Kesalahan Blogger Pemula Pada Saat Membuat Blog

Blogging 0

Kesalahan blogger pemula – Artikel ini yang berjudul “Kesalahan Blogger Pemula Saat Membuat Blog” saya buat karena rasa prihatin saya kepada dunia blogging. Khususnya mereka yang hanya nyampah didatabase platform blogging dengan hanya membuat blog dan meninggalkan begitu saja.

Saya harap setelah kamu membaca artikel ini, kamu bisa sadar tentang hal ini. Mungkin kamu pikir ini hal kecil dan tak perlu dipikirkan, tapi saya yakin kamu akan kecewa jika mencari sesuatu di Google dan kamu buka satu persatu tapi semua isinya sama & parahnya tidak menyertakan sumber atau blog tersebut hanya berisi 1 – 3 artikel copas saja. Sangat disayangkan sekali, bukan?

Beberapa hal diatas karena dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya karena kesalahan blogger pemula pada saat membuat blog. Blogger-blogger jaman sekarang memang cenderung melakukan beberapa kesalahan. Walaupun sepele, tapi kesalahan-kesalahan tersebut bisa saja memberikan dampak yang fatal. Berikut ulasalan lengkap mengenai 8 kesalahan blogger pemula saat membuat blog.

 

Kesalahan Blogger Saat Membuat Blog

 

Kesalahan Blogger Pemula

Kesalahan Blogger Pemula

1. Tidak Menentukan Niche/Gado Gado

 

Nah ini yang sering saya lihat di kalangan blogger pemula, kalau niche tidak menentu alias gado-gado kan visitor akan bingung. “Ini blog apa? kok ada artikel kesehatan kok ada juga artikel islami.” kira-kira begitulah kata para visitor blog kamu yang gak menentu.

Jadi ingat hanya fokus ke 1 niche, lebih dari 1 juga tidak apa-apa yang penting ada sangkut pautnya, seperti blog TeknologiRAF yang memiliki niche lebih dari 1 tetapi masih bersangkutan yaitu Artikel Seputar Blog & Web, Bisnis Online, HTML CSS, dll.

 

2. URL yang terlalu panjang

 

Coba kalian lihat alamat blog yang sudah sukses seperti Sugeng.id, OmKicau.com, dll. Domain mereka singkat dan mudah dihafal. Kalau URL panjang akan susah untuk diingat visitor. Jadi, usahakan membuat blog dengan URL atau link yang singkat dan padat saja.

 

3. Memasang Iklan Di Blog Baru (Pop Up, Redirect, dll)

 

Jika blog kamu masih baru, lebih baik buat saja dulu konten-konten berkualitas. Jangan langsung memikirkan soal penghasilan. Biasanya blogger pemula langsung nafsu ketika memikirkan penghasilan dari blog. Padahal, blognya saja masih tidak memiliki nilai yang bermanfaat. Jika konten blog sudah berkualitas dan bermanfaat, maka penghasilan akan mengikuti.

 

4. Memasang Widget Tidak Penting

 

Hal seperti ini biasa sering kita temukan pada blog dengan platform mywapblog. Mungkin karena mudahnya mengakses dan mengedit blog melalui ponsel yang menyebabkan mereka terus terusan menambahkan widget ini itu.

Baca juga : 7 Teknik White Hat SEO Ini Bisa Membuat Traffik Kamu Melonjak Drastis

Bukannya membuat design blog menjadi lebih keren, yang ada nanti loading blog akan semakin berat dan pengunjung akan langsung kabur.

 

5. Mengisi Blog Dengan Hasil Copas

 

Jujur saja, saya dan sebagian besar orang dan mungkin termasuk kamu kesal saat mencari informasi di Google dan setelah melihat satu persatu artikel & kebanyakan sama.

Selain membuat kesal manusia, Google juga bisa kesal lho. Tau Google Panda, SandBox, maupun perubahan algoritma google lainnya?. Bisa-bisa blog kamu terkena pinalty google mulai dari penghapusan link artikel dari google bahkan sampai kena banned atau yang sering kita sebut dengan Google Sandbox.

Baca juga : Pengertian, Manfaat, Jenis dan Teknik SEO Lengkap

Usahakan membuat artikel original. Jangan asal copas, apalagi tanpa memberi sumber. Memang, apa yang bisa kamu banggakan dengan memamerkan hasil karya orang lain?

 

6. Tidak Melakukan Promosi

 

Untuk ukuran blog baru, darimana kamu akan mendapatkan pengunjung jika tidak melakukan promosi?. Jika artikelmu banyak yang page one mungkin kamu tidak perlu melakukan promosi. Tetapi, jika tidak bagaimana? Oleh karena itu pastikan kamu melakukan promosi blog secara rutin dan tepat sesuai dengan target dan sasaran kamu.

 

7. Tidak Melakukan Optimasi SEO

 

Optimasi SEO sangat penting dilakukan oleh setiap blogger untuk blognya masing-masing. Dengan melakukan optimasi SEO, maka blog akan lebih ditemukan di mesin pencari sehingga bisa mendatangkan pengunjung organik.

 

8. Hanya Melakukan Optimasi SEO On Page

 

Dan kesalahan blogger pemula yang terakhir adalah hanya melakukan optimasi SEO On Page. Seperti yang kita ketahui optimasi SEO dibagi menjadi 2, yaitu optimasi SEO On Page dan optimasi SEO Off Page. Kebanyakan blogger pemula hanya melakukan optimasi SEO On Page seperti mengutak-atik template dan semacamnya tanpa melakukan optimasi SEO Off Page.

Itu dia sedikit penjelasan mengenai 8 kesalahan blogger pemula yang sering dilakukan saat membuat blog. Setelah membaca artikel ini, semoga kamu tidak lagi melakukan kesalahan-kesalahan sepele tapi fatal seperti yang ada diatas.

Tags:
author

Author: 

Seorang penulis dan blogger pemula, siswa XI RPL 1 SMKN 1 Karawang. Menulis adalah hobi saya. Tertarik terhadap dunia pemrograman dan dunia web design.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.