Macam–macam Sistem Operasi Komputer

Macam-macam sistem operasi komputer – Kamu sering menggunakan komputer atau smartphone? Disaat kita menyalakan lalu membuka aplikasi, bermain games, mendengarkan musik dan lain–lain tentunya memerlukan sistem operasi. Operation System (OS) atau sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti mendengarkan musik, bermain game, chatting dan aplikasi–aplikasi lain yang berjalan di komputer maupun smartphone anda.

Setiap sistem operasi tentunya berbeda baik dan memiliki ciri–ciri dan karakteristik yang berbeda. Jika kamu mengenal nama Windows atau Macintosh pastilah kedua nama itu sistem operasi yang terkenal dan banyak sekali penggunanya, tetapi apakah kamu mengetahui sistem operasi yang lain selain kedua nama tersebut? Berikut ini adalah macam-macam sistem operasi komputer yang wajib kamu ketahui!.

Baca juga: Ini Dia, 7 Laptop Terbaik Untuk Gaming!

1. MS-DOS

Sistem operasi komputer MS-DOS

Gambar dari hailinks.blogspot.com

MS-DOS atau singkatan dari Microsoft Disk Operating System adalah awal mula dari sistem operasi Windows. MS-DOS banyak digunakan untuk komputer IBM-PC atau yang sesuai dengannya, MS-DOS pertama kali rilis pada tahun 1981. Karena MS-DOS dan Windows milik Microsoft maka Microsoft lebih memilih Windows dan menghentikan dukungan kepada MS-DOS yang diakhiri pada tahun 2000.

Sebenarnya MS-DOS dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson namun direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS. MS-DOS versi 7.0 adalah versi terakhir yang dirilis oleh MS-DOS yang berbeda beberapa bulan rilisnya Windows 95.

2. Microsoft Windows

Sistem operasi komputer Windows

Gambar dari jammer.biz

Siapa yang tidak mengenal nama ini? Pasti hampir semua orang mengetahui Windows sebagai sistem operasi yang terkenal di dunia. Awal terbentuk Windows berasal dari MS-DOS yaitu sebuah sistem operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter, Windows pertama kali keluar dengan nama Windows Graphic Environment 1.0 dengan arsitektur 16-bit yang bukan merupakan sistem operasi dan membutuhkan MS-DOS dalam pengoperasiannya.

Setelah itu Windows mengeluarkan sistem operasinya yaitu Windows 1.0 untuk pertama kalinya dan akhirnya sampai saat ini Windows mengeluarkan versi terbaru yaitu Windows 10 dengan tampilan yang indah dan desain yang bagus. Windows 10 memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan versi–versi sebelumnya dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi serta memiliki performa yang lebih baik dibandingkan sebelum–sebelumnya. Ini dapat kita lihat dari home screen yang jauh berbeda dan taskbar yang keren, start menu pun diubah dari yang awalnya berbentuk tab kecil disamping tetapi Windows 10 memiliki desain interaktif yang dapat memuat banyak aplikasi.

3. Unix

Sistem operasi komputer Unix

Gambar dari udemy.com

Unix adalah sistem operasi MultiTasking dan MultiUser yang diciptakan oleh Ken Thomson dan Dennis Ritchie yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. Unix sendiri ditulis dalam bahasa C yang hampir miring dengan DOS yaitu Line/Text Command Based. Karena faktor ketersediaan kompabilitas yang tinggi menyebabkan Unix dapat disalin, dimodifikasi dan digunakan sehingga Unix memiliki banyak versi yang dikembangkan oleh beberapa pihak seperi Linux, BSD Unix, Solaris dan FreeBSD. Karena adanya dukungan proyek GNU maka selanjutnya Unix berkembang menjadi Linux.

4. Linux

Sistem operasi komputer Linux

Gambar dari komputerlamongan.com

Linux adalah sistem operasi yang awalnya berasal dari Unix dan peralatan sisremnya umumnya berasa dari sistem operasi GNU. Linux saat ini terkenal karena banyak hacker menggunakan Linux dalam sistem pengoperasiannya.

Linux memiliki kemampuan untuk melihat setiap baris kode Linux dan patch ketika masalah muncul sehingga dapat memudahkan penggunanya. Linux adalah sistem operasi yang sifatnya open source sehingga anda dapat memodifikasi dan mendapatkan sistem operasi ini secara gratis.

5. IBM OS/2

Sistem operasi komputer IBM OS/2

Gambar dari deviantart.net

IBM OS/2 adalah sistem operasi yang dikembangkan dari IBM (International Bussiness Machine Corportation) dengan Microsoft Corporation yang digunakan untuk komputer IBM. Singkatan dari OS/2 sendiri adalah Operation System / 2 atau versi kedua sebagai pengganti DOS untuk komputer IBM.

6. Mac OS / Macintosh Operation System

Sistem operasi komputer Mac-OS

Gambar dari meroket.com

Macintosh OS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc. yang merupakan sistem operasi pertama menggunakan teknologi GUI (Graphical User Interface) atau grafis antar muka. Pada 24 Januari 1984 Mac OS dirilis versi pertamanya yang dikenal dengan Mac OS klasik yang masih menggunakan teknologi UI ( User Interface ) dan merupakan gabungan antara Lisa OS dan Xerox PARC Alto computer yang diketuai oleh Steve Jobs.

Mac OS X adalah versi kedua dari Macintosh yaitu Mac OS X yang berbeda dengan Mac OS klasik karena menggunakan unsur–unsur dasar dari sistem operasi Unix sehingga membuatnya ringan, Mac OS menggunakan kodebase BSD dan XNU kernel, Mac OS X rilis versi pertamanya dengan nama Mac OS X 10.0 pada tahun 2001 dengan nama kodenama Cheetah, Mac OS saat ini terbanyak kedua di dunia yang paling banyak digunakan.

7. Free BSD

Sistem operasi komputer FreeBSD

Gambar dari v2.timbleng.web.id

FreeBSD adalah sistem operasi yang didirikan Bill Joy dan berasal dari AT&T yang merupakan varian dari Unix lewat cabang BSD ( Berkeley Software Distribution ) FreeBSD adalah sistem operasi gratis yang dapat anda unduh di https://www.freebsd.org/. FreeBSD awalnya dibentuk versi pertama untuk 386BSD dan 4.3BSD-Lite namun FreeBSD dapat berjalan di sistem arsitektur yang kompatibel dengan Intel x86 (Pentium dan Athlon), AMD 64 (Opteron dan EM64T). Meskipun FreeBSD merupakan varian dan turunan dari Unix namun FreeBSD tetaplah FreeBSD dan bukan Unix.

Baca juga: Apakah itu RAM? Kenalan dulu yuk sama RAM

FreeBSD sampai saat ini masih banyak digunakan untuk perusaah IBM, Nokia, Juniper Network dan NetApp. Apple Mac OS X pun masih menggunakan bagian tertentu dari sistem operasi ini. Playstation 3 dan 4 masih meminjam beberapa komponen bagian dan masih memnggunakan sistem operasi dari FreeBSD, Sedangkan Netflix, WhatsApp dan FlightAware juga sukses dan berat jaringan yang berorientasi menjalankan FreeBSD.

Nah, itu dia bro beberapa sistem operasi komputer, kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan Windows dan Linux, Linux biasanya digunakan oleh para programmer yang mengerti coding, sedangkan Windows dipilih karena mudah sekali dalam menggunakannya.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

3 Responses

  1. author

    Muhammad Anas14 Juli, 2017 at 19:25Reply

    Wah ternyata banyak juga ya sistem operasi selain windows sama linux. Klo dari segi keamanan lebih baik mana gan?

    • author Author

      TeknologiRAF15 Juli, 2017 at 10:26Reply

      Kalau dari segi keamanan jelas mending memilih sistem operasi Linux.

  2. author

    reseller domain26 September, 2017 at 20:47Reply

    Terima kasih pengetahuannya mengenai macam-macam sistem operasi komputer nya gan….

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.