ini sangat berguna jika anda ingin mengambil foto dengan kondisi gelap atau biasa disebut low light. Seperti yang sudah saya katakan diatas, kamera ini memiliki beberapa fitur canggih, seperti Dual Pixel CMOS AF. Dual Pixel CMOS AF ini digunakan untuk mengambil objek yang dinamis atau bergerak dengan cepat dan akurat.

Lensa zoom yang dipakai adalah Canon EF24-105mm f/4L IS II USM, sehingga kamera DSLR ini dapat menangkap gambar yang sangat detail serta warna dengan sangat baik.

Pada bagian pengambilan video, kamera ini sudah mendukung resolusi 4K 60P, sehingga video yang dihasilkan sangat bagus, apalagi dengan ditambah fitur image stabilization.

Kamera Canon EOS 5D Mark IV ini juga dapat disambungkan dengan microfon maupun headphone.

Namun sayangnya saya masih menemukan kekurangan pada kamera yang satu ini, yaitu memiliki bobot yang dapat dibilang berat, serta pengambilan gambar hanya support 7 FPS pada mode burst.

Harga yang harus anda bayar jika ingin membeli kamera ini sekitar 60 – 65 juta rupiah.

3. Canon EOS 70D

Canon EOS 70D

Kamera DSLR terbaik yang ketiga adalah Canon EOS 70D. Sama seperti kamera Canon EOS 5D Mark IV, Canon EOS 70D ini juga menggunakan teknologi Dual Pixel CMOS AF, sehingga ketika digunakan untuk pengambilan gambar maupun video, gambar yang dihasilkan menjadi lebih halus dan detail. Canon EOS 70D ini memiliki resolusi sebesar 20.2 Mega Pixel. Maka jangan heran jika kamera yang satu ini menjadi kegemaran para fotografer di seluruh dunia.

Canon EOS 70D ini banyak sekali fitur dan kelebihannya loh… Berikut saya jelaskan.

Fitur koneksivitas wifi, anda dapat memanfaatkan fitur yang satu ini ketika ingin berfoto, anda cukup menggunakan smartphone milik anda untuk memotret, sehingga anda tidak perlu repot lagi untuk menekan tombol pada kamera tersebut. Sehingga gambar yang dihasilkan lebih bagus dan terlihat lebih natural. Selain itu dengan adanya fitur konektivitas wifi ini, anda dapat langsung mencetak foto yang telah diambil dengan menggunakan printer yang pastinya juga mendukung konektivitas wifi. Jadi lebih mudah bukan???

Sensor CMOS yang memiliki resolusi 20.2 Mega Pixel serta processor Digic 5+ yang merupakan keluaran terbaru. Dengan adanya fitur ini, kamera ini memiliki berbagai pilihan ISO dari 100 hingga 12.800.

Memiliki layar sentuh sebesar 3 inchi yang bisa anda putar hingga 180 derajat ke arah depan, sehingga baik digunakan untuk kegiatan vlogging. Jumlah AF atau titik fokus yang dimiliki Canon EOS 70D ini adalah 19.

Pada bagian merekam video, kamera ini dapat merekam dengan resolusi 1920 X 1080 atau Full HD.

Anda dapat memiliki kamera ini dengan merogoh kocek sekitar 16 hingga 17 juta rupiah.

4. Nikon D5500

Nikon D5500

Desain body pada kamera Nikon D5500 ini sangat ringan, yaitu 420 gram. Sehingga banyak sekali orang yang lebih memilih membeli kamera ini dibanding kamera DSLR lainnya. Selain memiliki body yang ringan, kamera ini juga telah didukung dengan layar sentuh, built-in wifi, dan juga dapat diputar ke segala arah loh… Ukuran yang dimiliki oleh layar LCD pada Nikon D5500 adalah 3,2 inchi. Sehingga lebih mudah dalam mengoperasikannya.

Walaupun kamera ini termasuk kamera berukuran compact, namun cocok kok dibilang kamera DSLR compact terbaik. Apalagi ditambah dengan grip yang lumayan dalam, ini akan memudahkan anda pada saat memasang lensa tambahan. Kamera ini menggunakan sensor CMOS dan didukung dengan resolusi sebesar 24,2 mega pixel, kecepatan ketika mengambil foto hingga mencapai 5 fps, pada bagian autofokus kamera ini memiliki kemampuan autofokus hingga 39 titik, dan ISO nya bisa sampai 25600, pastinya foto yang dihasilkan berkualitas tinggi.

Pada sektor pengambilan video Niken D5500 ini bisa merekam hingga FULL HD 1920 x 1080p, dengan kualitas stereo dan disimpan dengan menggunakan format MPEG-4.

Kamera ini juga memiliki beberapa kelebihan yang saya suka, seperti beratnya yang ringan, LCD touchscreen, LCD dapat diputar ke segala arah, auto ISO, kapasitas baterai, dan masih banyak lagi. Sedangkan saya juga memiliki pendapat mengenai kekurangan Nikon D5500 ini yaitu, tidak mempunyai motor fokus, tidak mempunyai simulasi virtual horizon, dll.

Kamera ini dapat anda banderol sekitar 8 hingga 9 jutaan di beberapa toko online terkemuka di Indonesia.

5. Pentax K-50

Pentax K-50

Kamera Pentax K-50 ini menggunakan sensor CMOS APS-C dengan memiliki resolusi sebesar 16 mega pixel, dan juga didukung dengan prosesor PRIME M. Jadi, jangan tanya lagi bagaimana hasil foto yang di jepret dengan kamera ini.

Sama seperti kamera DSLR sebelumnya, Pentax K-50 sudah dapat merekam video dengan kualitas FULL HD 1920 x 1080p. Body pada kamera ini juga cukup tangguh, sehingga anda tidak perlu takut jika menggunakan kamera ini dalam kondisi cuaca apapun.

Kecepatan memotret secara beruntun yang dimilikinya yaitu 6 fram per sekon (fps), rentang ISO dari 100 sampai 51200 dan sudah mempunyai teknologi autofokus SAFOX IXi+, jadi kecepatan autofokusnya tinggi dan akurat.

Kamera ini juga didukung dengan wifi, jadi jika anda ingin langsung memindahkan video maupun foto dari Pentax K-50 ke Android anda, bisa langsung deh…

Di Indonesia kamera Pentax K-50 dijual dengan harga sekitar 7 – 8 jutaan rupiah.

6. Nikon D5200

Nikon D5200

Nikon D5200 berhasil masuk ke dalam list kamera DSLR terbaik 2018 karena memiliki banyak kelebihan dan fitur canggih di dalamnya.

Kamera ini memiliki resolusi sebesar 24.2 Mega pixel, dan memiliki ISO mulai dari 100 hingga 6400, dan didukung dengan sensor CMOS DX-Format.

Sama seperti Nikon D5500, kamera ini memiliki autofokus 39 titik dan memiliki kecepatan pengambilan foto beruntun sampai 5 fps (fram per detik).

Pada bagian pengambilan video, Nikon D5200 sudah menggunakan fitur D-Movie, sehingga kualitas dari hasil video menjadi FULL HD.

Berbeda dengan kamera DSLR sebelumnya, Nikon D5200 ini sudah dapat anda beli dengan harga 5 sampai 6 jutaan.

7. Nikon D3400

Nikon D3400

Masih dengan merk yang sama, posisi ke tujuh ini diisi oleh kamera Nikon D3400, yaa kamera ini memiliki resolusi sebesar 24 mega pixel, memiliki ISO mulai dari 100 sampai 25600, dan didukung juga dengan prosesor EXPEED 4.

Baterai pada Nikon D3400 ini juga awet, bisa tahan hingga 1200 kali foto atau jepret, kamera ini juga tidak kalah canggih dengan kamera DSLR sebelumnya, karena telah didukung dengan koneksi wifi dan dapat di remote dengan modal Android saja.

Pada pengambilan video, Nikon D3400 ini bisa merekam hingga FULL HD 1920 x 1080. Selain itu juga masih banyak fitur dan kelebihannya.

Di Indonesia kamera ini dapat dibeli dengan harga sekitar 5,5 hingga 6,5 jutaan.

8. Nikon D750

Nikon D750

Pada posisi terakhir diisi oleh Nikon D750. Yap, kamera ini memang sudah terkenal dengan berbagai fitur dan kelebihannya.

Spesifikasinya juga cukup tinggi, kamera ini dibekali dengan bodi yang ringan, beresolusi sebesar 24,3 mega pixel yang menggunakan sensor CMOS FX-Format dan prosesor XPEED 4, ISO bisa sampai 12800. Nikon D750 juga memiliki layar LCD berukuran 3,2 inchi yang dapat diputar ke segala arah.

Banyak sekali fitur fitur dan efek yang terdapat pada Nikon D750, contohnya yang saya suka adalah auto focus, metering, miniatur effect, dan efek lainnya.

Pada bagian pengambilan video, kamera ini sudah dapat merekam hingga FULL HD. Baterai yang ditanamkan juga cukup besar kapasitasnya, anda dapat memotret hingga 1230 kali foto dan merekam video selama 55 menit.

Kamera ini sudah dapat anda bawa ke rumah dengan merogoh kocek sekitar 27 sampai 28 jutaan rupiah. Memang agak mahal sih, tapi hasil yang ditunjukkannya sangat sepadan dengan harganya. GAK BAKAL NYESEL DEH…..

Sekarang kita telah sampai di ujung artikel, itulah tadi beberapa kamera DSLR terbaik yang dapat anda jadikan referensi, kamera tersebut sangat cocok bagi anda yang ingin mendapatkan gambar dan video dengan kualitas tinggi. Selain itu semua kamera diatas sangat mudah digunakan bagi pemula sekalipun. Jadi, sekarang mau beli yang mana??? Jangan sampai bingung loh yaa…

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.