8 Komponen Penting Smartphone Gaming Yang Wajib Kamu Ketahui!

Gadget 0

Komponen Penting Smartphone Gaming – Kini bermain game tidak hanya menjadi sarana menghibur diri, sarana edukasi hingga pekerjaan bergengsi. Seiring ditingkatkannya spesifikasi ponsel maka lahirlah beberapa smartphone gaming terbaik. Diantara banyaknya smartphone yang beredar Teknologiraf memiliki rekomendasi sendiri mengenai smartphone gaming terbaik yang bisa kamu coba.

Diantaranya : Samsung Galaxy S8+,  OnePlus 5, Motorola Moto Z2 Play dan Xiaomi Redmi Note 4X. Seharusnya kita berterima pada vendor-vendor smartphone yang mau membuat perangkat berspesifikasi tinggi, dengan begini kita bisa bermain game tanpa harus menggunakan PC atau perangkat lain seperti laptop. Bagi kamu yang baru terjun menjadi seorang newbie gamers kamu perlu memperhatikan delapan hal penting sebelum membeli smartphone gaming.

Baca Juga : Tips Untuk Membeli Smartphone China

 

Komponen Penting Smartphone Gaming

 

Chipset dan GPU yang Digunakan

 

Smartphone Gaming

8 Komponen Penting Smartphone Gaming Yang Wajib Kamu Ketahui!

Chipset merupakan komponen penting sekaligus menjadi otak bagi smartphone, kalau chipsetnya bagus dan mumpuni kinerja System on Chip (SoC) pada smartphone dapat diandalkan. SoC sendiri berfungsi mengintregasikan semua komponen lain pada chip tunggal. Mulai dari kinerja processor itu sendiri, pengolah grafik, modem hingga komponen yang menghubungkan komponen lain diatur oleh Soc chipset. Jika Chipsetnya mumpuni biasanya kualitas grafik GPU menyusul.

Berikut Beberapa Jenis GPU Saat Ini :

  • Adreno
  • Tegra
  • PowerVR
  • Mali
  • Video Core

 

Jumlah Core yang Digunakan

 

Semakin banyak jumlah core pada smartphone bisa membuat kinerja game terasa lancar, tapi kalau user tidak bisa mengatur dengan benar justru bisa membuat perangkat menjadi lelet. Beberapa tipe  chipset sudah mendukung performa Octa-core sebagai lastest perfom, tapi tidak ada yang bisa menjamin kualitas chipset Octa-core satu dengan yang lain sama kualitasnya. Sekarang ini sudah ada beberapa jenis dan tipe chipset yang digunakan untuk smartphone, diantaranya:

  • OMAP
  • Tegra
  • PXA
  • Apple Chipset
  • Exynos
  • Intel
  • Mediatek
  • Snapdragon

 

Tipe Chipset yang Digunakan

 

Siapa sangka ternyata saat ini sudah ada delapan jenis chipset untuk menunjang kinerja smartphone.  Apakah semua chipset diatas mendukung game mobile? semua chipset diatas mendukung fomat game mobile. Namun dari sekian jenis chipset cuma ada tiga jenis chipset terbaik yang cocok untuk mendukung performa gaming, yaitu Exynos, Snapdragong dan Tegra..

Exynos adalah chipset besutan Samsung dan cenderung ekslusif dibuat untuk perangkat-perangkat premium buatan Samsung. Jika dibandingkan dengan chipset lainnya performa Exynos hampir sama dengan Snapdragon sehingga bisa dikatakan sangat mumpuni. Biasannya Chipset Exynos digandengkan bersama GPU Mali yang memiliki kelebihan dalam menjalankan game 3D dan multitasking

Qualcomm Snapdragon merupakan pabrikan berpengalaman dalam merilis chipset dengan kemampuan berkualitas dan kemampuan mumpuni. Tidak usah ditanya apa kelebihan dari chipset ini, nyatanya 75% smartphone di dunia menggunakan chipset snapdragon. Tidak hanya smartphone snapdragon juga mulai merambah dan banyak digunakan untuk perangkat tablet. Untuk kualitas game yang dijalankan chipset snapdragon tidak bisa diragukan.

Tegra chipset besutan Nvidia ini memang berfokus pada kehandalan perangkat saat menjalankan game. Kelebihan dari  Nvidia Tegra yaitu mampu menghadirkan jumlah core sesuai kapasitas game yang dijalankan. terutama game HD. Bila yang dijalankan merupakan game atau aplikasi ringan Tegra cukup berjalan pada satu inti saja.

 

Processor

 

Jumlah processor bisa dianggap sebagai tingkat kecerdasan pada smartphone, semakin cerdas processor pada chipset semakin cepat dan nyaman perfoma game yang dirasakan. Agar bermain game tidak ada gangguan pastikan kamu menggunakan smartphone dengan jumlah 8 inti (Octa-core). Kalaupun kamu tidak punya budget yang cukup untuk membeli smartphone Octa-core smartphone paling tidak kamu harus bisa membeli smatphone Quad-core smartphone bila ingin merasakan smartphone gaming.

 

RAM dan Memori Internal

 

RAM dan memori internal saling berhubungan dan memiliki peranan penting. RAM digunakan untuk menyimpan aplikasi dan game sedangkan memori internal digunakan untuk menyimpan data pada game atau aplikasi. Demi kenyamanan dalam bermain game setidaknya pilih smartphone dengan kapasitas RAM 3GB dan memori internal sebesar 16GB.

 

Layar

 

Layar smartphone kita mempengaruhi kenyamanan mata kita saat bermain game, jadi pilihlah smartphone dengan teknologi layar yang baik.  Kami merekomendasikan memilih smartphone berteknologi Super AMOLED dinimbang IPS LCD. Layar tipe Super AMOLED dapat menampilkan gambar dengan tingkat kecocokan sesuai warna asli hingga 90%. Tentu ketajaman, kejernihan gambar yang dihasilkan terlihat sangat memukau.

 

Baterai

 

Aktifitas bermain game bisa menjadi lama bila memilih smartphone gaming dengan kapasitas baterai cukup besar, setidaknya 3500mAh keatas. Tidak perlu membuka website lain untuk mencari informasi smartphone dengan kapasitas baterai jumbo. Berikut beberapa pilihan smartphone gaming baterai jumbo versi teknologiraf, cekidot.

  • Samsung Galaxy C9
  • Oppo R7 Plus
  • Xiaomi Redmi 4X
  • Lenovo K6 Note

Baca Juga : 5 Game Android Terbaik Dengan Grafis Full HD 2017

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.